icon
icon
article hero

Dari Jogja sampai Bali, Ini 5 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

AvatarName

Sastri  •  Apr 12, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Jika ingin menyelami keindahan Indonesia serta mengenal lebih dalam tradisi dan kultur warga lokal, desa wisata adalah tempat yang tepat. Desa wisata biasanya memiliki sertifikasi, serta ragam fasilitas lengkap untuk menunjang agenda wisata di lokasi tersebut. Ada ribuan desa wisata di seluruh Indonesia. Namun, beberapa di antaranya sangat terkenal dan wajib dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Berikut daftarnya! Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 12 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw!
  1. Desa Adat Penglipuran, Bali
Desa Penglipuran berlokasi di kaki Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Desa ini memiliki deretan rumah khas warga Bali, berhadap-hadapan di depan jalan utama. Tak ada kendaraan yang diperbolehkan masuk ke sini, sehingga udaranya sangat bersih dan nyaman. Di bagian atas desa terdapat pura untuk masyarakat lokal beribadah.
2. Desa Nglanggeran, Yogyakarta
Nglanggeran merupakan nama desa di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Desa wisata ini terletak di kaki GunungPurba Nglanggeran, dekat dengan Embung Nglanggeran yang merupakan destinasi wisata populer di wilayah tersebut. Sssst, panorama matahari terbitnya sangat cantik lho!
3. Desa Taman Sari, Banyuwangi
Terletak di kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Banyuwangi, desa ini terdiri dari tiga kampung yang terintegrasi yaitu Kampung Susu, Kampung Penambgan, dan Kampung Bunga. Di sini, kamu bisa merasakan kehidupan ala warga lokal yaitu Suku Osing.
4. Desa Ponggok, Klaten
Pernah mendengar nama Umbul Ponggok? Destinasi wisata populer ini berlokasi di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Adanya beberapa umbul (mata air) menjadikan Desa Ponggok desa yang komplit untuk berwisata, mulai dari alam sampai kuliner.
5. Desa Madobak, Mentawai
Kalau kamu suka bertualang dan bertemu masyarakat suku asli sebuah daerah, Desa Madobak bisa jadi pilihan. Kepulauan Mentawai adalah salah satu destinasi kultural yang populer di kalangan turis, terutama mancanegara. Desa ini dikenal memiliki budaya tato tertua di dunia!