icon
icon
article hero

5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Berpuasa

AvatarName

Sastri  •  Apr 02, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Bulan Suci sebentar lagi datang. Meski berpuasa, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas termasuk yang membutuhkan kalori seperti olahraga. Beberapa jenis olahraga cocok dilakukan saat berpuasa, dan bisa membantumu agar tetap sehat serta bugar! Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 7 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Daftar sebelum 6 April 2021 (22.59 WIB) dan 150 orang pertama dari Dingapura, Malaysia, dan Indonesia akan mendapatkan voucher GrabFood!
1. Jalan santai
Mengutip situs Halodoc, jalan santai bisa memperkuat otot jantung dan tulang tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak keringat. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini adalah sore hari, menjelang waktu berbuka puasa.
2. Bersepeda
Sama halnya dengan jalan santai, bersepeda juga memiliki intensitas rendah namun efektif untuk mengencangkan otot dan menyehatkn jantung. Bersepeda juga bisa menjaga tubuhmu agar tidak mudah lemas, karena oksigen yang masuk juga lebih banyak.
3. Yoga
Yoga termasuk dalam olahraga ringan karena tidak terlalu banyak menguras energi. Meski begitu, yoga sangat efektif untuk membentuk serta menguatkanotot serta memperbaiki bentuk tubuh. Saat berpuasa, yoga bisa dilakukan saat pagi hari dan sore hari.
4. Jogging
Jika kamu tidak merasa lemas saat berpuasa, cobalah jogging dengan intensitas yang tidak terlalu cepat. Jogging merupakan olahraga kardio yang akan memperkuat jantungmu serta melancarkan peredaran darah. Jangan lupa berhenti beberapa saat untuk beristirahat, agar kamu tidak dehidrasi.
5. Berenang
Sebelum berbuka puasa, kamu juga bisa berenang untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar sekitar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun, kamu harus berhati-hati agar air tidak masuk ke dalam mulut! P.S. Menjelang bulan Ramadhan, beberapa informasi ini juga akan membantumu :)