[DIPERBARUI 14 Mar 2019]

Sebagai salah satu kota terbaik untuk berbelanja di dunia, London adalah tempat wajib buat para shopaholic! Di artikel ini, kami akan mengajak kamu ke 5 tempat wajib untuk berbelanja di London. Setelah berbelanja, kamu  pastinya lapar, kan? Kami juga akan menunjukkan pada kamu ke tempat-tempat makan yang ramah-muslim di sekitar tempat belanja itu loh! 😋 Rasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di London!

Kredit: giphy

*Catatan: kebanyakan tempat makan tersebut gak bersertifikat halal ya. Meskipun begitu, kami sarankan kamu menyantap makanan atas pilihanmu sendiri.

[N.B. Punya rencana keliling Eropa? Kamu bisa membaca dulu itinerari ramah-muslim kami ke London, Paris, dan Amsterdam!]

P.S. This article is also available in English: 5 Shopping Streets In London For Every Shopaholic (With Halal Food Nearby!)

1. Oxford Street


Kredit: @elisa.elisac on Instagram

Merek populer seperti Topshop dan River Island biasanya paling banyak dicari di sepanjang Oxford Street. Jangan lupa kunjungi juga John Lewis, Debenhams, dan Marks & Spencer kalau kamu mau berbelanja keperluan rumah. Selain itu, ada Selfridges, tempat merek-merek mewah berkumpul jadi satu. Toko-toko biasanya buka mulai jam 10 pagi dan tutup jam 9 malam, kecuali hari Sabtu, karena mereka tutup jam 6 sore.

Transportasi: stasiun tube terdekat adalah Oxford Street (jalur Victoria, Central, dan Bakerloo)

Toko yang wajib dikunjungi:
Topshop

Buat kamu yang suka gaya populer, Topshop yang luasnya 3 lantai wajib kamu kunjungi! Plus, di sini, kamu juga akan menemukan merek-merek indie UK. Salah satu lantainya bahkan penuh dengan berbagai produk make-up dan aksesoris dari Topshop sendiri. Pastinya, kamu bisa menghabiskan waktu hampir seharian di sini!


Kredit: @samundressed on Instagram

Alamat: 214 Oxford St, Marylebone, London W1C 1DA, UK
Jam buka: 09.00 – 22.00 (Senin – Sabtu), 11.00 – 17.00 (Minggu)

Nike Town

Buat kamu penggemar Nike, toko super besar dengan empat lantai ini berisi semua produk Nike! Kerennya, kamu bisa mendapatkan sneaker Nike yang dimodifikasi sesuai keinginan kamu. Kunjungi bagian kustomisasi di lantai dua. Kamu bisa mengasah kreativitas dengan sepatu Nike di sana!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Alamat: 236 Oxford St, Marylebone, London W1C 1DE, UK
Jam Buka: 10.00 to 21.00 (Senin – Sabtu), 11.30 – 18.00 (Minggu)

Lush

Kunjungi flagship store Lush dan temukan produk-produk unggulan mereka di sini! Banyak produk seperti sabun bom mandi dan make-up ramah lingkungan hanya dijual khusus di toko ini. Jadi, pastikan kamu membeli produk-produk tersebut kalau ke sini!


Kredit: @ognush on Instagram

Alamat: 175-179 Oxford St, Soho, London W1D 2JS, UK
Jam Buka: 10.00 – 21.00 (Senin – Sabtu), 11.30 to 18.00 (Minggu)

Primark

Kunjungan ke London gak akan lengkap sebelum ke Primark! Dapatkan semua fesyen kamu – mulai dari jeans, aksesoris, dan banyak lagi – di sini, dengan harga yang sangat murah! Kamu pasti kalap mau membeli semuanya.


Kredit: @ken_atf on Instagram

Alamat: 499 – 517 Oxford St, Mayfair, London W1K 7DA, UK
Jam Buka: 08.00 – 22.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 21.00 (Sabtu), 12.00 – 18.00 (Minggu)

[N.B. Jangan lupa beli oleh-oleh dari London berikut ini untuk orang-orang tersayang di rumah!]

Tempat makan ramah-muslim:

Burgeri

Setelah capek berjalan-jalan dan berbelanja, kamu pasti mau mengisi kembali energi. Makan burger bisa jadi pilihan yang tepat dan cepat! Melipirlah ke Burgeri dan nikmati menu mereka yang lezat dan pastinya memuaskan selera kamu.


Kredit: @hungryfoodi3s on Instagram

Untuk menu sedang, cobalah burger Single Special dengan tambahan keju kentang goreng! Untuk minumannya, kamu bisa pesan Strawberry Mojitos yang menyegarkan (dan tentunya non-alkohol).

Status Halal: daging Halal tersedia
Alamat: 22 Great Marlborough St, Soho, London W1F 7HU, UK
Jam Buka: setiap hari pukul 09.00 – 23.00

Kula Café

Kalau kamu suka yang manis-manis dan juga jus buah, cobalah Kula Café! Lokasinya berada di belakang Selfridges. Kafe ini menyediakan beragam dessert halal. Pastikan kamu mencoba kue cokelat dengan toping cokelat Ferrero Rocher!

kula cafe

Alamat: 21 James St, London W1U 1DS
Jam Buka : 08.00 — 23.00
Harga : ££

Ben’s Cookies

Kalau kamu cuma sedikit lapar, kue ini bisa jadi cemilan yang pas buatmu. Ben’s Cookies adalah kue vegetarian, bahkan dicantumkan Halal di website-nya (kecuali kue Rum & Raisin yang mengandung alkohol). Pilihan terenak adalah kue dark chocolate dan kue kelapanya! Setiap kue dijual berdasarkan beratnya, sehingga harganya berkisar antara £1.40 sampai £1.75.


Kredit: @drooolhk on Instagram

Alamat: Bond Street bagian sisi stasiun, 355-361 Oxford Street, London W1D 2HE
Status Halal: makanan vegetarian tersedia
Transportasi: 4 menit jalan kaki dari stasiun Oxford Circus di 139 Oxford Street, London W1D 2JA
Jam Buka : 09.00 — 21.00 (Senin — Sabtu), 10.30 — 19.00 (Minggu dan Hari Libur Nasional)
Harga : ££

2. Carnaby Street

Terletak di belakang Liberty di West End London, Carnaby Street adalah tempat yang cocok buat kamu yang sedang mencari sepatu. Di sini, kamu bisa menemukan semua merek sepatu terkenal, mulai dari Vans dan Dr. Martens, sampai Cheap Monday. Tempat ini memang cocok untuk orang-orang keren! 😎

Carnaby Street Source- Athira Yusof

Alamat: Soho, London W1F
Transportasi : 5 menit berjalan kaki dari stasiun tube Oxford Circus.

Toko yang wajib dikunjungi:

Liberty

Terkenal dengan gaya arsitektur Tudornya, di sini kamu bisa merasakan sejarah Inggris di pusat kota London. Tempat ini adalah asal dari design bunga-bunga Inggris yang pernah digunakan oleh Nike pada produk sepatunya.

liberty
Kredit: Alvin Leong on Flickr

Alamat: Regent Street, Soho, W1B 5AH
Jam Buka: 10.00 — 20.00 (Senin – Sabtu), 12.00 — 18.00 (Minggu)

Dr Martens

Kamu yang menyukai gaya punk, pasti akan suka toko ini! Siapa sih yang gak kenal Dr Martens?! (pastinya kamu kenal dong 😛). Mampirlah ke sini kalau kamu sedang mencari sepatu yang unik. Plus, toko ini menyediakan lebih banyak design yang limited edition!


Kredit: @taminannetti on Instagram

Alamat: 48 Carnaby Street London, W1 9PX
Jam Buka: 10.00 – 19.00 (Senin – Rabu), 10.00 — 20.00 (Kamis – Sabtu), 11.30 — 18.00 (Minggu)
Harga: ££

Size?

Size? juga wajib kamu kunjungi kalau sedang mencari sepatu. Bagi para pecinta sneaker, Size? adalah tempat yang tepat untuk mencari design sneakers yang eksklusif untuk koleksi kamu.


Kredit: @ymh901208 on Instagram

Alamat: 45 Carnaby Steet London, W1 9PX
Jam Buka: 10.00 — 20.30 (Senin – Sabtu), 12.00 — 18.00 (Minggu)
Harga: ££

Tempat makan ramah-muslim:

Stax Diner

Tempat ini menyediakan masakan ala Amerika. Cobalah pesan burger dan kentang gorengnya! Mulai dari milkshake sampai waffle dan acar gorengnya, semua dijamin enak!


Kredit: @emonmiahh on Instagram

Alamat: Kingly Court lantai 1, London W1B 5PW
Status Halal: daging halal tersedia, alkohol tersedia
Transportasi: Stasiun Piccadilly Circus (berjalan kaki 7 menit) atau stasiun Oxford Circus (berjalan kaki 6 menit). Terdapat gang di sebelah toko Vans yang bisa mengarah ke Kingly Court.
Jam Buka : 12.00 — 23.00 (Senin – Kamis), 12.00 —24.00 (Jumat – Sabtu), 12.00 — 22.30pm (Minggu)
Harga: ££

3. Knightsbridge

Bagi kamu yang mencari tempat ekslusif untuk berbelanja merek-merek mewah, Knightsbridge adalah pilihan yang tepat! Tempat ini biasanya sangat ramai oleh turis, jadi pastikan untuk datang lebih awal ke sana.

Alamat: Sloane St SW1
Transportasi: Piccadilly line, di antara South Kensington dan Hyde Park Corner

Toko yang wajib dikunjungi:
Harrods


Kredit: @parveenhasan on Instagram

Terkenal dengan interiornya yang mewah, Harrods adalah rumah untuk brand-brand mewah yang pelafalannya sulit dan bisa bikin lidah kamu keseleo! Gunakan waktumu untuk mengunjungi setiap lantainya. Bagian mainannya luar biasa, bukan hanya untuk anak kecil tapi juga buat kamu yang berjiwa muda!


Kredit: @nshrivastava87 on Instagram

Alamat: 87-135 Brompton Rd, London SW1X 7XL
Transportasi : 2 menit berjalan kaki dari stasiun Knightsbridge (stasiun Piccadilly)
Jam Buka: 10.00 — 21.00 (Senin – Sabtu), 11.30 — 18.00 (Minggu)
Harga: ££££

Duke of York Square

Berlokasi di sebelah Saatchi Gallery, Duke of York Square mengusung brand-brand high-end. Kamu bisa menemukan brand seperti Zara, All Saints, dan Whistles di sini.


Kredit: @luladaisy on Instagram

Alamat: 80 Duke of York Square, London SW3 4LY
Transportasi: Lokasinya 14 menit dari Harrods dengan berjalan kaki. Stasiun terdekatnya adalah Sloan Square (District dan Circle line)
Jam Buka: 10.00 — 19.00 (Senin – Rabu, Jumat), 10.00 — 20.00 (Kamis), 10.00 — 18.00 (Sabtu), 12.00 — 18.00 (Minggu)
Harga: ££ – £££

Tempat makan ramah-muslim:

Knightsbridge adalah salah satu tempat di London yang paling banyak dikunjungi oleh muslim dari seluruh dunia, jadi restoran, terutama yang bercita rasa Timur-Tengah sangat banyak di sini! Harga restoran di sini agak lebih mahal, dikarenakan letaknya yang berada di daerah yang cukup mewah. Tapi, jangan khawatir, kami sudah menemukan beberapa restoran yang harganya cukup terjangkau.

Al Arez 2

Restoran ini menyediakan makanan Libanon dengan porsi yang sangat besar. Kami sarankan untuk memesan mixed shawarma karena rasanya yang enak, plus supnya dilengkapi dengan roti pita yang renyah! Sebaiknya, kamu gak ke sana ketika jam makan siang, karena restorannya akan ramai oleh para pegawai Harrods. Eh, tapi kalau kamu mau coba berkenalan dengan para pegawai itu, siapa tahu kamu bisa dapat diskon. *Bercanda, jangan ditiru ya 😜


Kredit: @hi_imhungry on Instagram

Status Halal: daging halal meat tersedia
Alamat: 128, Brompton Rd, London SW3 1JD
Jam Buka: Setiap hari, pukul 10.00 — 23.30
Harga : ££

Maroush

Maroush terkenal dengan jam bukanya yang panjang dan para penghisap sisha. Di sini, kamu bisa mendapatkan makanan Lebanon setelah lelah berbelanja seharian. Plus, kamu juga bisa merasakan kehidupan malam London, walaupun tanpa “pestanya” 😉


Kredit: @lindydowling on Instagram

Status Halal: daging halal tersedia
Jam Buka: 12.00 — 03.00 (Senin – Rabu), 12.00 — 04.30 (Kamis – Sabtu)
Harga: ££

Harrod’s Food Hall (Lantai Dasar)

Mulai dari buah eksotis (baca: durian) sampai air putih botol yang dihargai £30, food hall-nya Harrods adalah tempat menggoda untuk mencoba apa yang biasa dimakan orang kaya. Kami sarankan kamu untuk membeli cokelat-cokelat yang penuh dosa itu. 😉


Kredit: David Wright on Facebook

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 — 21.00
Status Halal: daging halal tersedia
Harga: ££

4. Covent Garden

Ini tempat yang wajib kamu kunjungi. Lokasinya dekat dengan Chinatown dan Trafalgar Square. Di sini, kamu bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Alamat: Covent Garden, London WC2E 9DD, England

Toko yang wajib dikunjungi:
Jubilee Market

Bagi penyuka vintage dan barang antik, kamu bisa melihat-lihat cinderamata karya seniman di sini. Harganya agak sedikit mahal, jadi pastikan kamu sudah berkeliling dulu sebelum membeli! Di sini terdapat banyak penjual t-shirt khas untuk oleh-oleh. Kamu bisa sedikit tawar-menawar dengan para penjual tersebut tapi jangan terlalu berharap ya 😅

jubilee
Kredit: Jubilee Market on Facebook

Alamat: 1 Tavistock St, London WC2E 8BD
Jam buka: 05.00 — 17.00 (Senin), 10.30 — 19.00 (Selasa — Jumat), 10.00 — 18.00 (Sabtu & Minggu)
Harga: ££

Kiko Milano

Bagi para pecinta make-up, kunjungi Kiko Milano, salah satu gerai kecantikan yang berada di Covent Garden. Toko ini wajib kamu kunjungi karena harga produk-produknya ramah di kantong. Luasnya dua lantai, jadi kalau sedang ramai, kamu bisa ke lantai bawah untuk menghindari keramaian.


Kredit: @wonderland__beauty__ on Instagram

Alamat: 22-23 James Street WC2E 8NS
Jam buka: 10.00 — 08.00 (Senin – Sabtu), 12.00 – 18.00 (Minggu)
Harga: ££

Stanfords

Toko buku ini pasti jadi favoritnya para traveller! Stanfords menjual segala macam yang berhubungan dengan traveling, mulai dari buku hingga peta. Interiornya yang seperti zaman dulu bisa jadi latar yang pas untuk foto Instagram kamu. Dapatkan kertas kado dengan desain peta yang alih-alih bisa kamu jadikan poster untuk background (seperti yang kami lakukan!).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Kredit: Thierry Gregorius on Flickr

Alamat: 12-14 Long Acre Convent Garden WC2E 9LP
Jam buka: 09.00 — 20.00 (Senin – Sabtu), 11.30 — 18.00 (Minggu)
Harga: ££

Tempat makan ramah-muslim:

Rasa Sayang

Restoran ini menyediakan perpaduan menu antara Singapura dan Malaysia.  Pemiliknya adalah seorang muslim, yang pastinya membuat Rasa Sayang seperti jarum dalam tumpukan jerami di Chinatown ini. Bagi kamu yang kangen dengan masakan tradisional Melayu, kami sarankan untuk memesan ikan asam pedas dengan nasi putih. Sebagai penutup, kamu bisa memesan es teh tarik atau pun teh tarik panas 😊


Kredit: @missusredz on Instagram

Status Halal: pemilik muslim
Alamat: 5 Macclesfield St, London W1D 6AY
Transportasi: 8 menit berjalan kaki dari Convent Garden. Stasiun terdekat adalah Leicester Square (Northern dan Piccadilly line).
Jam buka: pukul 12.00 — 23.00 (Senin – Kamis), 12.00 — 24.00 (Jumat – Sabtu), 11.30 — 21.30 (Minggu)
Harga: ££

Steak & Co

Ngidam makan steak setelah berbelanja? Steak & Co adalah pilihan yang tepat! Mereka menyediakan menu halal, jadi kamu bisa memesan sirloin atau tenderloin steak yang juicy dan pastinya lumer di lidah.


Kredit: @_jungmini_ on Instagram

Buat kamu yang gak menyukai daging sapi, cobalah steak ayam yang dimasak ala Mediteranian!

Status halal: Menu halal tersedia. Peralatan masak, termasuk oven dan panggangan untuk menu halal dan non-halal dibedakan. Alkohol tersedia.
Alamat: 3-5 Charing Cross Rd, London WC2H 0HA, UK
Jam buka: 11.00 – 12.00 (Senin – Kamis), 10.00 – 24.00 (Jumat – Sabtu)

5. Brick Lane

Pusatnya para hipster dan latar wajib dari semua foto fashion dan seni di London! Kalau kamu pengguna hardcore Instagram, temukan dinding-dinding grafiti Brick Lane yang keren. Selain itu, di sini kamu juga bisa mengunjungi banyak kafe dan berbelanja barang-barang vintage!

Alamat: 5 Brick Ln, London E1 6PU, UK
Transportasi: 5 menit berjalan kaki dari stasiun Liverpool Street (Central, Metropolitan, Hammersmith, dan Circle line)

[P.S. Mau lebih banyak lagi tempat-tempat hipster di London? Kami punya 10 tempat keren yang mungkin gak bisa kamu temukan di panduan mana pun!]

Toko yang wajib dikunjungi:
Rough Trade

Tempatnya para pecinta musik vinyl! Di Rough Trade terdapat kafe tempat kamu sekadar bersantai sambil menikmati musik. Suasananya seperti toko kaset zaman dulu tapi memutar genre musik kekinian. Kamu pasti gak tahan untuk membeli sesuatu di sini. 😉


Kredit: @roughtradeast on Instagram

Alamat: Old Truman Brewery 91, Brick Ln, London E1 6QL, UK
Jam buka: 09.00 – 21.00 (Senin – Kamis), 09.00 – 20.00 (Jumat), 10.00 – 20.00 (Sabtu), 11.00 – 19.00 (Minggu)
Harga: ££

Old Spitalfields Market

Tempat jual-beli seni, fashion, dan makanan — semua jadi satu! Begitu masuk, kamu akan disambut dengan aroma lezat yang berasal dari kios-kios makanan di pasar Old Spitafields. Pastikan membawa uang tunai yang cukup banyak karena kemungkinan besar kamu akan membeli banyak makanan! Pilihan makanannya sangat beragam dan pastinya bisa bikin kamu kalap.

Old Spitalfields Market
Kredit: Craig Nagy on Flickr

Alamat: 16 Horner Square, London E1 6EW, UK
Jam buka: 09.00 – 17.30 (Senin – Jumat), 11.00 – 17.00 (Sabtu), 09.00 – 17.00 (Minggu)
Harga: ££

Dark Sugars

Toko ini terkenal dengan kue cokelat pedasnya yang home-made. Sebelum membeli, pastikan kamu mencicipi dulu. Rasakan sensasi pedas diikuti rasa manis dan pahit dari cokelatnya! Sangat cocok buat kamu yang suka mencoba makanan baru.

Dark Sugar Source- Athira Yusof

Alamat: 141 Brick Ln, E1 6SB
Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 — 22.00
Harga: ££

Tempat makan ramah-muslim:

Poppies Fish and Chips

Sulit melewatkan restoran dengan aroma khas dari kentang di sini. Berbeda dengan kebanyakan restoran yang serupa di UK, Poppies gak menggunakan tepung dengan campuran bir! Ikan tepungnya digoreng sempurna, dan disajikan dengan kacang hijau dan kentang. Ingat ya, di UK, kentang goreng bukan disebut “fries”, tapi “chips”!


Kredit: @karaalau on Instagram

Status halal: Pilihan seafood tersedia. Alkohol tersedia
Alamat: 6-8 Hanbury St, E1 6QR
Jam buka: 11.00 — 23.00 (Senin – Kamis), 11.00 — 23.30 (Jumat – Sabtu), 11.00 — 13.30 (Minggu)
Harga: ££

The Boiler House Food Hall

Setiap akhir pekan, Old Truman Brewery akan dipenuhi oleh turis dari seluruh dunia. Kalau ingin menghindari keramaian saat makan siang di sana, sebaiknya kamu datang lebih awal karena mulai jam makan siang, tempatnya sangat penuh. Pujasera ini menyediakan beragam jenis makanan, termasuk makanan halal dari Asia hingga Mediterania! Para penjualnya berganti dari waktu-waktu, tapi masih cukup mudah untuk mencari makanan halal di sini.

brick-lane-market
Kredit: eGuide Travel on Flickr

Alamat: Old Truman Brewery 152 Brick Lane, E1 6RU
Status halal: daging halal tersedia
Jam buka: 11.00 — 18.00 (Sabtu), 10.00 — 17.00 (Minggu)
Harga: £

London sedang terkenal dengan tempat belanjanya yang beragam dan tempat-tempat makan yang ramah-muslim masih menunggu untuk ditemukan! Kami hampir sampai di akhir artikel ini. Jadi, kalau kamu tahu tempat tersembunyi lain yang ada di London, silakan tinggalkan komentar di bawah ya! 😊

 

 

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!