icon
icon
article hero

5 Cara Baik untuk Menggunakan THR Tahun Ini

AvatarName

Tiara  •  May 12, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bulan Ramadan semakin tua dan Lebaran semakin dekat. Kita semakin terbiasa untuk berpuasa dan ngabuburit di rumah, entah itu dengan memasak takjil, menyiapkan lauk untuk buka puasa, ataupun membuat kue lebaran. Credit: Giphy Selain suasana dan makanannya, satu hal yang juga ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan adalah kehadiran tunjangan hari raya (THR). Tiap tahunnya, pertanyaan soal kapan THR cair menjadi perbincangan hangat. THR yang cair di pertengahan bulan Ramadan ini memang menjadi amunisi khusus untuk bekal hari raya Lebaran, baik itu untuk membeli bingkisan ataupun makanan kepada sanak saudara dan orang terdekat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tahun ini kita menjalani Ramadan yang berbeda. Selain membuat kita harus diam di rumah, pandemi Covid-19 juga membuat sebagian orang bukan hanya tertunda THR-nya, namun bahkan kehilangan pekerjaan. Hal ini mengingatkan kita untuk tidak menghambur-hamburkan rezeki. Karenanya, inilah saat yang tepat bagi kita untuk mengevaluasi kembali cara menggunakan uang, termasuk THR yang didapatkan, dengan melakukan hal-hal di bawah ini.
Berdonasi dan menunaikan zakat lebih banyak
 Tidak semua orang bisa seberuntung kita yang masih mendapatkan THR. Bagi sebagian orang, THR merupakan kelebihan rezeki yang bisa digunakan untuk merayakan Lebaran. Namun bagi sebagian orang lainnya, THR bisa jadi merupakan penyambung hidup mereka dan orang-orang yang mereka sayangi. 
Kado THR Lebaran untuk Marbot dan Imam Masjid
Kredit: Kitabisa.com Sedikit empati tentu akan meringankan beban sesama. Donasikan sebagian THR yang kamu dapatkan ke berbagai kanal dan lembaga amal yang akan menyalurkannya ke orang yang membutuhkan. Mungkin jumlahnya terlihat tidak seberapa dibandingkan dengan realita, namun kebaikan sekecil apapun akan sangat berarti bagi mereka. Selain berdonasi, kamu juga bisa membantu dengan membayar zakat fitrah atau zakat maal lebih awal dan lebih besar. Selain menunaikan kewajibanmu, para amil zakat tentu akan menyalurkan zakatmu dengan amanah kepada yang membutuhkan. Berapapun jumlahnya, sedekah yang kamu berikan dapat membantu hidup seseorang lebih mudah. 🤗
Membayar hutang dan cicilan
Tidak ada salahnya jika kamu punya hutang atau cicilan yang sedang berjalan. Berhubung kamu sedang dapat rezeki berlebih dan tidak bisa pergi keluar rumah, akan baik jika kamu menggunakan THR ini untuk meringankan langkah dengan melunasi kewajiban yang kamu miliki.
Selain agar beban finansial di masa depan berkurang, selama pembatasan sosial pun tidak banyak hal bisa kamu lakukan di luar rumah. Daripada digunakan untuk membeli barang konsumtif, akan baik kalau kamu menunaikan dulu kewajiban yang masih ada. Anjuran untuk menyegerakan membayar hutang juga tertuang dalam hadits sahih:
 “Sesungguhnya sebagian dari orang yang paling baik adalah orang yang paling baik dalam membayar (utang),” (HR. Bukhari). 
Karenanya, jadikan kesempatan Ramadan di rumah tahun ini untuk memperbaiki diri lewat ibadah dan meningkatkan akhlak, salah satunya dengan melunasi hutang yang kita miliki. Kalau kamu masih punya cicilan, ada baiknya pula kamu menyelesaikan pembayarannya secepat mungkin. Selain baik untuk kesehatan finansial, kamu pun jadi bisa mengatur strategi keuangan dengan lebih leluasa di masa depan. 
Menabung untuk tujuan yang lebih besar
Coba hitung pengeluaran kamu selama 2 bulan lebih bekerja dan beraktivitas dari rumah. Dengan diam di rumah, otomatis biaya transportasi dan makan di luar pun berkurang secara signifikan bukan?
Ketika THR datang, inilah momen yang tepat untuk mengisi pundi-pundi tabungan. Selain dana tambahan, pengeluaran pun berkurang selama pembatasan sosial ini. Buka kembali catatanmu dan lihat apakah ada tujuan finansial yang masih belum memenuhi target. Misalnya saja untuk rencana liburan impian, membeli kendaraan bermotor, atau bahkan tabungan untuk menikah! 🥰 Sedikit demi sedikit tujuan ini akan tercapai, namun jika ada cara untuk membuatnya lebih cepat terwujud, mengapa tidak? Jika satu target sudah terpenuhi, maka kamu pun akan menjadi lebih bersemangat untuk membuat target baru.
Investasi berjangka
Jika selama ini kamu ingin berinvestasi namun masih terganjal modal awal, inilah saat yang tepat untuk memulainya!
 Kalau kamu perhatikan, salah satu instrumen investasi yang nilainya terus merangkak naik di tengah pandemi adalah logam mulia. Nilai logam mulia bahkan telah naik hingga 20% dalam hitungan bulan. 🤯 Harganya yang terlanjur tinggi ini kurang lebih memang membuat kita sulit untuk membelinya. Nah, dana THR yang sudah cair ini bisa membantu kamu untuk mulai membeli logam mulia untuk berinvestasi. Jika masih ragu, tidak perlu menghabiskan semua THR dan beli saja secukupnya sebagai langkah awal berinvestasi. Jangan lupa, pastikan untuk membelinya lewat kanal resmi dan terpercaya, ya. 
Membeli kebutuhan hari raya untuk orang tua
Tidak ada yang lebih berharga daripada menghabiskan waktu dengan keluarga dalam keadaan sehat. Waktu yang kita habiskan bersama keluarga sendiri sudah merupakan sebuah rezeki yang tidak didapatkan oleh semua orang. 
Sebagai rasa syukur, cobalah untuk meringankan beban orang tua di bulan Ramadan ini dengan membeli berbagai kebutuhan untuk hari raya di rumah menggunakan THR yang kamu dapatkan. Selain berpahala, hal ini juga merupakan bentuk bakti anak kepada orang tua yang patut dilakukan. Tidak perlu bermewah-mewahan, cukup dengan mentraktir mereka dengan membeli bahan-bahan untuk memasak ketupat, opor, atau bahan untuk membuat kue lebaran. Meskipun dijalani dengan sederhana, Lebaran tahun ini tentu akan lebih berkesan karena kebersamaannya.  Jadikan bulan Ramadan yang berbeda ini sebuah hikmah tersendiri, baik secara mental, fisik, maupun spiritual. Rezeki yang kita dapatkan adalah titipan dari Allah SWT dan akan kita pertanggung jawabkan di hari akhir. Karenanya, pastikan kamu menggunakan setiap rupiah yang kamu miliki untuk kebaikan. Mulailah dari orang-orang terdekat, dari jumlah yang kecil, dan mulai sekarang juga untuk melakukan kebaikan dengan modal yang kita miliki.