Read our original article in English here.

Musim semi telah tiba, artinya Jepang sudah diselimuti warna pink mekarnya bunga cherry. Di saat melemahnya nilai tukar Yen akhir-akhir ini, saat yang tepat mengunjungi negara Jepang. Ayo segera ambil paspor dan tas Anda. Kita sudah menemukan hidangan khas Jepang yang sudah bersertifikasi halal. Peringatan – Jangan membaca artikel ini ketika anda sedang lapar 😉

Kredit: Giphy

1. Gyumon – Shibuya (Bersertifikasi halal)

halal japan tokyo yakiniku gyumon beefhalal japan tokyo yakiniku gyumon beef cookedTerletak di jalan sibuk Shibuya, Gyumon merupakan restoran kecil yang memiliki yakiniku halal dengan rasa yang khas. Restoran ini merupakan tempat yang paling cocok untuk makan malam santai setelah menikmati belanja di Shibuya.

halal japan tokyo yakiniku gyumon beef slicesCara pemesanannya relatif mudah, hanya dengan memilih potongan daging yang Anda inginkan, mereka akan mengolahnya dengan segera. Daging sapi mentah diasinkan sekilas dengan garam dan merica sehingga Anda dapat menikmati kelembutan rasa irisan daging. Anda juga dapat menikmati cara membakar daging menggunakan kompor batu bara.

Kami tentunya sangat yakin Ana akan sangat menikmati kesempurnaan rasa tenderloin ini!

halal japan tokyo yakiniku gyumon cow illustrationhalal japan tokyo yakiniku gyumon mainTip #HHWT: Lakukan reservasi terlebih dahulu dengan menelepon di +81 3-5469-2911 untuk menghindari antrian, karena restoran ini sangat kecil.

Alamat: 3-24-5 Shibuya, Tokyo 150-0002, Jepang
Petunjuk: Dari Stasiun Shibuya, keluar melalui south exit, dan melintasi jembatan. Gyumon sekitar 10 menit berjalan kaki
Jam Buka: 5 sore hingga 10 malam
Harga : S$30 – 50 (untuk satu porsi daging sapi, mulai dari ¥800, belum termasuk pajak 8%)

 

2. Hanasakiji-san – Shibuya (Bersertifikasi halal)

hanasakiji-san halal shabu shabu japan tokyo soup

hanasakiji-san halal shabu shabu japan tokyo meatKredit: gori.me

Setelah puas menikmati belanja dan cuci mata di Shibuya, saatnya perut Anda dimanjakan dengan mencoba Shabu Shabu halal di Hanasakiji-san. Shabu Sahabu dapat membuat mulut dan perut Anda segar kembali. Yang lebih penting, Hanasakiji-san menggunakan daging sapi Wagyu yang sangat khas dari Perfektur Miyazaki 😋

Alamat: Gedung Sakura B1F 3-22 Sakuragaoka Shibuya Tokyo 150-0031 Jepang
Petunjuk: 5 menit berjalan kaki dari pintu keluar selatan Stasiun Shibuya
Jam Buka:
Makan siang: Senin – Jumat 10.30 – 15.00
Makan malam: Senin – Sabtu 17.00 – 24.00
Harga: S$45 – 200 (paket Shabu Shabu halal mulai dari ¥4.000)

 

3. Kappou Yama – Saitama (Bersertifikasi halal)

halal sukiyaki tempura kappou yama saitamaKredit: Kappou Yama

Jika Anda berfikir Anda tidak akan pernah mencicipi rasa ramen asli dari Jepang, kami akan membuktikan bahwa selama ini Anda salah besar. Dimanjakan dengan berbagai pilihan Kappou Yama di Saitama, mereka akan menyajikan aneka ragam makanan halal lokal termasuk ramen, sukiyaki dan sajian lain yang biasa dinikmati orang Jepang.

halal shio ramen kappou yama saitamaKredit: Kappou Yama Facebook

Jika Anda berada di Tokyo dalam waktu yang agak lama, mereka kadang-kadang juga menyediakan bento halal dan pesta makanan orang Jepang, seperti ketika pesta Oden dan Takoyaki.

Sebelum Anda mengunjungi tempat ini, diperlukan membuat reservasi (minimal 1 hari sebelumnya) melalui telepon 048-854-1170 atau melalui email info@kapou-yama.jp

Alamat: 3-15-1 Uemine, Chuo-ku, Saitama-shi, Saitama
Petunjuk: 11 menit berjalan kaki dari Stasiun Yono-hon-machi (JR Line Saikyo(West Exit))
Jam Buka: 19.00 -21.00 (ditutup di hari Senin)
Harga: Mulai dari S$23 (¥2.000)

 

4. Takaraya – Chiba (Muslim-Friendly *)

halal japan tokyo takaraya traditional japanese food bentoKredit: Hungry in Singapore

halal japan tokyo takaraya traditional japanese foodKredit: Takaraya Facebook

Jika Anda sedang berada di Chiba (atau Disneyland Tokyo), singgahlah di Takaraya untuk menikmati masakan tradisional Jepang. Restoran ini telah berdiri sejak 1897 dan melayani hidangan tradisional Jepang dengan bahan bersertifikat halal. Anda juga bisa menemukan ruangan sholat pribadi di restoran ini.

halal japan tokyo takaraya traditional japanese food riceKredit: Hungry in Singapore

Kami merekomendasikan Anda untuk mencicipi makanan khas mereka, Asari (あさり膳) yang termasuk sup asari, nasi, kerang asari, sashimi dan tempura.

halal japan tokyo takaraya traditional japanese food asariKredit: Takaraya Facebook

Alamat: 2-3-4, Chuo, Kisarazu-city, Chiba
Petunjuk: 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Kisazaru
Jam Buka:
Makan siang: Senin – Sabtu: 11.30 – 14.00 | Minggu, hari besar: 17.00 – 22.00 (order terakhir jam 20.45)
Makan malam: : Senin – Sabtu: 11.30 – 14.30 | Minggu, hari besar: 17.00 – 22.00 (order terakhir jam 20.05)
*Restoran ini ditutup setiap Rabu minggu pertama dan ketiga tiap bulannya.
Harga:
Makan siang: S$23 – 35 (¥2.000 – 3.000)
Makan malam: S$45 – 80 (¥4.000 – 7.000)

 

5. Minokichi – Ikebukuro (Muslim-Friendly*)

halal japan tokyo minokichi ikebukuro kyoto kaiseki bentoKyoto Kaiseki di pusat kota Tokyo? Yap, benar! Kaiseki merupakan makanan dengan aneka sajian tradisional Jepang, dibuat dengan menggunakan teknik dan keahlian yang khusus dan disajikan dengan sangat apik untuk menambah cita rasa dan tampilan makanan. Terima kasih untuk Minokichi, saat ini Anda dapat merasakan masakan ini di Ikebukuro. Tidak hanya tampilan makanannya yang sempurna, namun semua bumbu yang digunakan juga dijamin kesegarannya.

Minokichi telah disertifikasi sebagai salah satu restoran muslim friendly oleh Dewan Kyoto Bidang Syariah dan Urusan Sertifikasi Halal. Untuk reservasi masakan halal ini harus diberitahukan 5 hari sebelum kedatangan.

Alamat: Spice Ikebukuro Tobu 15F, 1-1-25, Nishiikebukuro, Toshima-ku, Tokyo
Petunjuk: 6 menit berjalan kaki dari setelah keluar west exit dari Stasiun Ikebukuro (JR, subway atau Line Tobu Tojo). Restoran ini berada di Tobu Department Store.
Jam  Buka:
Senin – Sabtu: 11.00 – 23.00
Minggu dan hari besar : 17.00 – 22.00
*Restoran ini ditutup pada Tahun Baru dan minggu ketiga Februari dan Agustus.
Harga:
Makan siang S$25 (¥2.160)
Makan malam S$86 (¥7,560)

Tip #HHWT: Perhatikan huruf kanji 豚肉 pada daftar menu yang berarti babi.

*Restoran Muslim Friendly

Walaupun restoran ini tidak bersertifikasi halal, namun mereka memiliki sertifikat Muslim friendly atau menu halal yang dibuat beradasarkan pertimbangan kebiasaan umat muslim. Bagaimanapun, restoran ini memiliki tingkatan pemahaman yang berbeda, jadi harap dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum memesan makanan.

Kami berharap artikel ini sangat berguna bagi Anda yang akan mengunjungi Tokyo dan silahkan beri tahu kami jika Anda memiliki tempat makanan halal lainnya yang Anda pikir layak untuk dikunjungi dan dicoba. Jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini ke keluarga dan teman Anda 😄

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!