Beberapa minggu silam, tim HHWT berkunjung ke Hong Kong. Siapa sangka, kota ini ternyata sangat asyik dan ramah untuk wisatawan muslim! Bertambahnya fasilitas ruang salat dan restoran halal dengan makanan lokal membuat liburan di Hong Kong makin terasa mudah. Makanan di sana masih terbayang di benak kami sampai sekarang saking enaknya ๐Ÿ˜œ Berkeliling kota juga terasa mudah berkat sistem transportasi umum Hong Kong yang tidak hanya luas, namun juga terjangkau.


Kredit: giphy

Dari tempat yang wajib dikunjungi (termasuk wisata alam juga!) hingga tempat belanja populer, berikut enam tips esensial berdasarkan pengalaman kami agar kamu dapat menjelajahi Hong Kong senyaman yang kami rasakan ๐Ÿ˜‰

[P.S. This article is also available in English – Hong Kong For First Timers: 6 Essential Tips Every Muslim Traveller Needs]

1. Makanan Khas Halal yang Wajib Dicoba

Ini sih tidak perlu ditebak lagi, makanan sudah pasti menjadi nomor satu dalam daftar kami! Kalau kamu merasa perlu membawa makanan sendiri dari rumah, kamu salah besar. Banyak sekali ragam kuliner halal yang akan selalu membuatmu kenyang dan senang ๐Ÿค— Inilah beberapa pilihan terbaik (HHWT sudah coba dan rasakan sendiri!) yang kami rangkum khusus untukmu.

Catatan: warga setempat biasanya mengaduk teh mereka dengan sumpit sebelum makan. Boleh dicoba tuh!

1a. Wai Kee Duck Rice

Terletak di lantai atas Bowrington Market, Wai Kee disebut-sebut sebagai salah satu nasi bebek terbaik di Hong Kong. Banyak warga lokal yang berlangganan di warung halal ini, jadi bisa disimpulkan kalau rasa makanannya tidak perlu diragukan lagi!

Jika kamu belum pernah mencoba bebek sebelumnya, kami jamin Wai Kee akan bikin kamu jadi duck lover ๐Ÿ˜‹ Kulitnya yang juicy dan kecoklatan serta dagingnya yang empuk dengan bumbu meresap sempurna pastinya bakal bikin kamu ketagihan. Kami pun sampai menambah porsi kedua saking nikmatnya!

Selagi di sana cobain juga ayam kecap asin, mie pangsit dan nasi kari domba mereka yang tidak kalah enaknya!

Tip #HHWT: WiFi gratis tersedia di pusat jajanan ini, pas untuk update foto-foto bebek lezat ini ke Instagram kamu!

Jam Buka: 10.00 โ€“ 18.00 (pesanan take-away setelah 17.30)
Alamat: Shop 5, Bowrington Road Cooked Food Centre Lantai 1/F, Bowrington Road Market, 21 Bowrington Road, Wan Chai
Petunjuk Arah: Dari stasiun MTR Causeway Bay, menuju ke Pintu Keluar A – Times Square. Berjalanlah ke arah Bowrington Road Market (sekitar 7 menit). Pusat jajanan terletak di gedung Bowrington Road Indoor Market lantai 2. Masuk melalui eskalator di sisi gedung Bowrington Road.

1b. Islamic Centre Canteen

Belum lengkap rasanya berkunjung ke negeri dim sum tanpa pesta dim sum (pastinya ๐Ÿ˜‰). Terletak di dalam Masjid Ammar, Islamic Centre Canteen merupakan destinasi wajib untuk mencoba dim sum halal paling otentik di Hong Kong! Nikmati beragam pilihan dim sum mereka yang tersedia dari pukul 10.00 โ€“ 15.00 setiap harinya. Pilihan favorit kami jatuh kepada siomay dan pangsit udang goreng ๐Ÿ˜‹ Pangsitnya digoreng dengan sempurna, terbukti dari kerenyahan dalam setiap gigitan!

Oh iya, makanan khas Kanton mereka juga tidak kalah enak lho! Ini pertama kalinya kami mencoba menu makan malam mereka dan langsung jatuh cinta dengan kombinasi bumbu yang meresap pada tiap masakan โ€“ terutama tofu yang diberi garam, bawang putih, dan cabai! Meskipun rasa nasi gorengnya sedikit hambar, namun rasa dari lauk-pauknya sangat pas disantap sebagai pelengkap nasi.

Satu lagi, kalau kamu bertemu pria ramah duduk di kasir, di depan stiker HHWT, jangan lupa sapa ya! Pembawaannya yang hangat dan bersahabat akan bikin kamu serasa di rumah ๐Ÿ˜Š

Jam Buka: 10.00 โ€“ 15.00 (dim sum), 18.00 โ€“ 21.00 (Khusus makanan khas Kanton)
Alamat: Osman Ramju Sadick Islamic Centre Lantai 5, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai, Hong Kong
Petunjuk Arah: Stasiun MTR Causeway Bay โ€“ Pintu Keluar A. Berjalanlah ke arah Islamic Centre Canteen (sekitar 10 menit)

1c. Islam Food

Dikenal dengan veal goulash-nya yang lezat (pangsit pipih berisi daging sapi muda yang empuk), Islam Food menyajikan makanan khas Xinjiang dengan cita rasa otentik; saking terkenalnya mereka telah membuka outlet baru tidak lama ini! Meski agak sulit diakses dengan transportasi umum, tetapi makanannya worth it untuk dicoba ๐Ÿ˜Ž Karena restoran ini dipadati dengan warga lokal, kami sampai harus mengantri agar mendapatkan tempat duduk!

Kami pun mengerti daya tarik dari restoran ini saat lidah kami dimanja oleh veal goulash yang terasa crispy di luar dan juicy di dalam โ€“ rasanya sampai tidak bisa digambarkan dengan kata-kata ๐Ÿ˜Œ Hati-hati menyantap goulash yang masih panas, ya!

Kami sarankan untuk memadukan goulash-mu dengan sup pangsit isi daging. Kuahnya yang gurih dan pangsitnya yang kaya akan rasa pastinya akan bikin ketagihan!

Tip #HHWT: Outlet yang kami datangi cukup sempit, jadi kalau kamu ingin lebih leluasa dapat mengunjungi outlet yang lebih besar tidak jauh dari situ!

Jam Buka (Cabang Utama): 11.00 โ€“ 23.00
Alamat:ย  Lung Kong Rd, Kowloon City, Kowloon G/F, Nomor 1 โ€“ di samping Chow Sang Sang Securities

Jam Buka (Cabang Baru): 11.00 โ€“ 23.00
Alamat: Tak Ku Ling Rd G/F, Nomor 33-35, Kowloon City, Kowloon

Petunjuk Arah: Stasiun MTR Lok Fu โ€“ Pintu Keluar B. Berjalanlah ke arah Islam Food (sekitar 17 menit).

Directions:ย Lok Fu MTR Station – Exit B. 17 min walk to Islam Food.

1d. Lee Keung Kee

Karena banyaknya permintaan akan jajanan pinggir jalan halal di Hong Kong, kami pun menelusuri jalanan untuk menemukan beberapa pilihan terbaik untukmu ๐Ÿค— Egg waffle milik Lee Keung Kee adalah favorit para warga lokal, sampai-sampai masuk ke dalam daftar Michelin Hong Kong Street Food. Tekstur waffle yang kenyal dan lembut ini akan bikin kamu ketagihan. Santap selagi panas, ya!

Catatan: Mereka memiliki banyak cabang di seluruh Hong Kong, namun kami pastikan cabang di North Point ini ramah wisatawan muslim.

Jam Buka: Senin โ€“ Sabtu mulai pukul 11.00, Minggu mulai pukul 12.30
Alamat: 492 Kingโ€™s Rd, North Point, Hong Kong
Petunjuk Arah: Stasiun MTR North Point โ€“ Pintu Keluar B3. Jalan dari sisi kirimu ke arah Nathan Rd.

1e. A1 Tofu Company

Bagi kamu yang menyukai makanan manis bisa mengunjungi A1 Tofu Company di Sham Shui Po. Tempat ini terkenal dengan kembang tahunya yang lembut nan lezat! Hidangan di sini tersedia dalam berbagai varian rasa, namun favorit warga lokal umumnya adalah wijen hitam, Horlicks, dan pasta almond ๐Ÿ˜‹

Lokasi toko ini juga sangat mudah untuk ditemui! Tepatnya di luar Stasiun MTR Sham Shui Po (Pintu Keluar C2)

Alamat: G/F, 38 Kweilin Street, Sham Shui Po

2. Berkeliling Hong Kong

Sampai di sini, kamu pasti sudah sadar kalau semua restoran-restoran halal dapat dicapai dengan transportasi umum. Ya begitulah, betapa luas jaringan transportasi umum di Hong Kong! ย Kamu dapat naik MTR (kereta) dan bus hampir kemana saja. Peta jalur MTR ini sangat mudah untuk dibaca, jadwal kedatangannya pun juga sering ๐Ÿ˜Š

Tip #HHWT: Unduh aplikasi MTR di smartphone-mu untuk mengatur perjalananmu dengan rute yang ringkas dan murah!

2a. Airport Express

Dari Bandara Internasional Hong Kong, kamu dapat menaiki Airport Express dan tiba di kota kurang dari 24 menit! Kebersihan dan kecepatan kereta ini sangat membuat kami terkesan. Airport Express ini dilengkapi dengan tempat bagasi yang akan berguna untuk kamu yang membawa banyak barang. Tersedia juga WiFi gratis di dalamnya, lho!

Sebagai bonus tambahan, kereta ini juga menyediakan port USB pada gerbong depan dan belakang, pas untuk kamu yang butuh mengisi baterai alat elektronik secara cepat. ๐Ÿ˜‰

2b. Airport Express Shuttle Bus

Untuk kamu yang ingin langsung menuju hotel dari bandara, naik dari Kowloon atau stasiun Hong Kong dan ambil bus shuttle Airport Express gratis sampai ke hotelmu! Di kota Hong Kong terdapat jalur yang berbeda-beda untuk tiap hotel. Klik di sini untuk mengetahui apakah hotelmu dilalui oleh bus dan jalur mana yang harus diambil.

Di dalam bus juga disediakan tempat bagasi, namun hati-hati saat mengangkat barang bawaan (apalagi beban berat!) saat menaiki tangga bus.

2c. Kartu Octopus

Sesampainya di hotel, waktunya untuk berkeliling Hong Kong! Cara terbaik (dan termurah) untuk ini adalah dengan menggunakan transportasi umum. Jika kamu memilih transportasi umum untuk berpergian, kami sarankan untuk mengambil kartu Octopus ketimbang Day Pass karena harganya yang lebih terjangkau. Kartu ini dapat digunakan di seluruh sistem transportasi umum (MTR, bus, dan tram) Nyaman banget, ya!

Kamu bisa beli kartunya di stasiun MTR mana saja atau di bandara. Perlu diperhatikan bahwa kartu ini hanya dapat dibeli dengan tunai dan juga ada deposit sebesar $50 yang dapat dicairkan saat pengembalian kartu โ˜บ๏ธ

Tip #HHWT: Jika kamu berencana kembali ke Hong Kong (harus dong ๐Ÿ˜œ), kamu akan perlu menyimpan kartu ini karena masa pengembalian berlaku hingga 1000 hari!

2d. Taksi

Jika ingin naik taksi, akan lebih baik jika kamu menunjukkan alamat tujuan dalam Bahasa Cina mengingat sopir taksi setempat kurang menguasai Bahasa Inggris. Silakan bertanya pada pegawai hotel atau Google! Kamu hanya perlu menunjukkannya ke sopir taksi dan mereka akan segera mengantarmu ke tempat tujuan ๐Ÿ˜Š

3. Atraksi-atraksi Wajib Dikunjungi

Sampai sini mungkin kamu mulai bertanya-tanya โ€“ dengan pilihan transportasi sebanyak ini enaknya kemana dan ngapain di Hong Kong? Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Hong Kong. Saking banyaknya, perjalanan kami selama seminggu pun masih belum cukup untuk meliput seluruhnya. ๐Ÿ˜† Berikut beberapa atraksi yang wajib didatangi di kota ini!

3a. Hong Kong Disneyland

Kami yakin atraksi ternama ini sudah tidak perlu diperkenalkan lagi! Taman bermain ini merupakan surga untuk semua orang โ€“ tidak terbatas untuk penggemar Disney saja ๐Ÿ˜‰. Tersedia beragam permainan mulai dari yang ramah anak hingga yang ekstrim menantang, jadi tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak wahana yang dapat kamu pilih.

Buat kamu pecinta wahana ekstrim, wajib cobain RC Racer dan Hyperspace Mountain! Salah satu favorit kami adalah Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars. Sebelum naik wahana, siapkan dirimu untuk berbagai kejutan di dalamnya. ๐Ÿ˜Œ

Kalau tidak ingin mengantri, kamu dapat mengambil tiket FASTPASS yang tersedia untuk wahana populer seperti Hyperspace Mountain, Winnie the Pooh dan Iron Man Experience. Tiket FASTPASS ini gratis, kamu hanya perlu ambil tiket di mesin dekat pintu wahana dan kembali sesuai dengan waktu yang tertera di tiket!

Tip #HHWT: Tetap terhubung dengan jaringan WiFi gratis Disneyland! ย Dengan menyambungkan WiFi dengan alamat e-mail pribadi, kamu bisa mendapatkan kupon diskon 10% yang berlaku pada toko suvenir Disneyland.

Catatan: Disney Castle ditutup untuk renovasi dan pertunjukan kembang api digantikan oleh Mickey Mouse Projection Show (tanpa batas waktu)

Jam Buka: Senin – Jumat (10.30 โ€“ 20.00), Sabtu – Minggu (10.30 โ€“ 20.15)
Alamat: Lantau Island, Hong Kong
Petunjuk Arah: Stasiun MTR Disneyland Resort

3b. Ocean Park

Walaupun merupakan Taman hiburan tertua di Hong Kong, Ocean Park ini masih tampak bagus dan terawat. Pada awalnya kami sempat ragu tempat ini akan membosankan, namun rupanya kami salah besar!

Taman hiburan ini dibagi menjadi dua bagian โ€“ tepi laut dan puncak. Bagian terserunya adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan tentunya, kereta gantung adalah cara terbaik untuk menikmati indahnya taman dan pemandangan sekitar yang menajubkan ๐Ÿ˜

Apabila angin sedang bertiup kencang, kereta gantung akan sedikit bergoyang. Namun, kamu bisa berpegangan pada tiang yang ada di tengah kereta gantung. Jika takut ketinggian, kamu bisa naik kereta Ocean Park, Ocean Express.

Kamu akan dibuat kagum oleh berbagai macam atraksi di Ocean Park. Kami sangat menikmati wahana terbaru mereka yang merupakan gabungan dari Virtual Reality dan roller-coaster! Mungkin kelihatannya seram, tapi sebetulnya masih bisa dinaiki oleh kamu yang tidak terlalu suka wahana ekstrim. Menariknya adalah, lintasan roller coaster-nya tidak akan terlihat karena kamu akan dipasangkan VR headset ๐Ÿ˜ฑ

Selain wahana hiburan, binatang-binatang di Ocean Park juga wajib untuk ditengok. Favorit kami di sana adalah panda dan pinguin!

Jam Buka: Senin โ€“ Jumat ย (10.00 โ€“ 19.00), Sabtu – Minggu (10.00 โ€“ 21.00)
Alamat: Wong Chuk Hang, Hong Kong Island
Petunjuk Arah: Stasiun MTR Ocean Park โ€“ Pintu Keluar B

3c. The Peak

Baik malam maupun di siang hari, the Peak merupakan tempat yang pas untuk menikmati indahnya kaki langit Hong Kong! Yang menarik bukan hanya tempat tujuan, namun juga perjalanan menuju ke atas. Trem bergerak naik pada kemiringan 45 derajat, jadi pegangan yang erat ya kalau kamu kebetulan tidak kebagian kursi!


Kredit: Hong Kong Tourism Board

Kami sarankan untuk cek cuaca terlebih dahulu sebelum menuju ke atas, karena terkadang Hong Kong suka berkabut dan akan membuatmu sulit mendapatkan pemandangan terbaik.

Jam Buka: Trem โ€“ 07.00 โ€“ 24.00 setiap hari, Sky Terrace โ€“ Senin – Jumat (10.00 โ€“ 23.00), Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional (08.00 โ€“ 23.00)
Alamat: 33 Garden Road, Central, Hong Kong

3d. Dragonโ€™s Back (Punggung Naga)

Kalau kamu mengira Hong Kong adalah โ€œkota biasa yang hanya dipenuhi gedung pencakar langitโ€™, kamu akan terkejut saat tahu kenyataannya berbanding terbalik! Ini artinya ada banyak wisata alam untuk dijelajahi ๐Ÿค—

Kami pergi menuju Dragonโ€™s Back, salah satu jalur pendakian termudah (pas banget untuk pemula seperti kami!) Kamu bisa memulai dari trek paling bawah atau naik bus nomor 9 lalu turun di penanda 1 jam pada trek. Bisa dibilang pendakian ini terbilang mudah untuk kami. Meski beberapa jalur cukup berbatu dan curam, kami menemui banyak keluarga dan orang tua yang bisa mendaki sampai ke atas. Tandanya, jalur ini cukup aman untuk didaki!

Catatan: Pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dan ada baiknya untuk memeriksa cuaca terlebih dahulu sebelum memulai pendakian. Kami pribadi tidak dapat menikmatinya dengan maksimal dikarenakan panorama yang tertutup kabut saat tiba di puncak ๐Ÿ˜ฅ Meskipun begitu, cuaca yang sejuk saat itu terasa sangat nyaman.

Karena padatnya rencana perjalanan, kami memutuskan untuk turun melalui rute yang sama saat pendakian. Namun jika memiliki waktu lebih, kami sarankan mengambil rute komplit untuk mengakhiri perjalananmu di Tai Long Wan, pantai yang menawan dimana kamu bisa bersantai dan mengendurkan otot-otot yang lelah.

4. Berbelanja

Kamu pasti sudah tahu kan, kalau Hong Kong adalah surga untuk penggemar belanja? ๐Ÿ˜Di kota ini tersedia banyak tempat belanja yang dapat memenuhi segala kebutuhan belanjamu, dari yang murah meriah hingga yang menengah ke atas. Pastikan untuk selalu menjaga barang bawaanmu saat mengunjungi pasar pinggir jalan, mengingat di sana bisa sangat ramai!

Tip #HHWT: Sebagian besar toko akan mengenakan biaya kantong plastik, membawa tas belanja sendiri akan lumayan menghemat uangmu.

4a.ย Fa Yuen Street, Mong Kok

Dikenal juga dengan sebutan Sneakers Street, Fa Yuen Street menyediakan banyak pilihan untuk sneakers! Ini adalah tempatnya untuk mendapatkan sneakers dengan desain terbaru dan limited edition dari seluruh dunia. Di sini kamu bisa menemukan brand internasional seperti, Nike, Adidas dan Converse.

4b. Ladies’ Market, Mong Kok

Namanya saja yang โ€˜Ladies Marketโ€™, pasar ini tidak hanya diperuntukkan bagi perempuan. Faktanya, pasar ini dipenuhi dengan banyak suvenir Hong Kong, cocok untuk kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh yang bagus dan murah ๐Ÿค—

Tempat ini sangat cocok untuk melatih kemampuanmu dalam tawar menawar. Rata-rata pemilik toko di sini dapat berbahasa Inggris, jadi kamu bisa mencoba menawar dari harga terendah. Jika tidak berhasil, lakukan taktik pura-pura menjauh. Kalau penjualnya tidak memanggilmu kembali, tidak perlu khawatir karena toko-toko di sekitar pun menjual barang yang sama jadi coba tawar di sana juga, ya!

4c. Sham Shui Po

Untuk barang-barang murah lainnya kamu bisa mengunjungi Sham Shui Po. Tempat ini dipenuhi oleh beberapa pusat perbelanjaan terbaik di Hong Kong. Apliu Street terkenal dengan barang elektroniknya, terutama aksesoris dan handphone. Jika ingin mencari barang-barang untuk anak, kamu bisa ke Toys Street. Ingin belanja untuk baju lebaran? Yu Chau Street tempat yang pas untuk memborong kain grosir!

Tip #HHWT: Harga di Sham Shui Po relatif murah, tetapi iseng-iseng menawar mungkin bisa dapat harga yang lebih murah lagi!

4d. Causeway Bay and Harbour City

Untuk kamu yang ingin belanja barang-barang branded, Causeway Bay bisa menjadi destinasi pilihan.ย  Kawasan yang dikelilingi oleh banyak mall ini dipenuhi dengan barang branded mulai dari kelas menengah hingga atas. Times Square, pusat belanja terbesar di Kawasan ini, terletak tepat di atas stasiun MTR Causeway Bay! Tempat ini memiliki lebih dari 230 toko, jadi bersiaplah untuk menghabiskan waktu (dan uang!) di sini ๐Ÿ˜œ

Causeway Bay juga merupakan rumah dari department store terbesar dan terpopuler di Hong Kong, SOGO. Dengan 18 lantai ruang ritel, SOGO dikenal sebagai toserba untuk segala kebutuhan, mulai dari brand baju ternama, berbagai perlengkapan, hingga peralatan rumah tangga!

Untuk berbelanja barang mewah, kamu bisa menyebrangi sisi lain Hong Kong dan mengunjungi Harbour City sebagai alternatif pilihan. Area ini adalah mall terbesar di Hong Kong, dimana terdapat outlet Louis Vuitton terbesar se-Asia dan juga outlet utama Chanel di Asia!

Catatan: Jika butuh break dari berbelanja, kamu bisa bersantai di Dek Observasi dan nikmati keindahan pemandangan Hong Kong dari seberang lautan ๐Ÿ˜Œ

5. Ruang Salat

Berhubung kamu hampir sampai di penghujung artikel, kami pastikan kamu sudah yakin betapa Hong Kong merupakan kota yang ramah muslim. Tapi tunggu dulu, masih ada lagi! Kamu tidak perlu khawatir mencari tempat salat di Hong Kong saking banyaknya ruang salat yang tersedia di sekitar kota ini.

5a. Masjid dan Islamic Centre

Masjid Ammar

Selain ruang salat, ada banyak masjid yang tersebar di sekitar kawasan utama Hong Kong โ€“ membuatmu nyaman dalam melaksanakan ibadah saat sedang berkeliling kota! Masjid Ammar terletak di dekat Causeway Bay, jadi kamu bisa mampir ke sana di tengah berbelanja! Bagian terbaiknya adalah, kamu bisa sekalian jajan makanan enak di Islamic Centre Canteen masjid.

Masjid Jamia

Masjid pertama di Hong Kong ini dekat dengan lokasi paling Instagrammable di kota ini, Old Town Central! Menuju masjidnya saja sudah dibuat takjub karena untuk sampai di sana kamu akan menaiki eskalator terpanjang di dunia. Masjid ini memang yang tertua di Hong Kong, tetapi masih sangat terawat lho โ˜บ๏ธ Kami jatuh cinta dengan jendela melengkung bergaya Arab yang mengelilingi ruangan salat!

5b. Atraksi

Hong Kong Disneyland

Terletak tepat di samping Explorerโ€™s Club Restaurant yang bersertifikat halal, ruang salat ini disediakan hanya untuk pengunjung muslim. Tempat laki-laki dan perempuan digabung, tetapi ada tirai di area wudu yang bisa ditarik sebagai pembatas. Omong-omong soal area wudu, kami senang sekali dengan fasilitasnya yang menajubkan dan fungsional. Mengambil wudu tidak pernah senyaman ini!

Tip #HHWT: Alat salat termasuk sajadah tidak disediakan, pastikan untuk membawa alat salatmu sendiri.

Ocean Park

Ocean Park menyediakan ruang rapat sebagai ruang salat untuk pengunjung muslim, lengkap dengan arah kiblat yang ditempel di setiap ruangan! Kamu juga tidak perlu khawatir menempuh jarak jauh untuk salat karena ruang salat tersedia di tepi laut dan di atas puncak

Untuk mengakses ruangan, datangi loket informasi dan sampaikan ke petugas kalau kamu ingin menunaikan ibadah salat. Petugas akan mengantarkanmu ke ruang salat.

5c. Bandara Internasional Hong Kong

Ya, di Bandara pun tersedia ruang ibadah โ€“ tepatnya ada 5! Ruangan ini dikenal sebagai โ€˜Ruang Tenangโ€™ dan diperuntukkan bagi setiap pemeluk kepercayaan. Tiga di antaranya terletak di area terbatas yang cukup jauh dari area check-in. Untuk menuju salah satu ruang ibadah kami harus naik kereta dari area utama, namun ruangannya dekat dengan gerbang keberangkatan kami!

Tip #HHWT: Fasilitas hanya dilengkapi dengan area wudu dan sajadah, jadi pastikan kamu membawa alat salat lainnya.

6. Akomodasi ramah-Musilim

Jika kamu mencari penginapan yang ramah muslim di Hong Kong, kami di sini untuk membantumu! Meskipun beberapa penginapan ini tidak menyediakan makanan halal, letak mereka yang berdekatan dengan restoran halal akan memudahkan perjalanan untuk para wisatawan muslim.

6a. Harbour Grand Hong Kong

Selama di Hong Kong kami menginap di hotel ini dan jatuh cinta dengan fasilitasnya! Hal yang paling menarik adalah tersedia beragam โ€˜menuโ€™ bantal yang bisa dipinjam. Kami mencoba Bamboo Charcoal Kapok Pillow (bantal arang bambu) yang disebut-sebut memiliki efek menenangkan ๐Ÿ˜Œ

Tidak perlu khawatir akan makanan halal di hotel karena tersedia menu halal pada salah satu restoran dan juga in-room dining, seperti Tandoori Salmon Fillet (favorit kami!) dan Roasted Spring Chicken. Namun, pastikan kamu melakukan pemesanan sebelumnya!

Harga: Mulai dari ย USD158
Alamat: 23 Oil St, North Point, Hong Kong

6b. Butterfly on Morrison Boutique Hotel

Untuk pilihan yang lebih ramah di kantong, boutique hotel ini menjadi pilihan terbaik kami! Harganya yang murah tidak membuat kualitasnya menjadi murahan. Kami jatuh hati dengan lebarnya jendela kamar yang memamerkan keindahan pemandangan kota Hong Kong. Selain itu, lokasi hotel ini pun sangat strategis.


Kredit: Butterfly On Morrisonย on Facebook

Meskipun hotel ini tidak menyediakan makanan halal, namun lokasinya berada di dekat Causeway Bay, dimana kamu dapat mencari restoran halal hanya dengan berjalan kaki!

Harga: Mulai dari USD73
Alamat: 35-39 Morrison Hill Road, Causeway Bay, Hong Kong, Hong Kong

6c. Hong Kong Disneylandย Hotel

Akan lebih pas rasanya jika di akhir artikel ini kami tutup dengan penginapan terbaik di Hong Kong โ€“ Disneyland Hotel! Kamar dan fasilitasnya bertemakan Disney dan tamu hotel akan dimanjakan oleh beragam keuntungan, termasuk akses prioritas ke Disneyland Hong Kong.


Kredit:ย Hong Kong Disneyland

Hotel ini menonjolkan keindahan lautnya, tetapi bagian favorit kami adalah aneka pilihan makanan halal yang tersedia sesuai permintaan! Menu halal juga tersedia untuk in-room dining ๐Ÿค—

Harga: Mulai dariUSD266
Alamat: Magic Rd, Lantau Island, Hong Kong

Dan itu dia! Kami yakin kamu pun sudah percaya akan kota Hong Kong yang menawan dan ramah muslim ini! Kami sangat bersenang-senang dalam menjelajahi kota ini dan dengan serangkaian tips di atas, tidak ada alasan untuk tidak menjadikan Hong Kong sebagai urutan pertama di bucket list-mu tahun ini ๐Ÿ˜

 

This article was brought to you by Hong Kong Tourism Board.

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!