icon
icon
article hero

Resmi Jadi Global Geopark Network (GGN) UNESCO, Ini 5 Tempat Wisata Populer di Belitung

AvatarName

Sastri  •  Apr 21, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan  Kabar baik bagi Indonesia. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) baru-baru ini mengakui Belitung sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN). Belitung mendapat predikat tersebut karena keunikan biologis, geologis, dan budaya. Mengutip CNN Indonesia, ada 17 geosite yang masuk dalam kawasan Geopark Belitung yaitu Juru Sebrang, Terong Tourism Village, Kuale Granite Mangrove Forest, Peramun Hill Granite Forest, Tanjung Kelayang Trias Granite, Batu Bedil Trias Granite Rock, Nam Salu Open Pit, Lumut Hill, Batu Pulas Granite Rock, Cendil Heat Forest, Tebat Rasau Cenozoic Swamp, Burung Mandi Cretacious Granidiorite, Siantu Pillow Lava, Tajam Mountain, Baginda Rocks, Punai Beach, dan Garumendang Tektite. Sebelum Belitung, Indonesia memiliki 5 area yang masuk dalam Global Geopark Network. Yaitu Geopark Ciletuh (Sukabumi, Jawa Barat), Geopark Rinjani (Lombok, NTB), Geopark Gunung Sewu (DI Yogyakarta dan Jawa Tengah), dan Geopark Batur (Bali). Selain tempat-tempat di Belitung yang disebutkan di atas, ada 5 destinasi wisata paling populer di pulau tersebut yang wajib kamu kunjungi. Berikut daftarnya:
1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi dikenal juga sebagai “Pantai Laskar Pelangi” karena menjadi lokasi syuting film yang diadaptasi dari novel Andrea Hirata tersebut. Pantai ini terkenal akan bebatuan granit yang menjulang tinggi di tengah pasir putih danair hijau toska.
2. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas memiliki ikon yaitu mercusuar di tengah pantai. Mercusuar ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1882. Di sekitarnya terdapat perairan yang sangat jernih, cocok untuk snorkeling.
3. Pulau Pasir
Pulau ini sesungguhnya adalah tumpukan daratan yang hanya berupa pasir, untuk melihat keindahan pulau pasir kalian harus datang pada saat air laut sedang surut. Jika air laut pasang, maka pulau tersebut tenggelam atau tidak akan terlihat.
4. Danau Kaolin
Danau ini merupakan bekas tambang timah. Meski panoramanya cantik, kamu tidak bisa berenang di air yang tampak sangat biru ini. Namun kini Danau Kaolin sangat terkenal di kalangan turis sebagai destinasi wisata instagramable.
5. Pantai Tanjung Pendam
Pantai ini terletak di Tanjung Pandan, kota utama Pulau Belitung. Selain menikmati suasana pantai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, pengunjung juga dapat menikmati suasana taman hiburan yang ada di sekitar pantai.