icon
article-hero

5 Cara Hemat Untuk Jalan-Jalan Di Sydney Dan Sekitarnya

avatar-name

Farah Fazanna •  Feb 21, 2023

Apakah kamu punya rencana liburan ke Sydney? Namun, masih khawatir biayanya bakal mahal banget? Apalagi sekarang harga-harga semakin tinggi. 😱 Jangan khawatir, HHWT telah merangkum sejumlah tips berguna supaya bujet liburan kamu untuk mengunjungi Sydney dan sekitarnya bisa digunakan maksimal!

Ikuti HHWT di Telegram untuk update terbaru:https://bit.ly/3LnFN1F.

1.Tempat terbaik di Sydney cukup terjangkau

Ada begitu banyak tempat wisata di Sydney. Lebih baik lagi, tempat-tempat menarik yang berada di kotanya pun bisa kamu nikmati tanpa merogoh kocek terlalu dalam karena berada di alam terbuka. Pantai-pantai dan taman nasional di Sydney bisa kamu jangkau dengan mudah. Pusat kotanya pun memiliki sejumlah obyek wisata populer, misalnya kembang api di Darling Harbour hingga berbagai museum dan galeri yang bisa kamu kunjungi, apapun cuacanya! Kamu juga bisa menjelajahi Ground of Alexandria, area paling populer dan Instagrammable di kota ini dimana kamu bisa menemukan berbagai kedai kopi, tempat belanja, dan masih banyak lagi.

article-image

Kredit: Destination NSW

Sydney punya sekitar 40 pantai yang bisa diakses gratis. Salah satu pantai yang mudah diakses dengan bus adalah area Eastern Beaches yang membentang ke arah selatan Bondi. Kamu juga bisa mampir ke area Northern Beaches yang berada sedikit lebih jauh dari pusat kota. Kamu harus berenang di antara bendera penanda ketika bermain di pantai ini agar penjaga pantai bisa mengawasi kamu. Kalau kamu belum percaya diri berenang di laut lepas atau pergi bersama anak-anak, kamu bisa mampir ke pantai Sydney yang dekat dengan dermaga seperti Watsons Bay dan Shark Beach karena perairannya lebih tenang.

article-image

Royal Botanic Garden. Kredit: Destination NSW

Selagi masih di dekat sini, jangan lupa mampir ke Royal Botanic Garden Sydney dimana kamu bisa menikmati pemandangan dermaga dan melihat berbagai flora dari seluruh dunia! Pssst.. Spot terbaik untuk berfoto di sini adalah di Mrs Macquaries Point. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge sekaligus!

article-image

Kredit: @rbgsydney di Instagram

Jangan lupa mampir ke Calyx yang berada di dalam taman ini. Di dalamnya ada taman vertikal terbesar di belahan bumi selatan, cafe, tempat belanja, sampai pameran temporer yang menarik (ada yang gratis juga!).

article-image

Kredit: @sydneyoperahouse di Instagram

Setelahnya, kamu bisa mampir ke Sydney Opera House yang bisa dijangkau hanya dengan lima menit berjalan kaki. Gedung ini merupakan salah satu ikon bersejarah di Sydney dan baru saja direnovasi. Pembangunannya pun telah melalui berbagai ujian teknik, desain, dan konstruksi. Oleh karena itu, pembukaan Opera House pada tahun 1973 telah mengubah citra Australia dan memulai sebuah era baru di bidang kebudayaan.

Jika kamu ingin melihat proses di balik layar produksi pertunjukan di teater ini, kamu bisa mengikuti backstage tour berdurasi 2,5 jam yang tersedia setiap hari jam 7.00 pagi. Di tur ini, pemandu akan mengajak kamu melihat tempat gladiresik dan bagian dalam dari teater ini.

article-image

Kredit: @mca_australia di Instagram

Jika kamu pecinta seni atau sekadar ingin mencari tempat wisata indoor, kamu bisa datang ke sejumlah museum dan galeri gratis yang ada di kota. Kamu bisa belajar tentang sejarah Aborigin di Rocks Discovery Museum atau melihat karya seniman Australia di Museum of Contemporary Art. Beberapa museum dan galeri ini bahkan punya tur gratis dengan pemandu!

Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Art Gallery of NSW. Tiket masuk ke pameran utamanya berbayar, namun kamu bisa menikmati pameran temporernya GRATIS. Ada banyak yang bisa kamu lihat di sini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya supaya liburan kamu lebih hemat!

article-image

Kredit: Paddington Markets. Kredit: Destination NSW

Satu destinasi wisata di Australia yang tak boleh kamu lewatkan tentu saja adalah pasarnya. Jika kamu mencari barang-barang vintage, kamu wajib datang ke Paddington Markets. Ada lebih dari 150 booth yang bisa kamu kunjungi. Beberapa pasar lain yang juga populer adalah Carriage Farmers Market dan Cambridge Markets EQ yang menjajakan berbagai hasil bumi segar yang ditanam secara berkelanjutan. Kamu bisa sekalian belanja bahan makanan di sini! 🤩

#HHWT Tip: Catatan: pasar ini biasanya hadir pada akhir pekan, jadi atur waktu dengan baik supaya itinerary kamu tetap terjaga. Misalnya, kalau kamu ingin ke area luar kota, sebaiknya kamu lakukan di hari kerja supaya tidak terlalu ramai. Dengan demikian, kamu bisa menikmati New South Wales dengan lebih puas! 😍

article-image

Kredit: @annevbl di Instagram

Jika kamu mencari spot Instagrammable, jangan lupa tambahkan Angel Place ke dalam daftar. Sudut jalanan ini berada di tengah pusat bisnis dan dipercantik oleh instalasi seni berupa sangkar burung yang menggantung. Lokasinya cukup tersembunyi, yakni di dekat George dan Pitt Street. Setelah puas berfoto di sini, kamu bisa jalan-jalan atau makan di area ini karena ada banyak pilihan makanan halal, misalnya Neptune Palace Restaurant (makanan China-Malaysia) dan masih banyak lagi!

2. Manfaatkan kartu Opal kamu

Nyaman dan terjangkau, itulah dua kata yang paling disukai wisatawan kemanapun mereka pergi, dan kartu Opal punya keduanya. Kartu Opal adalah kartu tiket transportasi publik yang bisa kamu isi ulang dan digunakan untuk naik semua sistem transportasi publik (kereta, bus, kapal feri, dan kereta light rail) di Sydney dan sekitarnya, termasuk Blue Mountains, Central Coast, Hunter Valley, dan Illawarra. Cocok banget untuk kamu yang mau jalan-jalan ke luar area Sydney!

article-image

Kredit: @jaden_n_sienna for Instagram

Kartunya gratis, namun ada minimal saldo isi ulang sebesar $10 untuk dewasa dan $5 untuk anak-anak (di bawah usia 4 tahun gratis!). Kamu bisa membeli kartu Opal secara online atau di minimarket dan supermarket (lebih dari 2.000 titik penjualan di Sydney!).

Kamu bisa menggunakan Opal Travel App untuk mengecek saldonya. Sementara untuk mengisi ulang saldonya, kamu bisa datang ke mesin isi ulang di berbagai stasiun atau dermaga yang berada dalam jaringan kartu Opal. Jangan khawatir, sisa saldo di kartu kamu akan muncul setiap kali kamu memindai kartu tersebut saat keluar gerbang.

#HHWT Tip: Perlu dicatat bahwa beberapa retailer kecil mengenakan biaya kartu kredit untuk pengisian di bawah $10-$20. Kamu bisa mengisi ulang saldo di atas jumlah tersebut agar tidak terkena biaya tambahan.

article-image

Central Station. Kredit: @stblitzen di Instagram

Masih ada keuntungan lainnya. Dengan Daily Travel Cap, kamu hanya akan dikenakan biaya $16.80 per harinya untuk naik kereta, bus, kapal feri, dan kereta light rail. Untuk anak-anak, biaya per harinya tak lebih dari $8.50. 😱 Tips hemat lainnya: jika kamu bepergian seharian pada akhir pekan atau hari libur nasional. Kamu hanya akan dikenakan biaya $8.40 untuk dewasa dan $4.20 untuk anak-anak! Lumayan ‘kan, diskonnya? 😉

Selain itu, tarif Opal juga dibatasi setiap pekan (Senin-Minggu) sebesar $60 untuk dewasa dan $30 untuk anak-anak. Setelah membayar delapan perjalanan dengan kartu ini, kamu bisa bepergian GRATIS di sisa pekan tersebut. Kamu juga bisa menikmati diskon 30% jika bepergian di luar jam sibuk. Diskon ini juga berlaku untuk metro, kereta, dan bus yang tersedia setiap hari. Anak-anak di bawah usia 4 tahun juga bisa bepergian GRATIS! 😄

article-image

Kredit: @solotravellinggirls di Instagram

Kamu juga bisa melakukan pengembalian saldo ketika liburan kamu di Sydney telah berakhir. Cukup isi formulir dan kembalikan kartu Opal kamu di Transport for NSW. Disimpan juga boleh! Siapa tahu kamu akan kembali ke Sydney untuk menikmati berbagai hal baru. 😉 Kamu bisa mengunjungi situs Opal Card untuk melihat informasi lengkap tentang kartu Opal!

3. Menggunakan transportasi publik untuk berkeliling Sydney dan sekitarnya

article-image

Kredit: @transportfornsw for Instagram

Kartu Opal sudah di tangan, sekarang kamu tinggal menikmati sistem transportasi publik Sydney yang komprehensif!

Kamu bisa menuju berbagai lokasi populer dengan transportasi umum di sini. Contohnya, kamu bisa berbelanja di Queen Victoria Building (QVB) Shopping Centre dan Darling Harbour dengan mudah karena kamu bisa turun di stasiun kereta Town Hall yang berada tak jauh dari sana. 😉 Dari stasiun Town Hall, kamu bisa berpindah ke jalur T4 dan naik kereta selama 11 menit menuju Bondi Beach untuk berfoto di kolam samudera yang Instagrammable. 😉

Kamu juga bisa ke Sydney Opera House dengan mudah, cukup naik kereta ke stasiun Circular Quay!

article-image

Kredit: @sydneyfishmarket for Instagram

Sudah mulai lapar? Ambil jalur L1 naik kereta light rail yang melewati Sydney Fish Market untuk menikmati aneka seafood.😋

Kamu pun bisa melihat dunia malam Sydney tanpa khawatir kehabisan kereta karena jadwalnya dimulai sejak pukul 5.00 pagi hingga tengah malam! Menonton kembang api di malam tahun baru pun tetap bebas khawatir karena ada NightRide Bus yang beroperasi dari pukul 00.00 hingga 4.30 pagi sebagai pengganti layanan sistem kereta yang tutup. Selain itu, beberapa rute bus bahkan beroperasi selama 24 jam tanpa libur.

article-image

Kredit: @transportfornsw di Instagram

Jangan lupa masukkan perjalanan naik kapal feri ke dalam itinerary kamu! Jika kamu suka melihat pemandangan indah, kamu bisa naik feri F4 dari Circular Quay menuju Darling Harbour yang ebrdurasi 20 menit. Jalurnya melewati kolong Sydney Harbour Bridge, Sydney Opera House, dan kawasan kuliner Balmain.

Kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik di Darling Harbourm termasuk mengunjungi SEA LIFE Sydney Aquarium (kamu bisa bermain dengan kura-kura dan mencoba naik Glass Bottom Boat), Madame Tussauds, WILD LIFE Sydney Zoo, dan masih banyak lagi.

#HHWT Tip: Kamu bisa menikmati diskon hingga 50% dengan paket tiket terusan SEA LIFE Sydney Aquarium dengan Madame Tussauds Sydney, WILD LIFE Sydney Zoo, dan Sydney Tower Eye tickets.

article-image

Kredit: @rashays di Instagram

Pilihan makanan halalnya juga banyak! Ada Lal Qila (makanan Pakistan), Rashays di Harbourside Shopping Centre (makanan barat), dan bahkan Killiney Kopitiam di Darling Quarter.

#HHWT Tip: Banyak mall di Darling Harbour yang lokasinya dekat dengan tempat salat seperti Masjid Sydney CBD dan ICC Sydney.

Masjid Sydney CBD
Alamat: 1/56-60 Erskine St, Sydney NSW 2000
Jam operasional: 12.00-18.00 (hari kerja);tutup di akhir pekan

ICC Sydney
Alamat: 14 Darling Dr, Sydney NSW 2000
Jam operasional: 7.00-19.00 setiap hari

Website

#HHWT Tip: Mencari tempat menginap dekat sini? Cek Crowne Plaza Darling Harbour. Lokasinya hanya 4 menit berjalan kaki dari stasiun kereta Town Hall. Selain itu, hotel ini juga dekat dengan masjid dan makanan halal! Cocok untuk keluarga karena kamarnya luas dan punya connecting room.

article-image

The Three Sisters. Kredit: Unsplash

Jangan ragu untuk menjelajahi alam Sydney, karena kamu tidak perlu menyetir jauh dan membayar parkir. Kereta antarkota NSW TrainLink melayani rute dari dan menuju Sydney dan tersedia setiap satu jam dari Central Station. Durasi perjalanannya sekitar 2 jam untuk tiba di Katoomba Station yang berada di Blue Mountains. Ingat, ongkosnya lebih murah 30% di luar jam sibuk (sebelum pukul 6.30 atau setelah pukul 10.00 di hari kerja). Sementara itu, puncak arus baliknya terjadi di antara pukul 15.00-19.00.

Jika kamu mau datang pada akhir pekan, ongkos pulang-pergi dengan kartu Opal dikenakan sebesar $8.40 per hari. Karena lebih murah dan mudah dijangkau, tentu saja kereta dan lokasi wisata ini lebih ramai di akhir pekan.

4. Menikmati alam Sydney dengan berjalan kaki

Sydney punya banyak jalur trekking dan jalan kaki untuk semua orang, mulai dari trekking setengah hari sampai ekspedisi panjang. Kabar baiknya, banyak juga yang GRATIS!

article-image

Bondi coastal walk. Destination NSW

Salah satu jalur terbaik untuk pemula adalah jalur Bondi menuju Cogee. Durasinya sekitar 2-3 jam dengan jarak sekitar 6 kilometer menyusuri garis pantai dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Salah satu tempat yang tidak terlalu ramai adalah Gordons Bay yang cocok untuk berenang dan snorkeling. Ada pula beberapa kolam laut dan tempat berenang lokal sepanjang jalur ini, misalnya Bronte Pool yang Instagrammable (salah satu pemandangan paling ikonik di Sydney!) dan kolam batuan Congee, Giles Bath. Jangan lupa bawa baju renang, ya!

Selagi masih di sana, kamu juga bisa mampir ke kolam air laut khusus perempuan, McIver’s Ladies Bath!

article-image

Kredit: @judsta for Instagram

#HHWT Tip:Kolam laut Bondi tutup setiap Kamis pagi untuk perawatan dan biasanya dibuka kembali pada pukul 10.00 pagi. Kamu juga harus membayar biaya masuk sebesar $9 untuk dewasa dan $6 untuk anak di bawah 12 tahun untuk berenang di sini. Jika kamu datang bersama keluarga (misalnya 2 dewasa dan 3 anak-anak), kamu bisa membayar $25 saja!

article-image

Kredit: @funkypiesbondicafe di Instagram

Setelah puas bermain air, kamu bisa menikmati berbagai makanan yang tersedia di sini! Tentu saja banyak pilihan makanan halal seperti kebab, barbeque Portugal, dan pie vegan. 😋 Di sepanjang rute ini pun banyak cafe yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa coba kopi spesial Australia, ya!

  • Sabbaba Bondi Beach
    Tipe makanan: Timur Tengah
    Status halal: Menggunakan daging dan bahan-bahan halal
    Alamat: 152-162 Campbell Parade, Bondi Beach NSW 2026
    Jam operasional: Senin-Selasa, Kamis-Jumat, dan Minggu pukul 11.00-22.00, Rabu dan Sabtu pukul 11.00-21.00
    Facebook | Instagram
  • Ogalo City Bondi
    Tipe makanan: Barbeque Portugal
    Status halal: Tersertifikasi halal oleh Australian Federation of Islamic Councils
    Alamat: 2/235 Bondi Rd, Bondi NSW 2026
    Jam operasional: Minggu-Rabu pukul 11.00-19.30, Kamis-Sabtu pukul 11.00-20.00
    Website | Facebook | Instagram
  • Funky Pies
    Status halal: makanan vegan
    Alamat: 2/144-148 Glenayr Ave, Bondi Beach NSW 2026, Australia
    Jam operasional: Senin-Jumat pukul 8.30-20.30, Sabtu dan Minggu pukul 10.00-20.30
    Nomor kontak: +61 451 944 404
    Website | Facebook | Instagram

#HHWT Tip: Kamu juga bisa mampir ke supermarket untuk berbelanja dan memasak sendiri di akomodasi kamu. Daging dan produk halal cukup mudah ditemukan di Australia. Selain lebih hemat, kamu juga bisa memasak menu yang lebih beragam!

article-image

Kredit: @reganmaryt di Instagram

Opsi lain, kamu bisa mengambil jalur yang lebih singkat di dekat pusat kota, tapi dengan pemandangan yang tidak kalah cantik dengan rute Bradley Head ke Chowder Bay. Jalur sepanjang 4 kilometer ini memakan waktu sekitar 2-3 jam. Titik mulainya berada di dekat Taronga Zoo dan mengitari pesisir menuju Chowder Bay. Jalurnya juga cukup rapi dengan papan kayu dan tanah. Jika beruntung, kamu bisa melihat kadal air!

article-image

Kredit: @kaiceapitts for Instagram

Kamu bisa menikmati pemandangan dermaga dan Sydney Opera House, South Head, Rose Bay, Shark Island, dan Bradley Heads di sepanjang perjalanan. Jangan lupa bawa bekal untuk dinikmati sambil ditemani pemandangan kapal-kapal di pantai ketika kamu tiba di Clifton Gardens Reserve.

#HHWT Tip: Kamu juga bisa ikut walking tour gratis! Kamu bisa mempelajari sejarah monumen ikonik dan tips dari warga lokal untuk menikmati Sydney. Jangan ragu untuk memberikan tip kalau kamu puas dengan pemandunya!

article-image

Blue Mountains. Kredit: Destination NSW

Kalau kamu ingin mengajak si kecil, kamu bisa mengambil jalur Fairfax Heritage Walking Track di Blackheath yang memakan waktu 30-45 menit saja. Jalur ini dimulai di National Parks Visitors Centre di dekat Govetts Leap Lookout. Jaraknya sekitar 1,8 kilometer melewati hutan eukaliptus dan menyuguhkan pemandangan Grose Valley yang mengagumkan! Jalur ini juga bisa dilalui kursi roda dan sepeda anak (kamu juga bisa sewa sepeda di Sydney dan membawanya ke sini dengan kereta!).

article-image

Kredit: @deepka.ratra di Instagram

Ingin sesuatu yang lebih menantang? Ambil jalur Grand Canyon Track yang telah memenangkan penghargaan! Jalur sepanjang 6,3 kilometer ini menghubungkan Neates Glen dengan Evans Lookout dengan pemandangan indah Grose Valley! Kamu pun akan melewati terowongan tersembunyi.

Supaya lebih hemat, kamu bisa menyiapkan bekal makan siang atau camilan untuk dimakan di tepi sungai. Durasi trekkingnya sekitar 3-4 jam, jadi siapkan fisik dan bawa air minum, ya!

#HHWT tip: Sebelum memulai petualangan, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi NSW National Park. Semua yang kamu butuhkan ada di sini, mulai dari pilihan jalur trekking, aktivitas seru, peta, dan masih banyak lagi!

5. Kesenangan belum usai, jelajahi area di luar Sydney (dengan aktivitas gratis!)

article-image

Kredit: Destination NSW

Sydney memang seru, tapi jangan sampai kamu melewatkan keseruan di New South Wales! 😍 Ganti pemandangan kota dengan suasana alam dengan menjelajahi Blue Mountains yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kamu bisa melihat formasi batu Three Sisters, Lincoln’ Rock (Wentworth Falls(, boars Head (Katoomba), dan Pulpit Rock (Blacheath) dari Echo Point Lookout yang populer.

#HHWT Tip: Jika kamu pergi dengan anak-anak, kamu bisa naik bus Hop On Hop Off (HOHO) supaya kamu bisa bebas naik turun di mana saja, kapan saja, untuk menjelajahi Blue mountains. Kamu bisa membeli tiketnya di agen wisata lokal atau di Klook.

article-image

Kredit: Destination NSW

Ada dua cara untuk menikmati kemegahan Sydney Harbour Bridge. Pertama adalah dengan berjalan di sekitarnya atau dengan mencoba pengalaman BridgeClimb yang menegangkan! Jalur panjat dimulai dengan menaiki tangga dan elevator yang berada di kedua sisinya. Jalur ini akan mengantarkan kamu ke jalur pejalan kaki yang berada di sisi timur (sisi barat untuk jalur sepeda). Sedikit tips: kamu bisa naik kereta ke Milsons Point lalu berjalan kaki kembali ke arah kota. Dengan demikian, kamu bisa menikmati pemandangan cakrawala dan dermaga yang indah! Opsi lain, kamu bisa menyusuri jalur pejalan kaki di jembatan ini dari sisi Sydney Harbour dan menyeberanginya sambil menikmati pemandangan.

article-image

Kredit: @bluemountainsbg di Instagram

Keseruan belum usai! Untuk kamu pecinta alam, kamu bisa langsung menuju Blue Mountains Botanic Garden. Inilah satu-satunya kebun raya yang berada di dalam area Situs Warisan Dunia. Berjalanlah di antara flora dan faunanya sambil menghirup udara segar, sesuatu yang tidak bisa kamu dapatkan di tengah kota! Semua ini bisa kamu nikmati GRATIS.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada musim semi dan musim gugur (Oktober-April). Jika kamu mau ke sini di musim dingin (Mei-Juli), bersiaplah menghadapi suhu yang rendah, bahkan kamu bisa melihat salju!😉

Jika kamu masih haus petualangan, langsung saja menuju ibukota lumba-lumbanya Australia, Port Stephens (2,5 jam berkendara dari Sydney). Kamu bisa bertemu dengan lebih dari 90 lumba-lumba hidung botol. Cara paling mudah untuk bertemu dengan para lumba-lumba ini adalah dengan mengikuti tur berlayar. Namun, kamu juga bisa menikmati pengalaman ini gratis karena mereka sering berenang di dekat garis pantai. 🥰 Coba juga berbagai pengalaman unik di sini yang tidak bisa kamu dapatkan di kota, seperti snorkeling bersama para hiu di Irukandji Shark & Ray Encounters atau main sand boarding di Stockton Sand Dunes.

article-image

Stockton Sand Dunes. Kredit: Destination NSW

#HHWT Tip: Kalau punya waktu, kamu wajib ikut tur di Stockton Sand Dunes! Ada banyak aktivitas seru yang kamu bisa lakukan di sini, seperti naik unta dan sand boarding. Ada pula berbagai aktivitas gratis seperti melihat migrasi paus musiman di Birubi Lookout (Mei-November), berenang di Birubi Beach, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam di gurun pasir.

article-image

Koala Sanctuary Port Stephens, One Mile. Kredit: Destination NSW

Masih belum puas? Lanjut saja dengan mendaki di Tomaree Head Summit untuk menikmati pemandangan lautan indah Port Stephens dan Zenith Beach. 😍 Atau, kamu bisa pergi ke Tilligery Habitat yang merupakan tempat favorit para koala. Semuanya gratis! 😉

Sudah mulai lapar? Langsung saja menuju Nelson Bay karena ada banyak pilihan makanan halal yang menanti kamu. Ada The Only Place Indian Restaurant, Taj Tandoori Indian Restaurant, Bay Brother’s Kebab, dan Mod Thai. Nelson Bay bisa dijangkau janya dengan 6 menit berkendara dari Port Stephens.

Siapa bilang Sydney dan New South Wales tidak bisa dinikmati dengan bujet terbatas? Di sinilah kamu bisa merasakan pengalaman yang tidak ternilai harganya! 😉

Artikel ini dipersembahkan oleh Destination NSW.