[Diperbarui 25 Februari 2019]

Eropa berada di urutan teratas daftar wajib para traveler. Budaya yang beragam, arsitektur yang menakjubkan, dan petualangan tanpa batas hanyalah sedikit contoh dari sederat alasan untuk berkunjung ke sana. 😉


Kredit: giphy

Dengan cepat, Eropa juga menjadi surga untuk berbelanja barang-barang branded. Diskon-diskon menggiurkan yang ditawarkan butik-butik branded di sana tidak heran menjadikan Eropa salah satu benua dengan gaya berpakaian paling oke sedunia!

[P.S. This article is also available in English – 7 Luxury Brands That Are Cheaper In Europe and The Best Places To Buy Them]


Kredit: @virginiaphan on Instagram

Kok bisa lebih murah?

Alasannya: pengembalian VAT a.k.a pajak bagi warga negara non-Uni Eropa (UE).

Tahun lalu, karena peristiwa Brexit dan turunnya mata uang Euro, sempat terjadi kesenjangan harga yang cukup signifikan antara di Eropa dengan Asia dan Amerika Serikat (AS). Para pencinta merek branded memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah satu atau LIMA koleksi tas sebagai investasi. Sejak itu, brand-brand ternama melakukan penyesuaian harga untuk menutupi kerugian mereka sehingga harga-harga brand tersebut sekarang hampir sama di seluruh dunia. 😱


Kredit: giphy

Warga negara non-UE yang berbelanja di Eropa masih bisa berhemat karena mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian pajak. Harap diingat, nilai tukar mata uang, variasi jumlah pajak, dan bea impor dari negara asal mungkin bisa dikenakan sehingga mempengaruhi keseluruhan harga yang dibayar, yang berarti juga berpengaruh ke jumlah uang yang dihemat.

Diskon dari Desainer — INI RAHASIANYA

Karena berbagai faktor, agak sulit menentukan negara mana yang paling murah untuk tempat membeli. Sebaiknya kamu mencari tahu dan memperhitungkan harga dekat-dekat waktu bepergian untuk mendapatkan perhitungan yang pas.


Kredit: @steffysstyle on Instagram

Tapi di sini, kami bisa kasih tahu kamu rahasia di mana kamu bisa dapat harga terbaik. Dijamin!☺️

Kredit: giphy

Kata kunci yang harus diingat adalah MEWAH, jadi hampir mustahil kalau dalam satu kalimat kita gabungkan dengan “murah”. 😉 Di sini, kita pakai istilah PENAWARAN TERBAIK ya. Idenya adalah kamu bisa berhemat banyak dengan berbelanja di tempat yang tepat! Tolong jangan berharap kami menunjukkan tas Chanel seharga $10 — itu bukan keajaiban yang bisa kami wujudkan😂

Kredit: Mathieu Lebreton on Flickr

1. Louis Vuitton di Prancis

Mengayunkan langkah ke flagship store seperti Champs Elysees untuk memilih tas kulit yang cantik sementara sepatu berhak tinggi kamu menyentuh lantai porselen adalah mimpi seorang pecinta tas. Meskipun begitu, toko-toko ikonik ini, termasuk Louis Vuitton, punya antrian yang panjang, dan ramai dengan para pembeli yang kalap sampai membeli dengan jumlah maksimal kuota mereka. Pelayan toko biasanya sangat sibuk, jadi kalau kamu belum tahu apa yang kamu mau, belanja di sini akan terasa seperti terburu-buru dan melelahkan. 😞

Untuk pengalaman berbelanja yang lebih santai, coba Avenue Montaigne atau Galleries Lafayette. Supaya gak menyesal Karena sudah mengeluarkan uang cukup banyak, lakukan riset dulu sebelumnya dan cek apakah ada tas yang kamu incar. Jangan lupa, kamu juga selalu bisa menelepon tokonya terlebih dahulu untuk menegcek apakah tas incaran kamu tersedia, juga untuk mengecek harganya sebagai bahan perbandingan.

P.S., Galleries Lafayette adalah bagian dari 9D8N Paris itinerary kami loh!


Kredit: Mathieu Lebreton on Flickr

Toko-toko seperti Le Bon Marché di Paris, bahkan bisa memberi kamu VAT refund langsung di toko — sangat memudahkan, kan?


Kredit: @ewan_cardoso on Instagram

2. Givenchy di Paris

Kemungkinan besar kamu akan menemukan harga terbaik untuk brand Prancis di Paris, dan brand Italia di Italia. Jadi, sambil berkeliaran di butik-butik di Paris, pasang mata untuk deals di Givenchy, Chanel, YSL, dan Louboutin.


Kredit: Sandra Dewi on Facebook

Tentunya ini bukan tips yang saklek, tapi semoga bisa memberikan kamu sedikit arahan. La Vallee Village adalah sebuah outlet mall yang terletak agak di luar kota dan berisi gaya fashion Paris dengan harga diskon.

3. Burberry di London

Kalau kamu sedang ingin berhemat 30-40% dari harga butik, toko outlet adalah pilihan yang tepat buat kamu! Burberry punya beberapa tempat di UK, di antaranya Bicester Village dan Burberry Factory Shop di London. Toko yang terakhir itu sekarang ini semakin populer karena bisa dijangkau dengan bus dari pusat London. Jajaran toko yang rapi dan luas menawarkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.


Kredit: @szymonhalak on Instagram

Seperti kebanyakan outlet, biasanya stok yang ada agak gak sesuai musimnya, terutama untuk baju luaran, jeans, dan sepatu; berbeda dengan tas dan aksesoris. Meskipun begitu, jangan dianggap itu berlaku terus ya, kita gak akan pernah tahu!


Kredit: @byluxedepotvente on Instagram

Sedikit tips buat kamu; cobalah menelepon terlebih dahulu tokonya untuk menanyakan kapan barang-barang baru dikirim. Lalu datang secepatnya saat tokonya buka, sehingga kamu bisa melihat koleksi pertama dan, semoga, mendapatkan penawaran yang luar biasa juga. Semoga berhasil!🤗


Kredit: @steffysstyle on Instagram

4. Saint Laurent di Serravalle

Mall outlet terbesar di Eropa,  Designer Outlet Serravalle, yang menawarkan ratusan brand menengah sampai mewah, hanya berjarak beberapa menit menyetir dari kota Milan.

Selain Saint Laurent, Versace, D&G, dan Robert Cavalli adalah sederet di antara merek-merek top yang bisa kamu temukan dengan kemungkinan diskon 30-50% di sana. Dan kalau kamu beruntung, mungkin hingga sampai 70%!


Kredit: @zaniviaggi on Instagram

5. Gucci di Italia

Dikelilingi oleh perbukitan yang indah di Tuscany, The Mall adalah outlet kelas atas yang penuh dengan merek Italia dan non-Italia. Di sana terdapat parkir gratis dan sebuah kafe yang chic disertai pemandangan rooftop yang indah.


Kredit: @bobseo_b on Instagram

Bersiaplah untuk seharian berbelanja di sini sembari kamu berburu diskon, termasuk diskon 50%, dan kualitas barang yang sempurna.  Factory outlet Gucci ada di dalam The Mall dan baju serta aksesoris baru didatangkan setiap hari 😱! Stok tokonya terkadang  sudah lewat musim dan The Mall bisa sangat ramai dengan turis, jadi siapkan diri untuk hiruk-pikuknya ya.


Kredit: @steffysstyle on Instagram

Walaupun tokonya berupa outlet, barangnya tetap merek desainer dan harganya juga harga desainer. Ingat, kami sempat membuang kata “murah” di awal-awal artikel? 😅 Kamu bisa menemukan beberapa nama, di antaranya Moncler, Ferragamo, Valentino, Versace, dan TODS.

Kredit: Cindy Style by Fabiola Aliu on Facebook

6. Mulberry di Belanda

Outlet desainer Roermond berlokasi hanya 20 menit dari perbatasan dengan Jerman, dan kemungkinan menjadi outlet yang paling ramai dikunjungi di daerah tersebut (tidak heran karena mereka menawarkan diskon hingga 70% untuk barang-barang desainer!)

Kamu bisa mendapati toko yang luas dan menemukan beragam produk, termasuk produk dengan desain untuk musim yang sedang berjalan. Brand populer di sini di antaranya Prada, Zegna, jam tangan Tag Heur, Mulberry, Kipling, dan masih banyak lagi.


Kredit: Designer Outlet Roermond on Facebook

7. Hermes di Irlandia

Departement store mewah, yaitu Brown Thomas, terletak di Grafton Street yang penuh dengan iklan berwarna-warni. Rumah bagi sederet merek mewah, staff yang ramah, dan penataan toko yang indah, menjadikannya lebih populer sebagai tempat berbelanja santai di Irlandia.


Kredit: Brown Thomas on Facebook

Pecinta barang branded mengatakan mereka menikmati diskon 20-50% selama musim sale dan senang dengan pelayanan pelanggan yang mereka dapatkan.


Kredit: @oh_chick on Instagram

Sekali lagi, untung ada pembebasan pajak. Pembeli yang bukan warga negara UE sepanjang tahun bisa berhemat banyak untuk brand seperti Hermes. Selalu ingat untuk menunjukkan paspor untuk mengkonfirmasi pengembalian pajak dan hubungi tokonya terlebih dahulu kalau kamu mencari produk tertentu.

Jadi, negara Eropa mana yang paling murah untuk brand mewah?

Harga barang mewah di antara negara-negara Eropa kurang lebih sama. Intinya ada pada VAT atau pajak yang dikembalikan sebelum kamu meninggalkan negara Eropa terakhir yang jadi destinasimu. Ingat selalu untuk mengecek kurs dekat dengan waktu keberangkatan untuk mendapat gambaran harga barang yang sebenarnya.


Berjalan-jalan sambil menghemat sembari mengelilingi benua Eropa pastinya berkaitan dengan budget. Pilih destinasi yang juga masuk checklist kegiatan kamu yang lain. Kamu gak cuma mau traveling untuk terapi belanja, kan? 😉

Dan kalau belanja di atas belum cukup, ini dia daftar lain yang bisa kamu temukan di artikel 7 best places for luxury shopping in Europe! Berbelajalah sampai puas! Kami tahu, pastinya 👠👜💍👢!

 

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!