icon
icon
article hero

4 Resep Bumbu Dasar Tradisional Indonesia, Bisa Disetok untuk Masak Sahur

AvatarName

Tiara  •  Apr 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Resep bumbu dasar adalah hal penting yang perlu kamu miliki menjelang bulan Ramadhan. Bumbu dasar ini merupakan bagian penting dari masakan Indonesia. Supaya kamu bisa memasak dengan lebih cepat dan mudah, ada baiknya untuk menyetok bumbu dasar ini di rumah. Kabar baiknya, resep bumbu dasar masakan Indonesia mudah dibuat! Cukup buat satu kali, dan kamu bisa menggunakannya selama sebulan penuh jika disimpan dengan baik.
Bumbu dasar putih
Resep bumbu dasar putih adalah kuncian dibalik nikmatnya aneka makanan seperti opor ayam, sayur lodeh, dan makanan Indonesia lainnya. Menyetok bumbu dasar putih berarti membuka kemungkinan berbagai makanan enak untuk sahur dalam waktu singkat! Bahan-bahan: 200 gram bawang merah 100 gram bawang putih 1 ruas jahe 1 ruas lengkuas 1/4 sdt ketumbar 50 ml minyak Minyak untuk menumis Cara membuat: Blender semua bumbu hingga halus, tambahkan sedikit air saat diblender agar cepat halus. Tumis bumbu halus dengan minyak banyak hingga harum dan menyusut atau minyak meletup-letup. Dinginkan dan simpan di dalam wadah kaca kedap udara.
Bumbu dasar kuning
  Bumbu dasar ini cocok untuk kamu yang suka makan soto ayam, pesmol ikan, pepes, atau ayam goreng ungkep. Warna kuning dari kunyit bukan hanya membuat tampilan makanan lebih sedap, tapijuga memberikan aroma tersendiri. Bahan-bahan: 250 gram bawang merah 100 gram bawang putih 2 butir kemiri 2 ruas kunyit 1 sdm ketumbar 1/2 sdt merica 1 ruas kecil jahe 50 ml minyak Minyak untuk menumis Cara membuat: Sama dengan membuat bumbu dasar putih. Haluskan semya bahan dan tumis hingga semua matang. Jangan lupa diamkan bumbu hingga benar-benar dingin sebelum dikemas dalam wadah kedap udara.
Bumbu dasar merah
Nah, resep bumbu dasar merah yang satu ini wajib kamu stok di rumah jika suka makanan pedas. Sambal goreng, kering tempe, sampai aneka balado bisa kamu buat dengan cepat menggunakan bumbu ini. Bahan-bahan: 200 gram cabai merah 150 gram bawang merah 100 gram bawang putih 1 ruas lengkuas 1 ruas kecil jahe 1/2 sdt merica 2 butir kemiri Garam secukupnya Minyak untuk menumis Cara membuat: Haluskan semua bahan dan tumis hingga matang. Hati-hati saat menumis bumbu merah karena mengandung cabai sehingga bisa membuat mata perih. Setelah matang dan dingin sepenuhnya, masukkan bumbu ke dalam wadah kedap udara.
Baceman bawang putih
Inilah bumbu serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk semua jenis makanan. Baceman bawang putih bisa kamu gunakan untuk memasak nasi goreng, tumis sayur, sampai aneka sup. Kabar baiknya, membuatnya juga gampang banget dan bisa tahan lama jika disimpan dengan benar. Bahan-bahan: 100 gram bawang putih, kupas dan bersihkan 1 butir kemiri Minyak goreng Cara membuat: Cincang halus bawang putih dan kemiri. Masukkan ke dalam wadah kaca kedap udara, tambahkan minyak goreng sampai seluruh permukaannya tertutup, dan simpan selama minimal 24 jam sebelum digunakan. Stok bumbu dasar ini akan memudahkan persiapan memasak kamu, baik untuk sahur maupun berbuka puasa. Dengan bumbu yang sudah disiapkan, kamu bisa berkreasi di dapur tanpa harus membuat semuanya dari nol. Simak juga resep dan tips memasak lainnya dalam artikel berikut ini: