icon
icon
article hero

Jangan Tinggalkan Australia Sebelum Membeli 15 Suvenir Spesial Dan Ramah-Muslim Ini!

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Oct 29, 2019

icon

[You can read the English article here] Coba bayangkan: kamu sedang berlibur dan menikmati waktu di belahan bumi lain. Di tengah-tengah kesenangan, kamu teringat orang-orang tercinta di rumah, “Andai saja mereka semua ada di sini bersamaku”. Tetapi karena tidak mungkin, kamu tetap dapat memberikan kesenangan itu dalam bentuk suvenir untuk mereka! Yang tentunya bukan sebuah gantungan kunci yang sudah sangat mainstream 😉 Kredit: Giphy Australia adalah negara yang luar biasa dalam banyak hal, salah satunya sudah pasti rangkaian suvenir unik mereka. Berikut ini beberapa pilihan utama kami untuk ide oleh-oleh yang tidak biasa (dan praktis) dari Australia!
1. Bagi pecinta kopi: Biji kopi
Kredit: @single_o di Instagram Skena kafe di Australia tidak didominasi oleh franchise internasional, melainkan bisnis independen. Inilah alasan mengapa kamu akan jarang menemui kafe populer seperti Starbucks di negara ini. Penduduk Australia memiliki ketertarikan khusus pada kopi; dan fakta ini terlihat pada betapa kuat dan pentingnya budaya kopi lokal di sana. Dengan segudang coffee roasters dan kafe independen di seluruh negeri, tidak diragukan lagi kalau Australia merupakan negara yang memiliki pendirian tersendiri terhadap kopi 😍
Kredit: @single_o di Instagram  Di negeri dimana kopi sudah menjadi gaya hidup, kamu wajib membawa pulang pengalaman menikmati kopi Australia untuk pecinta kopi di rumah. Cara terbaiknya adalah dengan mendapatkan biji kopi dari berbagai kafe populer – barista dapat memberikan saran terbaik akan jenis kopi yang paling sesuai dengan selera orang tercintamu, demi secangkir kopi yang sempurna!  #Tip HHWT: Jika kamu membeli kopi sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah, pastikan terlebih dahulu apakah mereka memiliki mesin penggiling kopi. Jika tidak, tanyakan ke barista apakah mereka dapat menggilingkannya untukmu – sering kali mereka akan dengan senang hati melakukannya secara gratis.
2. Untuk si pecinta makanan manis: Golden Boronia Nougatt
Kredit: Golden Boronia Nougat di Facebook Jika orang terkasihmu menyukai makanan pencuci mulut yang manis, produk dari Golden Boronia Nougat dijamin akan mengesankan mereka 🤗 Golden Boronia Nougat adalah nougat nomor satu di Australia! Nougat ini dibuat dari bahan-bahan alami dan 100% bebas kolesterol, sehingga orang terkasihmu dapat terus mengunyah tanpa rasa bersalah 😝
Kredit: @r.yue_0804 di Instagram Nougat ini tersedia dalam berbagai macam dan rasa, dari yang keras hingga lunak, dari rasa original sampai kacang almond kamu akan kebingungan harus memilih yang mana. Karena itu, kami sarankan untuk membeli varian mixed pack sehingga orang di rumah bebas memilih rasa yang mereka sukai! N.B. Jangan khawatir akan status halalnya karena nougat ini telah tersertifikasi halal oleh Western Australia Halal Authority (WAHA).
3. Untuk si pecinta makanan yang lebih manis: Honey Cake
Kredit: @fremantlemarkets di Instagram Selain  nougat , hidangan pencuci mulut terkenal lainnya yang dapat kamu bawa pulang adalah kue madu yang hanya tersedia secara eksklusif di The Honeycake, Perth, Australia. Kue tradisional Ceko yang dilapisi madu ini diisi dengan karamel dan ditaburi kacang tanah segar di atasnya 😋
Kredit: @statebuildings di Instagram Tidak hanya lezat, tetapi rasa kue ini juga akan membuatmu ketagihan! Ditambah dengan kemasannya yang klasik nan cantik, kamu tidak akan memerlukan ekstra plastik untuk membungkusnya 😉 #Tip HHWT: Untuk whole cake non-alkohol harus dipesan sebelumnya karena hanya tersedia sesuai permintaan. Kami sarankan untuk menghubungi telepon kantor mereka 3 hari sebelumnya (lebih baik lagi seminggu!) untuk melakukan pemesanan. N.B. Menuju ke Perth dan Australia Barat? Itinerary Perth 5 hari 4 malam ramah-Muslim ini adalah yang kamu butuhkan!
Untuk pecinta cokelat:
4. Pods cokelat
Kredit: @cimotshop di Instagram Jika kamu penggemar berat cokelat (siapa sih yang tidak? 😝), ini merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan! Butir cokelat ini diberi nama Pods (kacang polong) karena bentuknya yang mungil seperti kacang polong. Ada berbagai pilihan filling seperti Snickers, Mars atau Twix. Kombinasi cokelat dan tekstur renyahnya membuat kenikmatan camilan ini tak tertandingi. Hati-hati, sekali coba bisa bikin kamu ketagihan! 😜  Istimewanya, cokelat ini tersertifikasi halal oleh Halal Certification Authority Australia dan kamu bisa mendapatkannya di supermarket lokal seperti Woolworths, IGA dan Coles.    N.B. Tahukah kamu bahwa Woolworths di Sydney berencana mengeluarkan brand produk halal sendiri? Lihat artikel ini untuk informasi lebih lanjut!
5. Cadbury Caramello Koala
Karamel dan cokelat dalam satu gigitan? Ini seperti gabungan 2 makanan manis terbaik yang pernah ada! Cadbury membuat mimpi para chocolate lover menjadi kenyataan dengan Caramello Koala.
Kredit: @flumpykat di Instagram Dibuat dalam bentuk koala sebagai maskot Australia, camilan ini terdiri dari cokelat susu dengan karamel filling di tengahnya dan dikenal sebagai jajanan favorit masa kecil bagi kebanyakan warga lokal di sana. Biarpun rasanya sangat enak, kamu mungkin tidak tega untuk memakan Caramello Koala karena bentuknya yang terlalu imut! 😂 Catatan: Cadbury Caramello Koala disertifikasi halal oleh Halal Certification Authority Australia.
Untuk pecinta makanan:
6. Vegemite
Kredit: @vegemite di Instagram Jika pernah ke Australia sebelumnya, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Vegemite, yang merupakan makanan pokok di sebagian besar rumah tangga masyarakat Australia. Selai kental berwarna coklat tua ini memiliki rasa asin yang dominan dan dapat dipadukan dengan bermacam-macam makanan - dari roti hingga spageti dan sup. Sama halnya dengan kita yang terobsesi dengan Nutella di sini, orang Australia terobsesi dengan Vegemite!  Namun jangan terkejut dengan rasanya, selai ini memiliki rasa yang sangat kuat dan terbilang ajaib. Kemungkinannya kamu bisa ketagihan atau malah kapok setelah mencobanya 😜
Credit: @vegemite on Instagram Meskipun komposisi resepnya dirahasiakan, Vegemite sudah mendapatkan sertifikat halal dari Australian Federation of Islamic Councils!
7. Banana bread 
Kredit: @cjs_kitchen_capers di Instagram Jika kamu mencari sesuatu untuk dipadukan dengan Vegemite-mu, kue pisang alias banana bread dari supermarket Coles dapat menjadi pilihan! Kamu juga bisa menyantap kuenya begitu saja, rasanya akan tetap enak. Kaya akan rasa, kue ini merupakan kudapan yang bisa kamu nikmati untuk sarapan saat sedang berlibur atau dibawa pulang untuk dinikmati di rumah. Catatan: Meskipun banana bread dari Coles tidak berlabel halal, kami telah memastikan bahwa bahan-bahannya tidak mengandung alkohol atau bahan dari hewan. Pertimbangan untuk membeli produk kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.
8. Untuk penggila kacang: Kacang macadamia
Untuk camilan yang lebih sehat, kacang macadamia menjadi pilihan yang sempurna. Kandungan lemak yang tinggi pada kacang ini menyehatkan, karena membantu menurunkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung. Karena kacang macadamia berasal dari Australia, kamu bisa membelinya dengan harga murah sebagai oleh-oleh untuk pecinta makanan di rumah!
Kredit: @ausmacadamias di Instagram Tidak hanya disantap sebagai camilan, Australia juga mengolah kacang macadamia menjadi sesuatu yang tidak biasa, yaitu produk kecantikan😍 
Kredit: @purenutskincare di Instagram  Masker Pure Nut terbuat dari bahan-bahan premium yang terinspirasi dari alam. Dengan minyak macadamia sebagai bahan utama, masker ini dapat memberi nutrisi dan meremajakan kulit!  N.B. Masih bingung menentukan destinasi di Australia? Jangan khawatir, simak itinerary ramah -Muslim 6 hari 5 malam di Brisbane dan Gold Coast!
Untuk Beauty Guru:
9. Produk Tea Tree Oil
Masih berbicara tentang perawatan kulit, masih banyak pilihan lain untuk beauty guru di rumah! Tersedia berbagai macam produk tea tree oil asli buatan Australia yang bisa kamu temukan di penjuru negeri. Karena tea tree oil merupakan produk alami, orang terkasihmu akan menikmati skin booster pada kulit mereka  dan pasti akan berterima kasih kepadamu karenanya 😉
Kredit: @originalteatree di Instagram Tidak hanya untuk kecantikan, produk perawatan kulit Australia juga memiliki khasiat penyembuhan. Tidak ada salahnya kan menyimpan beberapa untuk berjaga-jaga? Thursday Plantation Healing Balm terasa nyaman di kulitmu sembari merawatnya hingga kembali sehat.
Kredit: @thursday_plantation di Instagram
10. Salep Lucas Papaw
Untuk pilihan lain, kamu bisa coba Lucas Papaw Ointment produk Australia yang ikonik. Papaw adalah istilah lain untuk pepaya; dan seperti yang sudah kamu duga, salep ini dibuat dari pepaya asli Australia!
Kredit: Lucas' Papaw Remedies di Facebook
 Dengan khasiat antibakteri dan antimikroba, salep ini dapat digunakan sebagai salep topikal untuk luka bakar ringan, kulit melepuh, gigitan serangga, dan ruam. Selain itu, salep ini juga membantu menyembuhkan peradangan pada kulit dan dapat berfungsi sebagai pelembab ringan untuk bibirmu. 
11. Untuk penikmat teh: T2
Jika kamu seorang penikmat teh, maka bersiaplah untuk menikmati suguhan di T2, Australia. Berasal dari Melbourne, T2 adalah butik teh yang memiliki citarasa yang unik. Di sini kamu tidak hanya dapat membeli teh, tetapi juga merasakan pengalaman minum teh yang berbeda.
Kredit: @misstravelbee di Instagram Yang membuat T2 spesial adalah kemasan kotaknya yang didesain dengan menarik. Selain itu, kamu dapat menemukan rasa teh mulai dari yang umum seperti peppermint, chamomile and lavender, chai and French earl grey hingga rasa yang lebih unik seperti strawberries and cream, choc chip chai, dan banyak lagi! Mereka juga mencantumkan instruksi pada kemasan, sehingga kamu akan tahu berapa lama harus menyeduh teh serta saran sajinya pas untuk kamu yang pemula 😊 Selain teh, kamu juga bisa mendapatkan peralatan minum teh seperti infusers, teko, gelas teh, pitcher dan termos yang didesain dengan indah.
Untuk yang sadar akan kesehatan:
12. Suplemen minyak ikan
 Australia menawarkan produk tidak hanya untuk kesehatan di luar, tetapi juga dari dalam. Yang kami maksud adalah suplemen! Kamu dapat membeli suplemen di Australia dengan harga yang sangat murah, terutama suplemen minyak ikan. Tidak ada cara yang lebih baik dalam menunjukkan rasa cinta dan perhatianmu kepada orang terkasih selain memberikan mereka suplemen minyak ikan ☺️
Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan ini menjaga agar kadar kolesterol tetap normal serta mendukung kesehatan tulang. Minyak ikan juga dapat menjaga kesehatan mental karena turut membantu menyeimbangkan suasana hati, menghilangkan gangguan seperti depresi dan kecemasan. Catatan: Salah satu pembaca kami telah menginformasikan bahwa sebagian besar merek minyak ikan di Australia mengandung gelatin babi atau gelatin bovine non-halal. Berikut adalah merek minyak ikan yang halal: Healthycare, Blackmores (hanya EPO+Fish Oil dan Omega Brain High DHA Fish Oil), Southernature, Australian by Nature dan Madina Vitamins. Periksa logo sertifikasi halal sebelum kamu membelinya. #Tip HHWT: Jika ada lebih dari satu orang dalam keluargamu yang mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari, akan lebih baik untuk membeli kemasan besar berisi lebih dari 100 kapsul. Ukuran yang lebih besar harganya lebih murah dan ekonomis, apalagi yang tanggal kadaluarsanya sudah dekat (kurang dari 6 bulan lagi).
Untuk fashionista:
13.UGG Boots
Sepatu UGG boots adalah sepatu unisex yang terbuat dari kulit domba kualitas terbaik! Selain trendi, mereka memberikan kehangatan, kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian hadiah yang pas untuk para travellers  modis yang berpergian ke negara-negara dingin. UGG boots juga serbaguna dan dapat dipadupadankan dengan gaya apapun sambil tetap memberikan kenyamanan maksimal 🤗
Kredit: @ugg di Instagram Hadiah UGG boots pastinya akan memanjakan kaki kerabat tercinta. Dimana Australia adalah distributor terbesar alas kaki dari kulit domba, kamu bisa mendapatkan boots asli dari brand UGG Australia yang kualitasnya sudah terjamin!
Untuk penggemar permata:
14. Perhiasan Pandora
Jika orang yang kamu sayangi adalah pecinta bling-bling, gelang dan liontin dari Pandora dapat menjadi hadiah yang sempurna untuk mereka. Perhiasan dari pabrik dan ritel asal Denmark ini terkadang bisa lebih murah daripada di negara asal kita. Ditambah dengan pengembalian pajak melalui Tourist Refund Scheme (TRS), kamu bisa menghemat lebih banyak jika membeli perhiasan Pandora di Australia 😱
Kredit: @vanyhristova di Instagram Untuk membuatnya lebih spesial, dapatkan liontin Pandora dengan ciri khas Australia seperti Sydney Opera House dan bendera kebangsaan Australia!
Kredit: @duni_cheri di Instagram Kamu juga tidak perlu pusing untuk membungkus hadiah, karena kemasannya sudah sangat cantik!
Untuk kolektor:
15. Bumerang
Bumerang adalah simbol budaya asli Australia yang digunakan sebagai alat berburu oleh penduduk asli. Bentuknya yang unik seperti bulan sabit membuatnya dapat kembali ke tangan pelemparnya, membuat pemburu tidak akan pernah kehilangan senjata saat mencari mangsa!
 Bumerang yang dilukis dengan tangan dalam berbagai ukuran biasanya dapat ditemukan di pasar dan toko-toko suvenir di seluruh negeri. Bumerang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk para kolektor di rumah!  Dan selesai sudah, deretan oleh-oleh tidak biasa dari Australia yang dapat kamu bawa pulang untuk orang-orang tercinta. Kami jamin, saking tidak biasanya hadiah-hadiah ini, mereka tidak akan menyingkirkannya seperti suvenir biasa lainnya 😌 P.S. Ingin mengganti tujuan ke New Zealand? Lihatlah daftar 10 camilan ramah-muslim dari supermarket NZ yang wajib dibeli!