icon
icon
article hero

15 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 07, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jakarta menawarkan berbagai macam tempat wisata untuk semua kalangan, mulai dari tempat wisata keluarga, alam, budaya, edukasi, hingga kuliner. Beberapa tempat wisata di Jakarta juga merupakan ikon daerah, cocok sekali untuk wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Ibukota. 
Jakarta juga merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan yang singkat. Mau tau apa saja tempat wisata menarik di Jakarta? Berikut 15 tempat wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi!
1. Dunia Fantasi
Dunia Fantasi (DUFAN) merupakan taman hiburan keluarga yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Tempat ini menawarkan berbagai wahana, mulai dari yang menegangkan seperti tornado dan hysteria, hingga yang cocok untuk semua umur seperti istana boneka. 
2. Jakarta Aquarium  & Safari
Apabila kamu menyukai keragaman biota laut, mungkin tempat ini sangat cocok untuk kamu. Jakarta Aquarium menyimpan aneka biota laut yang bisa kamu lihat secara langsung bersama keluarga melalui akuarium raksasa. Disini kamu juga bisa menyentuh aneka biota laut seperti bintang laut, dan teripang secara langsung di touching pool, dan masih banyak kegiatan seru lainnya!
3. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
Area hutan bakau yang sempat viral di sosial media ini berlokasi di sekitar Pantai Indah Kapuk. Wisatawan bisa mengelilingi area hutan bakau dengan menggunakan kapal atau jembatanyang disediakan oleh pengelola, dan jika beruntung kamu bisa melihat biawak secara langsung, loh!
4. Kota Tua Jakarta
Salah satu landmark kota Jakarta ini selalu ramai di akhir pekan. Penyebabnya, adalah karena ketersediaan spot cantik yang mampu “menunjang” kegiatan selfie wisatawan. Selain menyuguhkan keindahan di setiap sudutnya, Kota Tua juga merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang populer. Disini kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Jakarta seperti kerak telor, gado-gado, dan masih banyak lagi!
5. MOJA Museum
Ingin pergi ke tempat wisata kekinian? Cobalah untuk mampir ke MOJA Museum yang terletak di gate 8 GBK. Museum ini dipenuhi dengan instalasi warna-warni yang instagramable. Satu hal yang paling menarik di sini adalah kamu bisa berkeliling dengan menggunakan sepatu roda. 
6. Museum MACAN
Salah satu tempat wisata kekinian lainnya adalah museum MACAN. Museum ini menyimpan instalasi seni bergaya modern kontemporer yang instagramable. Sempat ditutup di awal pandemi, kini museum MACAN sudah bisa kamu kunjungi, tapi jangan lupa untuk memesan tiket terlebih dahulu ya.
7. Monumen Nasional
Terletak di pusat kota Jakarta, Tugu Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu tempat wisata “wajib” bagi warga luar Jakarta. Monas dikelilingi oleh taman asri di bagian luar, dan di bagian dalamnya kamu bisa melihat diorama perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Disini kamu juga bisa naik lift hinggake puncak tugu untuk melihat panorama kota Jakarta dari ketinggian.
8. J-Sky Ferris Wheel
J-Sky Ferris Wheel merupakan sebuah wahana bianglala dengan ketinggian 69 meter dengan diameter 50 meter. Wahana ini disebut-sebut sebagai bianglala tertinggi se-Indonesia.  Tempat wisata ini Berlokasi di lantai 3 AEON Jakarta Garden City. J-sky Ferris Wheel juga menyediakan gondola khusus untuk penyandang disabilitas loh!
9. Kebun Binatang Ragunan
Salah satu tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh terlewati adalah Kebun Binatang Ragunan. Tidak hanya menyimpan koleksi lebih dari 290 spesies hewan, tempat wisata ini juga menawarkan banyak fasilitas hiburan dan pendidikan.
10. Museum Nasional Indonesia
Museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini menyimpan koleksi arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Bangunan museum ini dibangun sejak tahun 1800an, jadi tidak heran jika gaya arsitekturnya bergaya klasik akibat pengaruh budaya Eropa. Dengan harga tiket yang relatif murah, museum ini bisa dijadikan pilihan destinasi wisata yang ramah dikantong.
11. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah adalah taman hiburan ikonik yang populer sejak tahun 90-an. Tempat wisata berikut ini menyediakan berbagai wahana dan fasilitas sepert Anjungan Daerah, kereta gantung, teater 4D, museum, teater IMAX Keong Mas, dan masih banyak lagi.
12. Pantai Ancol
Pantai Ancol adalah jalur pantai wisata yang terdiri dari lima pantai, yaitu Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol, dan Karnaval Ancol. Tempat wisata ini bukaselama 24 jam dan menawarkan panorama yang indah. Pantai ini juga menyediakan fasilitas berupa tempat makan, serta lokasi yang ideal untuk melihat matahari terbit atau terbenam.
13. Museum Sejarah Jakarta (Fatahillah)
Kamu bisa menemukan Museum Sejarah Jakarta di kawasan Kota Tua. Akrab disebut sebagai Museum Fatahillah, tempat wisata berikut ini menyediakan berbagai koleksi bersejarah sejak zaman kolonial.  Salah satu spot menarik di dalam museum ini adalah di aula besar berlantai kayu yang memamerkan beberapa gambaran sejarah kota Jakarta.
14. Pulau Tidung
Pulau Tidung merupakan salah satu tempat yang cukup populer di gugusan Kepulauan Seribu, yang berada di lepas pantai Jakarta. Pulau ini terdiri dari dua pulau, yaitu Tidung besar dan Tidung kecil. Kedua pulau ini disatukan dengan sebuah jembatan yang disebut sebagai jembatan cinta. Di pulau ini kamu bisa melakukan banyak kegiatan seperti snorkeling, untuk melihat terumbu karang yang masih asri.
15. Pulau Bidadari
Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil di Kepulauan Seribu yang terkenal sebagai area konservasi alam. Disini kamu bisa menemukan hutan bakau, pohon langka seperti santigi dan kepuh, juga hewan-hewan seperti rusa totol, lumba-lumba, dan elang. Jika kamu ingin bermalam, jangan khawatir. Pulau Bidadari menyediakan area resort apung yang tidak kalah cantik dengan Maldives!