icon
icon
article hero

20 Hotel Unik di Jogja untuk Persiapan Liburan Tahun 2021

AvatarName

Tiara  •  Dec 29, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata domestik terfavorit. Suasananya, makanannya, dan keramahan masyarakatnya membuat kita selalu ingin kembali ke sana. Kalau kamu berencana ke Jogja, liburan kamu akan semakin berkesan dengan menginap di hotel unik berikut ini.
1. La Luna Resort
La Luna Resort Jogja menawarkan suasana unik yang hanya bisa ditemui di sini, yakni tema gipsi ala Eropa. Warna-warna cerah, tirai panjang, hingga dekorasi bunga dan manik-manik adalah elemen dekorasi utama yang membuat La Luna Resort Jogja menarik, mulai dari lobby hingga area kolam renang dan interior kamarnya. Simak ulasan La Luna Resort Jogja selengkapnya di halaman ini!
2. YATS Colony
Hotel instagramable di Jogja ini adalah hotel langganan selebritis. Selain karena suasananya yang sejuk, tentu saja karena penampilannya yang artistik. Beberapa spot paling instagramable di sini adalah kolam renang dan onsen alias kolam air panas ala Jepang-nya!
3. Greenhost Boutique Hostel
Bukan hanya instagenic, hotel ini pun punya visi mulia dan ramah lingkungan. Dalam pengoperasiannya, Greenhost adalah hotel instagramable di Jogja yang mengedepankan kelanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat lokal. Deretan tanaman rambat berwarna hijau yang meghiasi dinding kelabunya ini pun menjadi pemandangan yang kerap kita lihat di media sosial.
4. Adhistana Hotel
 Hotel instagramable Jogja ini akan mengingatkan kita kepada suasana Potato Head Bali. Jika di bagian luar kamu disuguhi nuansa warna warni, bagian dalamnya justru menawarkan suasana teduh dengan nuansa kayu. Terlebih dengan adanya sebuah kolam renang dengan deretan pepohonan yang membuat siang hari pun terasa sejuk. 
5. Tjokro Style
Nuansa pop art dan art deco langsung terasa ketika memasuki lobby hotel hingga ke dalam kamar. Alhasil, kamu pun bisa berfoto dengan berbagai latar yang berbeda.  Bukan bagian dalamnya saja yang menarik, kamu pun bisa menemukan berbagai spot Instagramable di area lain, seperti foto di atas!
6. Omah Njonja Bed & Brasserie
Hotel bertingkat 2 ini terasa hangat seperti rumah sendiri dan interiornya terinspirasi dari budaya China peranakan. Dinding-dindingnya dipenuhi beragam mural, pajangan keramik, dan beberapa furnitur klasik yang menambah kesan 'jadul' hotel ini.  Suasana di hotel ini akan mengingatkan kita kepada pemandangan di jalanan Penang.
7. Nira Camper Village
Salah satu tempat glamping Jogja yang wajib dicoba adalah Nira Camper Village. Tidak seperti glamping pada umunya, tempat ini menyediakan tenda berbentuk gelembung transparan, mirip seperti hotel bubble yang ada di Bali. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari kolam renang, kamar mandi dengan air panas, sampai barbecue.
8. Glamping Pallatina
 Pallatina adalah salah satu tempat glamping di Jogja paling mewah karena memiliki fasilitas lengkap di dalam tendanya. Salah satu tenda yang paling besar di Pallatina dilengkapi AC, televisi, kasur yang nyaman, hingga toilet di dalam tendanya. Selain Pallatina, Indekostour juga mengelola sejumlah lokasi glamping jogja lain yang bisa kamu pilih.
9. Glamping D'loano
Bergeser sedikit dari Jogja, lokasi glamping berikutnya berada di Purworejo yang berjarak sekitar satu jam berkendara dari Yogyakarta. Meskipun agak jauh, lokasi glamping Jogja ini patut kamu masukkan dalam daftar. Tendanya luas dan berada di tengah hutan pinus yang sejuk. Kamar mandinya dilengkapi air panas, ada musholla, dan ada koneksi WiFi di kompleks glamping ini!
10. D'Kaliurang Resort & Convention
Tempat glamping jogja yang satu ini sedang viral di media sosial karena bentuknya yang unik. Alih-alih berbentuk tenda, glamping di sini berbentuk atap rumah (mirip tenda juga sih) dengan warna putih dan hijau yang kontras. Lokasinya pun berada di sebuah resort, jadi dijamin fasilitasnya lengkap dan nyaman.
11. Jogja Camper Van
Kalau kamu ingin suasana glamping Jogja yang berbeda, maka berkemah dengan mobil bisa jadi pilihan. Jogja Camper Van menawarkan pengalaman unik menginap di dalam mobil dengan fasilitas glamping. Kamu pun bisa memilih mau glamping di Waduk Sermo, Watu Mabur, Pantai Watu Kodok, Hutan Pinus, atau Bukit Klangon. Simak alternatif penyewaan camper van di Jogja lainnya di halaman ini!
12. Rosseno Villa
 Akomodasi ini punya 3 villa yang bisa kamu pilih dengan kapasitas 2 hingga 6 orang. Setiap villa punya taman, teras, dan kolam renang pribadi. Nuansa rumahan begitu terasa sehingga akan membuat kamu sekeluarga betah menginap di sini. 
13. Villa Blue Steps
Kalau kamu mencari villa murah di Jogja dengan suasana asri, kamu bisa menginap di villa ini. Satu hal yang akan membuat kamu semakin jatuh cinta adalah kolam renangnya yang unik dengan pemandangan persawahan hijau! Selain itu, di pinggir kolam pun ada beberapa kursi panjang dan pondok kecil yang bisa kamu gunakan untuk bersantai.
14. Villa Padi Cangkringan
Villa murah di Jogja yang satu ini bukan hanya jadi favorit karena kolam renangnya, tapi juga karena luas dan nyaman. Lokasinya yang berada di kawasan Kaliurang membuat suasana di sini begitu sejuk dengan panorama Gunung Merapi dan persawahan hijau. Villa ini pun punya 10 kamar tidur, jadi cocok untuk kamu yang ingin liburan bersama keluarga besar.
15. Villa Arusha
Serasa di rumah, begitulah testimoni mayoritas orang yang bermalam di villa murah di Jogja ini. Ada 3 kamar yang tersedia di villa ini dan tiap kamar mempunyai konfigurasi tempat tidur yang berbeda. Villa 2 lantai ini punya semua yang kamu butuhkan untuk liburan bersama keluarga. Mulai dari kolam renang, dapur, sampai floaties untuk bermain air!
16. Yogyakarta Tropicana Villa
Kredit: Yogyakarta Tropicana Villa Suasana tropis terasa begitu kental di villa murah di Jogja ini. Selain cocok untuk keluarga, villa ini pun cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dan kabur sejenak dari keramaian kota. Kamu bisa menikmati pemandangan persawahan dan hutan yang rimbun di sekitar villa ini. 
17. Jambuluwuk Malioboro Hotel
Selain kamarnya luas, jangan khawatir si kecil bakal bosan ketika menginap di hotel keluarga di Jogja yang satu ini. Selain ada kolam renang dengan air terjun kecil yang menyenangkan untuk bermain, hotel ini pun punya indoor playground. Di dalamnya ada beberapa mainan dan aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak, seperti membaca buku dan mewarnai gambar.
18. Sambi Resort & Spa
Hotel keluarga di Jogja ini cocok untuk kamu yang ingin liburan dengan nuansa alam. Bisa dilihat betapa luasnya akomodasi ini yang berada di kaki Gunung Merapi ini. Pilihan kamarnya pun beragam sesuai dengan kebutuhan tamu yang menginap. Misalnya kamar Family Deluxe Room yang punya 4 tempat tidur dan 2 kamar mandi hingga pondok dengan balkon pribadi.
19. The Westlake Resort
Hotel keluarga di Jogja yang satu ini menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk liburan keluarga tanpa harus meninggalkan areanya. Dengan danau buatan yang ada di sini, kamu bisa menikmati suasana alam sambil memberi makan ikan. Lebih baik lagi, kamu pun bisa melakukannya langsung dari balkon kamar jika kamu memilih kamar Executive.
20. Eastparc Hotel
 Kredit: Eastparc Hotel  Kamar yang luas adalah syarat utama untuk hotel keluarga di Jogja yang ideal untuk liburan. Mengintip kolam renangnya, hotel keluarga di Jogja ini memang serius dalam memberikan sentuhan menyenangkan di sini. Ada 2 jalur perosotan di kolam renang, lengkap dengan rumah bermain untuk si kecil. Selain itu, hotel ini pun punya taman hewan kecil untuk memelihara iguana, beberapa jenis burung, dan kura-kura. Usai memilih tempat menginap, langsung saja tancap gas dan coba rekomendasi seru di Jogja dalam artikel berikut ini: