icon
icon
article hero

6 Tempat di Indonesia untuk Berinteraksi dengan Satwa Liar

AvatarName

Sastri  •  Sep 23, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bukan rahasia bahwa Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu, kekayaan flora dan fauna di Nusantara juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Beberapa tempat di Indonesia menyuguhkan wisata alam yang masih alami, lengkap dengan keberadaan fauna untuk kita berinteraksi langsung di habitatnya. Catat tempat-tempat ini untuk eskapisme kamu dari penatnya keseharian di kota besar 😊
1. Tangkahan, Sumatera Utara
Kawasan Tangkahan di Sumatera Utara baru-baru ini mencuat karena menjadi lokasi syuting video klip “Adu Rayu” ciptaan Yovie Widianto, yang dibawakan Tulus dan mendiang Glenn Fredly. Ekowisata Tangkahan berada di dalam area Taman Nasional Gunung Leuser. Di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan gajah Sumatera, spesies gajah terkecil di dunia. Di Tangkahan kamu bisa memandikan gajah di sungai, tentunya didampingi oleh mahout. Selain itu, kamu juga bisa memberi makan para gajah ini antara pagi atau sore hari. Selain berinteraksi dengan gajah, kamu juga bisa melakukan aktivitas wisata lainnya seperti river tubing dan berenang di air terjun yang menyegarkan!
2. Way Kambas, Sumatera Selatan
Masih seputar gajah, kamu juga bisa berinteraksi dengan satwa liar ini di Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional yang berlokasi di Sumatera Selatan ini menjadi wilayah konservasi untuk gajah Sumetera. Selain gajah, kamu juga bisa mengamati aneka faunaliar lainnya sepertibird watching. Kamu juga bisa memesan paket susur sungai, safari night, dan berkeliling Way Kambas naik gajah.
3. Tanjung Puting, Kalimantan Timur
Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Timur adalah tempat konservasi sekaligus habitat asli orangutan, serta fauna endemik lainnya di Kalimantan seperti bekantan. Di sini kamu bisa mengunjungi Camp Leakey dan melihat langsung orangutan. Selain itu kamu juga bisa river cruising dengan menyusuri Sungai Sekonyer yang dijuluki “Amazon-nya Indonesia” selama 3 hari 2 malam.
Kamu juga bisa memesan banyak jenis tur antara lain Jungle Trekking dan Nocturnal Tour (safari malam). Ada beberapa penginapan di sini, salah satunya adalah Rimba Orangutan Ecolodge yang pernah ditinggali aktris kenamaan Julia Roberts.
4. Kepulauan Derawan, Kallimantan
Masih di Kalimantan Timur, ada Kepulauan Derawan yang berlokasi di Kabupaten Berau. Kepulauan ini terdiri dari empat pulau utama yaitu Sangalaki, Maratua, Kakaban, dan Pulau Derawan. Derawan adalah salah satu perairan di Indonesia yang memiliki keanekaragaman fauna. Serunya, kamu tak perlu menyelam (diving) untuk berinteraksi dengan aneka fauna laut di sini. Pantai-pantai di Kepulauan Derawan menjadi habitat asli penyu sisik. Selain itu, jika mengunjungi Pulau Kakaban, kamu bisa berenang di danau yang dipenuhi ubur-ubur tidak menyengat (stingless jellyfish).
5. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur
Siapa yang tak kenal dengan komodo, “naga” terakhir di Bumi? Hewan endemik inihanya ada di Indonesia tepatnya Nusa Tenggara Timur. Mereka mendiami beberapa pulau di Taman Nasional Komodo. Untuk melihat komodo langsung di habitat aslinya, kamu bisa menyambangi Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Selain itu, berhubung alam di wilayah ini sangat kaya, kamu juga bisa trekking menuju puncak Pulau Padar serta menyelami bawah laut di beberapa titik.
Pantai-pantai di kawasan ini terkenal sangat cantik. Pink Beach yang ada di Pulau Komodo misalnya, memiliki pasir berwarna merah muda berkat potongan mikro ganggang laut. Selain menginap di hotel, kamu juga bisa berlayar menggunakan kapal phinisi (Live on Board) selama 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam.
6. Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur
Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan habitat asli beragam flora dan fauna liar. Kamu bisa melihat satwa liar seperti rusa, beragam jenis burung, hingga babi hutan di savanna Sadengan. Selain melihat langsung satwa liar, kamu juga bisa menyambangi deretan pantai di pesisir Alas Purwo. Beberapa pantai yang terkenal adalah Pantai Triangulasi dan Pantai Pancur.