icon
icon
article hero

5 Tradisi Ramadhan Unik di Indonesia, dari Aceh sampai Boyolali

AvatarName

Sastri  •  Mar 30, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Sebagai negara kepulauan yang besar, Indonesia memiliki banyak tradisi dan budaya. Sama halnya ketika masyarakat Nusantara menyambut Bulan Suci Ramadhan. Saat menyambut Ramadhan, beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik yang tak akan kamu temukan di tempat lain. Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 7 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Daftar sebelum 6 April 2021 (22.59 WIB) dan 150 orang pertama dari Dingapura, Malaysia, dan Indonesia akan mendapatkan voucher GrabFood!
P.S. Bicara soal Ramadhan, beberapa informasi ini pasti akan berguna untuk kamu:
  1. Meugang, Aceh
Meugang pada dasarnya merupakan tradisi memasak daging, kemudian menikmatinya bersama orang terdekat dan keluarga. Meugang dijadikan tradisi karena masyarakat Aceh percaya bahwa hal tersebut merupakan ucapan rasa syukuratas kebaikan yang didapat selama 11 bulan sebelumnya.
2. Balimau, Sumatera Barat
Salah satu tradisi warga Sumatera Barat menjelang Ramadhan adalah membuat lamang (malamang). Selain itu, mereka juga memiliki tradisi Balimau yang merupakan mandi menggunakan jeruk nipis! Balimau biasa dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai atau tempat mandi. Tradisi nan unik ini bertujuan untuk membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki Bulan Ramadhan.
3. Nyadran, Jawa Tengah
Warga Jawa Tengah kerap menyebut Nyadran sebagai Nyekar, alias memberikan penghormatan kepada makam leluhur. Bagi warga Jawa, kegiatan ini wajib dilakukan sebagai bagian dari pembersihan diri.
4. Munggahan, Jawa Barat
Tradisi munggahan biasa dilakukan oleh Suku Sunda yang tinggal di Jawa Barat. Pada dasarnya, munggahan adalah agenda berkumpul bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Tradisi ini biasa dilakukan satu atau dua minggu sebelum Ramadhan.
5. Padusan, Boyolali
Di Boyolali, terdapat tradisi Padusan yang merupakan mandi atau berendam di laut atau sumber air yang dianggap keramat. Hal itu dipercaya bisa mensucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.