icon
icon
article hero

5 Sunah Sederhana yang Bisa Kamu Amalkan di Hari Jumat

AvatarName

Vina Noviana  •  May 05, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili Mariah. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Situasi Virus Corona (COVID-19) telah mengakibatkan perubahan besar terhadap masyarakat di seluruh dunia. Mereka yang berdiam di rumah, baik itu karena pembatasan sosial maupun isolasi diri, bergantung kepada belanja online untuk kebutuhan sehari-hari, restoran yang menyediakan layanan pesan antar dan pilihan bawa pulang.
Kredit: Giphy Pandemi ini juga menyebabkan penutupan sementara masjid di berbagai negara, yang berarti aktivitas seperti salat berjamaah dan salat Jumat dihentikan sementara. Sementara kita terus berdoa dan berharap bahwa situasi akan segera membaik, umat Muslim masih bisa melakukan beberapa sunah yang disarankan dilakukan pada setiap hari Jumat. 😊😊 Catatan: Kamu bisa merujuk kepada fatwa yang dikeluarkan oleh otoritas keagamaan Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Atau lihat panduan dari otoritas keagamaan lokal di negara asalmu.
1. Mandi wajib (ghusl)
Walaupun salat Jumat berjamaah untuk sementara dihentikan, tetap menjaga kebersihan diri selalu hal yang baik terutama pada hari Jumat. Abu Sa'id al-Khudri meriwayatkan:
 Aku bersaksi bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah dewasa, juga membersihkan gigi dengan Siwak dan menggunakan parfum, jika ada.” [HR. Bukhari]
Selain itu, menjaga kebersihan mulut juga dapat dilakukan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi non-alkohol atau siwak. Catatan: Tetap menjaga kebersihan merupakan salah satu dari 8 cara meningkatkan sistem imunmu selama wabah virus corona.
2. Memotong kuku
Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa “Ada lima macam fitrah (sifat asal/insting): 1) sunat, 2) mencukur bulu kemaluan, 3) mencukur kumis, 4) memotong kuku, dan 5) mencabut bulu ketiak.
3. Berdoa sebanyak mungkin (pada waktu antara Ashar dan Maghrib)
Walaupun kamu tidak pergi shalat Jumat seperti biasanya, kamu masih berkesempatan untuk banyak berdoa. Selain hal ini merupakan sunah, berdoa juga dapat membantumu menjaga kegiatan hari Jumat sebaik mungkin. Mengenai waktu terbaik untuk berdoa pada hari Jumat, Ibnu Qayyim Al Jauziah mengatakan bahwa waktu tersebut ditemukan pada setelah shalat Ashar dan sampai azan Maghrib (penghujung hari):
“Hari Jumat memiliki 12 jam (atau sebagian darinya). Ada satu jam di mana jika seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah, Allah akan mengabulkan permintaannya, jadi temukanlah di penghujung hari setelah Ashar.” [HR. Abu Dawud & An-Nasai]
4. Membaca Surat Al-Kahfi
Rasulullah SAW bersabda: 
“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (Diriwayatkan oleh Al-Hakim, dianggap sahih oleh Al-Albani)
P.S.  Mendekatkan diri kepada Allah selama masa ini dengan 10 cara mudah ini .
5. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak-banyaknya
Diriwayatkan oleh Aws bin Aws bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Sebaik-baiknya hari adalah hari Jumat. Pada hari tersebut, Nabi Adam AS diciptakan; dicabut nyawanya; sangkakala ditiupkan, dan semua makhluk hidup akan musnah. Jadi, perbanyaklah shalawat kepadaku, agar shalawat tersebut sampai kepadaku.” Kami berkata,“Ya Rasulullah, bagaimana selawat kami bisa sampai kepada engkau di saat engkau sudah tiada?” Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan Bumi menghancurkan tubuh para Nabi.” [Diriwayatkan oleh Abu Dawud, 1407; dianggap sahih oleh Ibnu Qayyim Al Jauziah]
Semoga Allah SWT melindungi kita dan orang-orang tersayang dari penyakit berbahaya, dan mari berdoa agar situasi membaik, InsyaAllah. Sementara ini, hati-hati dan saling jaga agar semua tetap aman, ya. 🤗