icon
icon

Jadilah Orang Lebih Baik: 30 Tantangan Kecil yang Bisa Kamu Lakukan Bulan Ramadhan Tahun Ini

AvatarName

Sastri  •  Apr 18, 2021

icon

Ramadhan telah tiba, kini sudah saatnya untuk mengganti rutinitas dan membuat hari-hari menjadi lebih baik dan bermanfaat. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri sendiri. Pada akhirnya, Ramadhan bukanlah tentang betapa bagusnya pakaian di hari Lebaran, tetapi tentang apa saja perbuatan yang telah kita lakukan untuk menjadi individu yang lebih baik! Cobalah untuk menantang diri sendiri dan melakukan 30 tips ini agar Ramadhan kali ini menjadi lebih bermakna. Jangan lupa juga untuk mengajak teman-teman dan keluargamu! Bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021! Diselenggarakan mulai tanggal 12 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw!
1. Hari ke-1: Bawalah tempat makan dan botol minum sendiri saat kamu membeli makanan dari luar untuk sahur/ buka puasa
Pada hari pertama Ramadhan, cobalah untuk memulai dengan menjadi lebih sustainabledalam kehidupan sehari-hari. Bawalah tempat makanmu sendiri pada Ramadhan kali ini - hal ini akan berguna terutama ketika kamu membeli makanan untuk berbuka puasa. Jangan hanya berhenti di situ, jadikan hal ini kebiasaan! Cobalah untuk mengganti kantong plastik dengan tas yang jugadapat digunakan kembali saat berbelanja dan bawa botol air minum sendiri kemanapun kamu pergi.
2. Hari ke- 2: Traktir teman atau keluargamu untuk berbuka puasa bersama
Bawa seseorang keluar untuk berbuka puasa hari ini! Habiskan waktu dengan orang yang kamu cintai sembari berbuka puasa. Kamu dapat memilih berbagai restoran favorit di sekitarmu atau jika kamu ingin tinggal di rumah untuk waktu yang lebih santai, cobalah untuk menggunakan jasa pesan antar dari berbagai restoran!
3. Hari ke- 3: Batasi penggunaan social media maksimal 30 menit sehari selama Ramadhan
Ramadhan ini, cobalah untuk lebih sering bergaul dengan teman-teman atau keluargamu. Atur penggunaan media sosial harian mu menjadi 30 menit selama bulan ini. Kamu akan lebih produktif, fokus, dan menyadari apa yang ada di sekelilingmu. Gunakan waktu ini untuk memperkuat hubungan dengan orang lain dan memperbaiki diri, jangan lupa juga untuk memperbanyak ibadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan teman-teman mu untuk mencoba tantangan ini!
4. Hari ke- 4: Tentukan 5 hal yang ingin kamu dapatkan di bulan Ramadhan ini!
Jika sudah memiliki beberapa goal yang ingin kamu capai selama bulan ini, kamu sudah setengah jalan untuk mencapainya! Jika belum, kamu bisa mulai dengan menilai apa yang ingin kamu fokuskan pada Ramadhan ini. Dengan menetapkan goals ini, kamu akan fokus pada perkembangan diri dan tentunya akan membantu kamu mengelola apa yang kamu miliki baik waktu, tenaga, bahkan uang dengan lebih baik. Goals ini juga akan memberimu motivasi jangka pendekyang kamu butuhkan untuk perbaikan jangka panjang! Cobalah untuk menonton acara kami dengan Ustazah Liyana Musfirah yang akan membagikan cara untuk menentukan goals agar Ramadhanmu menjadi lebih bermanfaat!
5. Hari ke- 5: Cobalah resep baru!
Credit: Sadia Alih-alih berpegang pada resep yang sama untuk sahur dan buka puasa, mengapa tidak sedikit bereksperimen dan mencoba sesuatu yang baru? Jika kamu kehabisan ide, cobalah salah satu resep kami di sini! Kami telah menyusun resep terbaik untuk sahur dan makanan berbuka puasa Anda seperti bubur lambuk, nasi goreng Jepang atau susu kurma dan minuman cincau! Kamu pasti akan menemukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.
6. Hari ke- 6: memberikan makanan bagi yang membutuhkan
Karena Ramadhan adalah waktu di mana kita melakukan lebih banyak perbuatan baik, ambil langkah ini untuk lebih dekat dengan orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan. Kita dapat menjadi sukarelawan untuk seperti memberikan makanan kepada yang membutuhkan. Jika kamu mencari tempat untuk memulai, kamu dapat mencoba dari masjid atau pusat komunitas terdekat.
7. Hari ke- 7: Memasak makanan berbuka untuk keluarga hari ini!
Untuk hari ini, cobalah untuk memasak menu buka puasa! Ada banyak resep mudah yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan makanan lezat untuk keluarga. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan apresiasi bagi mereka yang biasanya memasak.
8. Hari ke- 8: Berbagi makanan berbuka puasa dengan tetangga
Tidak ada yang bisa mengalahkan makanan rumahan ketika Ramadhan. Bahkan lebih baik lagi ketika kamu bisamembagikannya dengan orang lain! Selain saling memberi salam singkat dengan tetangga, cobalah untuk beri mereka makanan berbuka puasa hari ini! Hal sederhana ini dapat mencerahkan hari mereka dan memperkuat ikatan antar tetangga.
9. Hari ke- 9: lakukan olahraga ringan sebelum berbuka puasa
Bangunlah dan bergerak untuk menjaga kesehatanmu di Ramadhan ini! Cobalah untuk menyisihkan 15-20 menit sebelum buka puasa untuk melakukan sedikit olahraga ringan. Berolahraga sebelum matahari terbenam dianggap sebagai salah satu waktu optimal karena cuaca lebih dingin dan kamu dapat segera rehidrasi ketika waktu buka puasa tiba.
10. Hari ke- 10: berbelanja bulanan untuk keluarga
Luangkan waktu untuk membantu berbelanja bahan makanan untuk keluargamu hari ini! Sebelum pergi, tanyakan kepada keluargamu apa saja yang dibutuhkan dari supermarket.  Kamu juga bisa memikirkan persiapan makanan buka puasa atau sahur berikutnya saat berbelanja bahan makanan! Ini pasti akan membantu orang-orang yang memasak untuk keluarga setiap hari dengan memiliki stok makanan yang memadai di rumah!
11. Hari ke- 11: berjalan kaki selama 20 menit
Kita semua terlalu terbiasa untuk berhenti melakukan olahraga ketika berpuasa untuk menghemat energi demi melakukan hal-hal lain seperti bekerja dan memasak. Alih-alih menonton televisi sebelum buka puasa, bagaimana kalau berjalan kaki selama 20 menit di taman? Hilangkan gaya hidup yang membiasakanmu untuk tidak banyak bergerak dan biarkan dirimu menikmati angin sore dengan mengatur waktu yang tepat untuk keluar dari rumah.
12. Hari ke- 12: Tulis 1 hal yang membuat kamu bersyukur hari ini
Sangat mudah untuk melupakan apa yangmembuat kamu bersyukur setiap hari, mungkin akan lebih mudah jika kamu menuliskannya! Kita mungkin sering lupa untuk menghargai hal-hal kecil dalam hidup. jadi sebelum kamu memulai hari, pikirkan tentang apa yang membuat kamu bersyukur dan tulis di selembar kertas.
13. Hari ke- 13: Hubungi keluarga (dekat atau jauh) yang sudah lama tidak kamu dihubungi, dan tanyakan kabarnya
Dengan gaya hidup yang serba cepat, kita sering merasa lupa untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Jika kamu belum berbicara atau menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai, hubungi mereka dan tanyakan bagaimana mereka lakukan - itu bisa membuat harimu menjadi lebih baik! Selangkah lebih maju dan rencanakan pertemuan buka puasa bersama berikutnya!
14. Hari ke- 14: Simpan kenangan selama bulan Ramadhan dengan mengambil foto
Saat kamu menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih di bulan Ramadhan ini, jaga ingatanmu tetap hidup dengan mengambil foto untuk kamu lihat kembali kapanpun. Misalnya, kamu dapat mengambil foto selama makan bersama karena tidak setiap hari kamu dan keluarga berbuka puasa bersama. Ambillah beberapa foto candid keluarga (dan peliharaan!) yang cukup banyak saat Ramadhan nanti.
15. Hari ke- 15: jadilah lebih produktif dari hari sebelumnya
Ingin Ramadhan ini menjadi yang paling produktif dibanding sebelumnya? Cobalah untuk menetapkan goals harian, hal ini dapat membantu kamu untuk melihat peningkatan yang terjadi pada dirimu dari hari ke hari. Hal ini juga akan memberikanmu motivasi jangka pendek agar kamu bisa menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya.
16. Hari ke- 16: habiskan waktu selama 2 jam bersama keluarga, seperi bermain puzzle atau board game
Bersantailah bersama keluargamu hari ini denganmelakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sama. Kamu dapat bermain puzzle, atau memainkan permainan lainnya! Kegiatan ini pasti akan membantu kamu menjalin ikatan dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersama. Diselenggarakan mulai tanggal 12 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan 2021, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadhan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadhan. Klik tautan ini untuk mendaftarkan diri dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah Grand Draw!
17. Hari ke- 17: cobalah untuk mencuci piring hari ini setelah berbuka puasa!
Cobalah untuk menawarkan bantuan mencuci piring setelah sahur atau buka puasa! Kamu bahkan dapat mengatur daftar nama keluarga untuk melakukan pekerjaan rumah secara bergantian setiap hari. Ini adalah cara yang bagus untuk membagi beban kerja dan memastikan semua orang melakukan bagian mereka dalam menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi.
18. Hari ke- 18: Membantu menyiapkan makanan saat sahur
Kita semua tahu betapa melelahkannya bangun di pagi hari untuk sahur, tetapi kita dapat melakukan bagian kita dengan membantu mengatur meja untuk keluarga. Cobalah bangun 30 menit lebih cepat dan siapkan makanan di atas meja untuk dimakan semua orang. Kamu akan memiliki awal yang baik untuk memulai hari sekaligus membantu orang lain!
19. Hari ke- 19: bersedekah
Mari kita luangkan waktu diRamadhan ini untuk memikirkan apa yang penting dan memberikan kembali kepada masyarakat! Sumbangkanlah apa yang kamu miliki bisa menjadi awal yang baik hari ini! Hal Ini akan menghasilkan tidak hanya efek positif pada yang kamu sedekahkan tetapi pada diri sendiri juga - buka hatimu untuk orang lain di masyarakat dan kamu akan menyadari bahwa hal ini adalah pengalaman yang sangat bermanfaat bagi dirimu.
20. Hari ke- 20: jangan lewati sahur hari ini
Dengan 10 hari tersisa bulan Ramadhan, kamu mungkin merasa malas untuk bangun sahur. Tapi jangan lewati waktu untuk makan sebelum berpuasa hari ini! Pastikan kamu mendapatkan nutrisi dan makan dengan kenyang agar memiliki energi untuk melakukan kegiatan di siang hari.
21. Hari ke- 21: cobalah untuk mendaur ulang plastik di rumahmu!
Credit: @pilahsampah Agar lebih ramah lingkungan di bulan Ramadhan ini, kita bisa mulai dengan mencatat apa saja yang kita tempatkan di tempat sampah setiap hari. Kita semua tahu bahwa plastik tidak dapat terurai secara natural dan akan berbahaya bagi habitat dan lingkungan satwa liar kita. Untuk memainkan peran dalam mengurangi sampah plastik, pastikan bahwa barang-barang plastik di tempat sampahmu bisa didaur ulang! Hal ini bisa membuat benda yang tadinya tidak memiliki fungsi menjadi berguna. Jangan lupa untuk mendorong teman dan keluarga kita untuk lebih sustainable juga!
22. Hari ke- 22: membuat snack setelah berbuka puasa untuk keluarga
Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersantai di penghujung hari -kamu dapat membuatnya lebih baik dengan menyiapkan suguhan manis yang bisa menaikkan suasana hati semua orang. Setelah berbuka puasa hari ini, buatlah minuman atau makanan penutup yang mudah dan cepat untuk keluargamu! Butuh saran? Kamu bisa melihat resep Ramadhan kami di sini dan pilih dari kue cangkir coklat yang sangat lezat atau affogato jika Anda menginginkan es krim!
23. Hari ke- 23: Mendaftar untuk mengikuti kelas yang bisa meningkatkan skill
Sangatlah penting untuk terus belajar, terus mencari pengetahuan dan mengembangkan keterampilan pribadi kita sendiri. Ada berbagai program studi yang tersedia bagi masyarakat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas diri. Kamu bisa belajar bahasa baru atau meningkatkan skill komputer dengan menghadiri berbagai macam kursus untuk meningkatkan keterampilanmu!
24. Hari ke- 24: Cobalah melakukan sesuatu yang baru di kantor hari ini!
Lebih mudah daripada yang kita pikirkan untuk belajar sesuatu yang baru setiap hari dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk melakukan itu daripada di tempat kerja! Jika kamu mencari cara untuk mencari pengetahuan dan memperluas keahlianmu, cobalah mengambil tugas baru. Memiliki tanggung jawab yang baru akan membantu kamu mengelola waktu dengan lebih baik, mencapai target yang lebih besar dan mempercepat pertumbuhanmu! Ketika kamu mencoba hal-hal baru di tempat kerja atau sekolah, ingatlah bahwa keterampilan baru selalu bermanfaat untuk dimiliki!
25. Hari ke- 25: makan makanan sehat saat sahur atau berbuka
Makan makanan yang baik dan bergizi di awal hari sangat penting untuk mengisi perutmu sebelum berpuasa.Beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk makan sehat saat sahur adalah dengan makan roti gandum untuk memenuhi nutrisi, memilih alternatif yang lebih sehat untuk nasi seperti bubur dan cobalah minuman yang kurang gula! Tidak perlu memutar otak, cobalah beberapa resep dari kategori resep sehat kami seperti bubur ayam, chapati atau minuman menyegarkan yang terdiri dari semangka, mint, dan jeruk nipis?
26. Hari ke- 26: pelajari bahasa baru
Sambil memutuskan negara mana yang akan jadi tujuan jalan-jalan berikutnya begitu perbatasan dibuka, cobalah untuk pelajari beberapa bahasa asing! Karena kita bertujuan untuk memperbaiki diri di bulan Ramadhan ini, kita juga dapat memberHari ke-akan diri kita sendiri dengan melakukan sesuatu yang kreatif. Belajar bahasa baru dapat meningkatkan ingatan, membuat kamu bisa berkomunikasi dengan baik, dan bisa membuatmu mengapresiasi buHari ke-a baru. Kamu juga dapat memperluas kosakata dan memperluas  jaringan dengan individu lain!
27. Hari ke- 27: Mengurus tanaman di rumah
Credit: @niaanchali Tanaman memiliki cara untuk meningkatkan suasana hati kita dan mereka juga menambahkan kehidupan keempat dinding rumah kita! Merawat tanaman rumah melibatkan kesabaran, perawatan, dan banyak cinta. **jangan lupa menyaksikan acara kami, di sana banyak tips untuk merawat tanaman! **
28. Hari ke- 28: habiskan 30 menit dengan membaca buku
Alih-alih menggunakan ponsel sebelum pergi tidur, cobalah untuk meletakkan ponsel dan ambil buku untuk dibaca! Membaca dapat mengurangi stres, membantu kamu tertidur lebih baik dan meningkatkankonektivitas otak. Atur waktu hari ini untuk membaca buku favoritmu selama 30 menit sebelum tidur. Jika kamu mencari buku favorit baru atau tidak tahu harus mencari di mana, dapatkan rekomendasi buku Anda dari acara kami dengan Wardah Books!
29. Hari ke- 29: Cobalah untuk mendapatkan skill baru, seperti merajut!
Agar Ramadhan kamu lebih seru, luangkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru yang bisa berguna di rumah! Merajut bukan hanya keterampilan tetapi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk melepas lelah di penghujung hari. Kamu juga dapat menggunakan waktu ini untuk rehat sejenak dari gaya hidup Anda yang serba cepat dan kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk bergabung bersama! Keterampilan lain yang bisa Anda ambil di rumah adalah berkebun atau memanggang!
30. Hari ke- 30: Ucapkan ‘terima kasih’ kepada orang yang biasanya kamu abaikan.
Di sela-sela bergegas dari rumah dan bekerja setiap hari, kita sering lupa untuk mengatakan 'terima kasih' yang paling sederhana kepada orang-orang yang biasanya kita abaikan begitu saja. Bisa jadi itu orang tua atau orang yang kita cintai, atau bahkan orang-orang yang membantu kita setiap hari seperti sopir bus dan orang yang sering membersihkan sekitar. Mari kita berterima kasih kepada mereka untuk apa yang telah mereka lakukan.  Masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan agar Ramadhanmu menjadi lebih bermakna, jadi cobalah untuk menjadi lebih baik setiap harinya dengan melakukan tantangan-tantangan sederhana. Jadikanlah Ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, selamat menunaikan ibadah puasa!