icon
icon
article hero

5 Trik Berwisata Di Tokyo Dengan Biaya Minim

AvatarName

Dinni Nurhayani  •  Apr 14, 2016

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Have Halal, Will Travel. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Tokyo merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal, tapi itu bukan berarti kita tidak bisa makan, tidur, dan berbelanja dengan anggaran terbatas disana! Untuk bisa berwisata di sekitar Tokyo dengan anggaran yang rendah, dibutuhkan sedikit riset dan kedisiplinan. Untungnya, orang-orang Jepang selalu berusaha meneuhi standar kesempurnaan, sehingga meski kita berwisata di Jepang dengan biaya terbatas, kita akan tetap merasakan hal-hal terbaik disana. Kami telah melakukan risetnya untuk kamu, sehingga kamu bisa berhemat dan tetap menikmati liburan yang luar biasa di Tokyo 😄
Credit: Giphy

1. Lupakan hotel-hotel mahal, tinggallah di tempat-tempat ini!

Hotel-hotel Kapsul

tokyo capsule hotel
Kredit: Capsule Inn

Kapsul hotel atau capsule hotels pertama kali dikembangkan di Jepang dan kini menjadi alternatif akomodasi terbaik bagi para wisatawan yang banyak berwisata di luar pada siang hari hingga malam dan hanya membutuhkan tempat untuk tidur malam saja. Biaya sebuah kamar di capsule hotel sekitar 2.500-6.900 Yen (sekitar Rp 295.000 – Rp 815.000) per malam. Kubikel-kubikel pada capsule hotel dilengkapi dengan AC, dan biasanya mereka memiliki berbagai fasilitas seperti sauna dan kafetaria.

capsule hotel tokyo shinjuku
Kredit: Kuykushomae Capsule Hotel

 Namun, hotel kapsul mungkin tidak cocok untuk kamu yang memiliki tinggi badan jauh lebih dari 1.8 meter (180 cm) karena panjang satu kubikelnya hanya sekitar 2 meter saja! Beberapa hotel kapsul tidak menerima tamu perempuan, jadi sebaiknya kamu cek sebelum memesan. Capsule Hotel Shinjuku 510 dan Capsule Inn adalah beberapa hotel kapsul yang menyediakan beberapa lantai hotel khusus tamu wanita.
Airbnb

Airbnb Tokyo Apartment in Shibuya
Kredit: Airbnb

Kalau kamu belum mengunjungi situs Airbnb untuk berburu akomodasi yang terjangkau dan indah di Tokyo, tunggu apa lagi? Apartemen-apartemen di Tokyo yang terdaftar di Airbnb umumnya menyenangkan dan sebagianbesar memiliki ulasan/review positif dari pengguna-pengguna sebelumnya. Selain itu, orang-orang Jepang pada umumnya orang yang sopan dan sangat memperhatikan perawatan rumah, sehingga kemungkinan besar kamu akan berjumpa dengan tuan rumah yang menyenangkan!
Ryokans

Ryokan in TokyoKredit: Takemine

Ada beberapa guesthouse Jepang (Ryokans) di Tokyo dan kabar baiknya adalah biaya menginap di penginapan bergaya tradisional Jepang ini tidak akan menguras kantong kamu. Biaya menginap di Ryokans tarifnya mulai dari 7000 Yen per malam, tergantung dari jenis kamar yang kamu pilih. Tips #HHWT: Beberapa Ryokans menawarkan makanan vegetarian atau seafood, dan kamu juga bisa memesan makanan dengan dietary/ketentuan tertentu.

2. Siasati Waktu Makanmu

Pilih makanan berat pada waktu makan siang
 Makan siang adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati makanan karena harga makanannya lebih murah. Bekali dirimu dengan makanan yang lebih murah di siang hari karena harganya bisa menjadi dua kali lipat pada waktu makan malam! Banyak restoran di Tokyo yang juga menawarkan harga paket makan siang dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi keinginanmu. Tidak ada ide mau makan dimana? Kami punya Daftar 5 Restoran Halal di Jepang untuk referensi makanan khas Jepang di Tokyo.
3. Rencanakan Rute Perjalanan dan Transportasi Kamu
Membuat perencanaan rute perjalanan sangat penting agar kamu tidak melewati rute perjalanan yang tidak diperlukan dan menghabiskan biaya transportasi yang lebih banyak. Selain itu, penggunaan kartu perjalanan prabayar merupakan hal yang populer di Tokyo untuk merasakan perjalanan tanpa tiket onboard sistem transportasi di Tokyo. Kami merekomendasikan kamu menggunakan kartu Suica! P.S. tiket kereta api di Tokyo berukuran kecil dan jika kamu menghilangkannya, kamu harus membeli tiket lagi di stasiun tujuan sebelum kamu keluar dari stasiun itu.
Suica Card

Suica Card Tokyo Japan
Kredit: leeshushien

Bayangkan kartu Suica sebagai kartu pre-loaded (dapat diisi ulang dengan uang tunai) untuk transportasi umum di Tokyo, tepatnya untuk subway (kereta bawah tanah), bus, dan Tokyo Monorail yang menghubungkan kota Tokyo ke Bandara Haneda. Kartu Suica juga bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang dijual (onboard)  di kereta, beberapa toko serba ada, dan bahkan menyewa loker koin! Yang perlu diingat, kartu Suica ini tidak berlaku untuk Shinkansen (Bullet Train/kereta supercepat Jepang). Lihat peta di bawah ini untuk mengetahui dimana saja kamu bisa menggunakan kartu Suica. Ada kartu lain yang berfungsi sama persis dengan kartu Suica di Tokyo, misalnya kartu Pasmo. Perbedaan nama diantara kartu-kartu itu disebabkan oleh perusahaan pemilik kartu yang berbeda. 

Suica Map Transportation Japan
Kredit: JR East

Kartu Suica juga dapat digunakan pada rute-rute Japan Rail (JR) di Hokkaido, Tokai, West Japan (Jepang bagian Barat) dan Kyushu. Nominal pengisian ulang untuk Suica card adalah 1.000 Yen dan deposit minimal sebesar 500 Yen.
Day Pass

Tokyo Train Guide Metro Pass
Kredit: Super Merlion

Tiket Day Pass juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang berencana sering menggunakan metro dalam sehari. Kamu dapat membeli tiket Day Pass di mesin penjual otomatis atau kantor metro pass Tokyo, dan satu tiket harian harganya 1000 Yen untuk satu orang dewasa 
Rail Pass

Japan Rail Pass
Kredit: Inside Kyoto

Berencana untuk berwisata ke luar Tokyo? Dapatkan Japan Rail Pass (ditunjukkan oleh lingkaran berwarna hijau pada peta). Namun, jika kamu hanya berwisata keliling Tokyo, jangan membeli kartu ini karena harganya cukup mahal, sekitar 29.110 Yen untuk periode 7 hari. Tips #HHWT:  JR Pass hanya dapat dikeluarkan untuk wisatawan yang berkunjung ke Jepang dalam jangka waktu pendek (temporer) dan kamu harus membelinya sebelum berwisata ke Jepang.

JR East Tokyo Sightseeing Guide
Kredit:  JR East 

4. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Kalau kamu memilih untuk tidak menyewa perangkat Wi-Fi, ada beberapa cara supaya kamu bisa tetap terkoneksi secara gratis!
Japan Connected-free Wi-Fi app

Japan Free Wifi JNTO
Kredit: Japan Magazine

Unduh aplikasi Japan Connected-free Wi-Fi sebelum kamu berkunjung ke Jepang dan kamu tinggal mengakses aplikasinya untuk terhubung ke Wi-Fi hotspot secara gratis! Wilayah Wi-Fi hotspot ini meliputi bandara, stasiun kereta, fasilitas-fasilitas komersial, toserba dan banyak lagi! Kamu akan menemukan alamat dan peta dari area yang dijangkau melalui aplikasi ini. Jangan lupa untuk melengkapi formulir pendaftaran keanggotaan pada aplikasi sebelum kamu memulai perjalananmu!
Kartu Wi-Fi Gratis

Free Wi-Fi Cards Japan
Kredit: Welcome City

Ada beberapa tempat di Tokyo yang mendistribusikan kartu gratis Wi-Fi bagi wisatawan. Kartu ini berisikan ID untuk mengakses Wi-Fi hotspot disekeliling Tokyo. Jangan lupa untuk selalu membawa paspor kamu supaya bisa mendapatkan kartu ini. Pada tautan ini terdapat daftar tempat-tempat untuk mendapatkan kartu Wi-Fi gratis. Yang perlu kamu ingat, tempat-tempat ini tidak buka 24 jam!

5. Belanja secara hemat

Kamu tidak bisa berwisata ke Tokyo tanpa belanja! Supaya wisatamu tetap sesuai anggaran dan hemat, kamu harus belanja di tempat yang tepat untuk mendapatkan penawaran yang hebat J Berikut ini adalah beberapa tempat yang kami sarankan!
Don Quijote

Don Quijote Tokyo Discount Shopping
Kredit: antonio tajuelo

 Di Don Qujote (dikenal juga dengan sebutan Donki), kamu dapat menemukan hampir segala hal! Toko diskon ini memiliki beragam produk mulai dari bahan makanan dasar hingga elektronik, bahkan pakaian serta beragam barang-barang unik lainnya.  Tips#HHWT: Toko Asakusa baru-baru ini menambahkan bagian souvenir yang Muslim-friendly di lantai dua. Hal ini akan menjadi hadiah yang sempurna untuk keluarga dan teman-teman kamu ketika pulang!
ABC Mart

abc mart
Kredit: Timeout

Jika kamu pecinta berbagai macam alas kaki, kamu beruntung! ABC Mart hanyalah satu dari sekian banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan alas kaki bermerk (Adidas, Nike, New Balance, Timberland, dll) yang dijual dengan harga diskon. Kamu juga bisa mendapatkan alas kaki edisi terbatas, eksklusif Jepang!
Shibuya 109

Shibuya 109
Kredit: Sumo Joe

Shibuya 109 adalah tempat untuk berbelanja baju trendi dengan harga terjangkau! Kalau kamu penggemar dari salah satu pakaian ternama Jepang, Uniqlo, kamu akan sanagt senang karena bisa menemukan toko besarnya di sekitar sudut Shibuya 109 ini. Harga produk-produk Uniqlo tentu lebih murah di Jepang! Ketika kamu di sekitar tempat ini, jangan lupa untuk mengunjungi Gyumon untuk mencoba yakiniku halal! Tips #HHWT: Menurut rumor, penyeberangan Shibuya merupakan salah satu persimpangan tersibuk di dunia, jadi kamu harus merasakan penyeberangan Shibuya!

6. Menikmati semua kegiatan gratis dan berbagai pemandangan

Liburan dengan budget minim tidak berarti kamu harus melewatkan semua tempat wisata! Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Tokyo secara gratis dan berikut ini adalah beberapa pilihan tempat yang bisa kamu masukkan kedalam jadwal wisata kamu. 
Ueno Park

Ueno Park Tokyo
Kredit: Japan Guide

Ueno Park adalah tempat indah yang layak kamu kunjungi, terutama ketika bunga sakura bermekaran! Berjalan-jalanlah untuk menikmati pemandangan atau lakukan piknik untuk makan dengan pemandangan yang menakjubkan.
Yoyogi Park dan Kuil Meiji
Meiji-Shrine
Jelajahi hutan Yoyogi Park yang indah dan jangan lupa untuk mengunjungi Kuil Meiji yang terkenal! Mengunjungi tempat ini di akhir pekan adalah waktu yang tepat karena suasananya sangat hidup, karena aka nada pemusik jalanan dan fashionista Lolita di sekitar tempat-tempat ini. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat sekilas prosesi pernikahan orang Jepang di Kuil Meiji juga!
Tokyo Metropolitan Government Building (Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo)

Tokyo Metropolitan Government Building
Kredit: 500px

Jika kamu tidak memiliki rencana apapun setelah makan malam, pergilah ke dek observasi gratis di Tokyo Metropolitan Government Building untuk mendapatkan pemandangan Kota Tokyo yang cantik dan tanpa penghalang. North Observatory dibuka pada 9:30 pagi hingga 11:00 malam, dan South Observatory dibuka dari jam 9:30 malam hingga 5:30 sore, tetapi tetap buka hingga 11:00 malam ketika North Observatory tutup. P.S. salah seorang pembaca HHWT berbagi kepada kami bahwa pemandangan dari tempat ini sebaik atau bahkan lebih baik daripada pemandangan di Tokyo Skytree!

View From Tokyo Metropolitan Government Building Observatory Deck
Kredit: panoramio

 Apakah kamu memiliki trick wisata atau tips berwisata hemat saat berkunjung ke Jepang? Beri tahu kami di bagian komentar! Kami akan senang untuk mengetahuinya 😄