icon
icon

5 Destinasi Wisata Unggulan di Lampung, Cocok untuk Road Trip Bulan Ramadhan!

AvatarName

Sastri  •  Apr 14, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Jika punya waktu untuk travelling di bulan Ramadhan kali ini, tak ada salahnya kamu mengunjungi destinasi yang anti-mainstream. Provinsi Lampung yang terletak di selatan Pulau Sumatera misalnya, bisa disambangi dengan road trip kemudian naik kapal laut dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Dijamin menyenangkan! Memangnya ada apa saja di Lampung? Provinsi ini punya banyak suguhan wisata, mulai dari alam hingga budaya dan kuliner. Berikut kami rangkum 5 destinasi wisata unggulan di Lampung yang bisa kamu sambangi bersama teman atau keluarga. Bergabunglah Bersama Hello Ramadan! Diselenggarakan mulai tanggal 12 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw!
1. Gunung Anak Krakatau dan Pulau Sebesi
Nama Gunung Krakatau tentu sudah tak asing lagi di telingamu. Saat ini, terdapat Gunung Anak Krakatau yang masih aktif dan mengeluarkan abu vulkanik. Kamu bisa trekking ke atas gunung ini, namun siap-siap sunscreen dan topi karena tidak ada pohon sama sekali! Sementara itu, Pulau Sebesi memiliki jarak tempuh sekitar 17 kilometer atau satu jam perjalanan dari Gunung Anak Krakatau. Di sini, kamu juga bisa snorkeling sampai melihat air terjun!
2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Di TN ini terdapat pantai, hutan hujan tropis, serta populasi flora dan fauna antara lain Badak Sumatera, Gajah Sumatera, dan Harimau Sumatera. Di sini, kamu juga bisa melihat Rafflesia Arnoldii dan kantong semar raksasa jka tengah mekar!
3. Teluk Kiluan
Kiluan identik dengan lumba-lumba. Betapa tidak, di sini, wisatawan bisa melihat populasi lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Kamu juga bisa menyambangi Pulau Kelapa serta Laguna Gayau yang sangat indah.
4. Taman Nasional Way Kambas
Kalau kamu adalah pecinta satwa, wajib rasanya menyambangi Taman Nasional Way Kambas. TN ini merupakan habitat dari Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, serta Buaya Sepit. Kamu juga bisa melihat Burung Pependang Timut, Sempidan Biru, dan banyak jenis burung lainnya! TN ini berlokasi di Kabupaten Lampung Timur. Kamu bisa memesan paket langsung ke penangkaran gajah di Way Kambas.
5. Bandar Lampung
dok. Setyaki Irham/ UnsplashApalah artinya kunjungan ke Provinsi Lampung tanpa menyambangi ibu kotanya. Bandar Lampung merupakan kota yang ramai dan multikultural, dengan banyak destinasi wisata dan kuliner. Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi antara lain Museum Lampung,Taman Kupu-kupu, serta Pantai Mutun. Jangan lupa cicipi Bakso Sony yang terkenal kelezatannya, serta sambal tempoyak yang terbuat dari campuran durian! P.S. Jika ingin melakukanroad trip, beberapa informasi ini akan berguna untukmu :)