icon
icon
article hero

14 Hal Luar Biasa Yang Wajib Kamu Lakukan di Osaka Tahun 2019 Ini

AvatarName

Vina Noviana  •  Nov 18, 2019

icon

[You can read the article in English here] Terletak di wilayah Kansai, Jepang, Osaka selalu masuk dalam daftar kunjungan bagi para wisatawan. Terkenal atas arsitektur tradisional, kawasan belanja, dan berbagai pemandangan uniknya, kota yang menyenangkan ini jelas menarik para turis dalam jumlah besar. Jika kamu butuh alasan lebih untuk memesan tiket penerbanganmu ke Osaka, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata utama yang akan kamu sukai untuk dijelajahi!
Kredit: GIPHY Sebelum merencanakan seharian berjalan-jalan di Osaka, beginilah cara menjelajahi kota tanpa menghabiskan banyak uang untuk transportasi dan tiket masuk. Belilah Osaka Amazing Pass untuk mendapatkan akses ke 30 wisata ikonik di Osaka! Lengkap dengan penggunaan tidak terbatas subway, tramway, dan sistem bus dalam kota, simpan pas ini dalam kantongmu dan kamu siap berangkat!
1. Ikuti petualangan taman hiburan di Universal Studios Japan
Membayangkan mengejar Golden Snitch yang sulit ditangkap bersama Harry Potter dan teman-teman, atau menyelamatkan hari bersama Spiderman, merupakan alasan yang cukup untuk membeli tiket masuk Universal Studios Japan. Dikenal sebagai salah satu taman hiburan paling sering dikunjungi di Jepang, Universal Studios Japan memiliki beragam wahana dan atraksi, termasuk Wizarding World of Harry Potter!
Credit: @bananavan on Instagram  Banyak sekali hal untuk dilakukan dan dilihat di Wizarding World of Harry Potter. Baik kamu naik wahana Harry Potter and the Forbidden Journey, ataupun menyeruput segelas butterbeer hangat di hari yang indah, kamu akan merasakan tiap aktivitas di sana seperti di film.
Hal lainnya yang membuat para penggemar taman hiburan senang adalah Minion Park! Selain berfoto-foto dengan para minion menggemaskan, kamu bisa naik wahana Despicable Me Minion Mayhem atau berseluncur es di wahana Freeze Ray Sliders. Agar kamu bisa memaksimalkan waktumu, kami memiliki banyak tips rahasia untuk sebuah kunjungan seru di Universal Studios Japan! #Tips HHWT: Pesan Universal Studios Japan Express Pass di Klook untuk menghindari antrian panjang! Lompati antrian panjang untuk The Amazing Adventures of Spiderman, Despicable Me Minion Mayhem, The Flying Dinosaur, dan lainnya. Harap diingat bahwa ada waktu masuk khusus untuk The Wizarding World of Harry Potter selama jam sibuk. Kamu bisa membeli tiket tersebut di hari kunjungan atau menggunakan Express Pass. Jam buka: Cek situs web mereka karena jam buka bervariasi Alamat: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana-ku, Ōsaka-shi, Ōsaka-fu 554-0031, Jepang Website | Facebook [Catatan: Mencari tips taman hiburan? Cek tips Universal Studios Japan terbaik kami yang akan sangat berguna untukmu!]
2. Temui berbagai makhluk laut di Osaka Aquarium Kaiyukan
 Di mana lagi kamu bisa berpetualang di sekitar Cincin Api Pasifik sambil mempelajari kehidupan laut di sepanjang Lingkar Pasifik? Jawabannya, hanya di Osaka Aquarium Kaiyukan! 
Yang unik dari tempat ini adalah jalur spiral yang menjulang sampai beberapa lantai, memberikanmu kesan pengembaraan epik menuju bawah laut, mulai dari habitat darat sampai habitat laut hingga ke dasar laut! Dari Kepulauan Aleut, Karang Penghalang Besar, sampai Laut Jepang – itu hanya sebagian kecil dari 16 pameran utama yang akan bisa kamu jelajahi.
Kredit: Geoff Stearns di Flickr Ukuran akuariumnya yang luar biasa saja akan membuatmu terpesona. Akuarium tersebut bermuatan 27 tangki dengan total volume sekitar 10.000 ton air! Tangki terbesar, dan juga sorot utama akuarium, adalah pameran Samudra Pasifik. Dengan kedalaman 9 meter dan bermuatan 5.400m3 air, bukan hal mengejutkan kalau tangki tersebut dapat menempatkan seekor hiu paus – si bintang atraksi di Kaiyukan! #Tips HHWT: Beli e-ticket Osaka Aquarium Kaiyukan dari Klook untuk melewati antrian! Kamu hanya perlu memindai QR code di pintu masuk pada hari kunjunganmu, dan kamu bisa langsung masuk. Jam buka: Buka setiap hari; pukul 10.00-20.00 (Harap diingat bahwa jam buka bervariasi sesuai musim, jadi cek situs web mereka untuk pembaruan terkini) Alamat: 1 Chome-1-10 Kaigandori, Distrik Minato, Osaka, Prefektur Osaka 552-0022, Jepang Website | Facebook | Instagram
3. Mengagumi arsitektur Osaka Castle
Kredit: Inaki Perez de Albeniz di Flickr  Osaka Castle, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Osaka, mungkin merupakan lambang ketahanan orang Jepang. Pada awalnya kastel ini dibangun pada tahun 1583 oleh Toyotomi Hideyoshi untuk menunjukkan kekuatan, namun kastel ini dikepung dan dihancurkan oleh Shogun Tokugawa pada tahun 1615. Meskipun dibangun ulang, sayangnya tempat ini tersambar petir beberapa tahun kemudian, dan setelah itu sisanya dibakar pada tahun 1868, tepat sebelum Restorasi Meiji. Setelah perbaikan besar pada tahun 1997, Osaka Castle kini merupakan rekonstruksi beton versi asli yang luar biasa, dengan tampilan lebih modern.
Kredit: Anthony G. Reyes di Flickr Donjon atau kastel utama tetap terdiri dari lima tingkat di luar dengan dasar batu tinggi yang mengagumkan, sementara interiornya terbagi menjadi delapan tingkat yang juga menempatkan sebuah museum. Agar kamu tidak terlalu berkeringat, naik saja lift yang akan mengantarkan kamu ke lantai 8 untuk pemandangan panorama kota.
Kredit: Tasayu Tasnaphun di Flickr Kemudian, jalanlah ke lantai bawah agar kamu bisa mengagumi artefak pilihan yang berkaitan dengan Hideyoshi, dan pelajari lebih jauh mengenai masa lalu kastel yang bergejolak. #Tips HHWT: Sebaiknya sesuaikan waktu kunjunganmu dengan periode bunga sakura. Lapangan kastel yang luas merupakan tempat populer untuk hanami (pemandangan bunga sakura) bersama warga setempat! Jam buka:  Buka setiap hari, pukul 09.00-17.00 Alamat: 1-1 Osakajo, Distrik Chuo, Osaka, Prefektur Osaka 540-0002, Jepang [Catatan: Haruskah kamu membeli JR Pass jika bepergian ke Tokyo, Kyoto, dan Osaka? Ayo cari tahu!]
4. Menaiki eskalator tembus pandang sampai lantai atas Umeda Sky Building
Kredit: Ichiro Maruta di Flickr Mau menaiki eskalator tembus pandang yang menangguhkan 40 lantai? Jika kamu tidak takut ketinggian, tempat wisata ini cocok untukmu! Sebuah ikon wisata yang terkenal di Umeda, Umeda Sky Building merupakan sebuah keajaiban arsitektur yang disebut sebagai “Arc De Triomphe Masa Depan”.
Kredit: Nicholas Chou di Flickr Gedung pencakar langit ini terdiri dari dua menara yang tersambung di atas oleh sebuah balkon berbentuk donat yang bernama The Floating Garden Observatory. Rasakanlah sensasi melayang di langit dengan naik eskalator kaca setinggi 40 meter dari lantai 39 ke observatorium terbuka. 
Kredit: floss.yen di Instagram Selain itu, rasakan angin kuat di ketinggian 173 meter di Lumi Sky Walk, tempat kamu bisa mendapatkan pemandangan 360 derajat Osaka beserta area pelabuhan, dan jika harinya cerah, terlihat sampai ke Pulau Awaji! Jika kamu tidak menderita vertigo, lihatlah sekilas melalui lubang di bagian tengah untuk pemandangan bawah tanpa halangan yang mendebarkan.
Kredit: @dalemunchkiin diInstagram  Saat malam hari, Lumi Sky Walk memberikan suasana romantis dengan mengubahnya menjadi pemandangan surgawi bersama LED berwarna-warni yang meniru jalur langit berbintang. Jika kamu datang bersama pasanganmu, Oath Fence (Pagar Sumpah) adalah tempat kamu bisa menggantungkan Kunci Hati yang dapat dibeli di sebuah kios di lantai 40.  Jam buka: Buka setiap hari; pukul 10.00-22.30 Alamat: 1-1-88 Oyodonaka, Distrik Kita, Osaka, Prefektur Osaka 531-6039, Jepang
5. Berjalan di tengah berbagai papan iklan berlampu neon di Dotonbori
Dotonbori merupakan distrik hiburan paling ramai yang dipadati oleh ruko perbelanjaan dan restoran. Jalurnya menyambungkan ke kanal dengan nama yang sama dan paling bagus saat malam hari ketika berbagai papan iklan berlampu neon besar dan papan tanda bermesin menyala di pemandangan malam mempesona.
Kredit: @pandan_kookie di Instagram Jangan lupa untuk mampir di Ebisu-bashi – titian utama di kanal – untuk berswafoto dengan papan iklan Glico Man yang terkenal itu, ya! Alamat: Dotonbori, Distrik Chuo, Osaka, Prefektur Osaka 542-0071, Jepang
6. Rasakan pengalaman keramaian berbelanja di Kawasan Belanja Shinsaibashi-suji
Kredit: Sophia Lucero di Flickr Kawasan belanja pertama Osaka, Shinsaibashi-suji, merupakan pengalaman belanja sepanjang 600 meter yang tidak boleh kamu lewatkan! Kompleks berbelanja yang beratap ini diapit oleh perpaduan menarik dari toko eceran, butik modern, serta toserba kelas atas dan sejumlah merek desainer mewah.
Kredit: Watashi わたし di Facebook Jika kamu ingin mengunjungi Harajuku Osaka, datangilah tempat di sekitar Amerika-mura, di barat jalan Mido-suji. Daerah kantong kecil ini merupakan tempat terkenal kafe dan pusat belanja bagi kalangan anak muda dan pengincar barang harga terjangkau. Yang terpenting, sempatkanlah untuk melihat para anak muda Jepang dengan pakaian paling kreatifnya dalam budaya pop Jepang. Kamu juga bisa melihat tempat berbelanja lainnya di Osaka untuk memuaskan kegemaran belanjamu yang terpendam! Jam buka: Buka setiap hari, pukul 11.00-20.00 Alamat: 2 Chome-2-22 Shinsaibashisuji, Distrik Chuo, Osaka, 542-0085, Jepang [Catatan: Merencanakan petualangan Jepang Barat? Cek itinerary 7D6N ramah-Muslim kami untuk Osaka dan Fukuoka!]
7. Mencari ketenangan di Minoh Park
Kredit: @thesojourningseahs di Instagram Loloskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan masukilah bentang hijau Minoh Park. Lembah berhutan ini dapat diakses dengan kereta dan merupakan perjalanan sehari yang luar biasa dari Osaka. Ambil jalur pendakian mudah 3 kilometer di sepanjang Sungai Minoo untuk mencapai Air Terjun Minoh setinggi 33 meter – sorotan utama dari taman ini!
Kredit: @muquan.iijima di Instagram Di perjalanan, mampir dan kagumilah Kuil Ryuan-ji yang indah beserta jembatan merahnya, atau mampir ke Minoh Insect Museum. Selama musim gugur, pohon-pohon berwarna merah api berkilau dan kamu bisa mengemil momiji tempura – daun maple goreng dengan adonan manis. Seusai pendakian, segarkan kaki pegalmu di sebuah pemandian kaki gratis di Yuzuru-No-Ashiyu, yang terletak 3 menit dari Stasiun Minoh di depan lift ke Minoh Onsen Spa Garden. Sumber air panas yang disediakan sama dengan persediaan di spa, dan memberikan banyak manfaat kesehatan!  Jam buka: Buka setiap hari; 24 jam Alamat: Meiji no Mori Minō Quasi-National Park, Minoo, Prefektur Osaka, Jepang
8. Kunjungi kuil Shinto tertua Jepang, Sumiyoshi Taisha
Kredit: Kimon Berlin di Flickr Mari kembali ke masa lalu dan kunjungi Sumiyoshi Taisha – salah satu kuil tertua Jepang yang mengembalikan kita ke abad ke-3. Sebagai kuil utama dari semua kuil Sumiyoshi di Jepang, kuil ini menunjukkan gaya arsitektur Jepang yang murni dan mengabadikan Dewa Shinto yang ditakdirkan untuk melindungi para nelayan, pelaut, dan pelayar lainnya. 
Kredit: chiron3636 di Flickr
Di kuil kuno ini, kamu pasti akan melihat ratusan lentera batu yang didonasikan oleh perusahaan transportasi laut dan lainnya untuk mengharapkan keselamatan perjalanan di laut. Jika kamu beruntung, kamu dapat menyaksikan penampilan bugaku di sebuah panggung batu, atau sekadar bersantai dan merenungkan hidup di Taiko-bashi, sebuah jembatan melengkung cantik di atas kolam yang indah. Jam buka: Buka setiap hari; 06.00-17.00 (April-September), 06.30-17.00 (Oktober-Maret) Alamat: Sumiyoshi Taisha, 2 Chome-9-89 Sumiyoshi, Distrik Sumiyoshi, Osaka, Prefektur Osaka 558-0045, Jepang
9. Kunjungi kuil Buddha pertama dan tertua Jepang, Shintenno-ji
Kredit: @yohsandy di Instagram  Shintenno-ji mendapat kehormatan sebagai kuil Buddha pertama dan tertua yang ditempatkan di Jepang. Didirikan pada tahun 593 oleh Pangeran Shotoku, seorang penganut setia Buddha, bangunan kuil berkali-kali runtuh karena kebakaran di sepanjang abad. Kini, bangunannya terbuat dari replika beton bangunan asli, kecuali batu besar torii (gerbang masuk) yang berasal dari tahun 1294.
Kredit: @mr.delc di Instagram Dengan biaya yang murah, kamu dapat masuk ke bagian dalam, tempat kamu dapat mendaki kelenteng bertingkat lima. Butuh tiket masuk untuk Gokurakujodo Garden, sebagai model dari Western Paradise of Amida Buddha; dan rumah harta karun, tempat lukisan dan relik penting yang berkaitan dengan kuil dipajang. Jam buka: Buka setiap hari; 08.30-16.30 (April-September), 08.30-16.00 (Oktober-Maret) Alamat: 1-11-18 Shitennoji, Distrik Tennoji, Osaka, Prefektur Osaka 543-0051, Jepang [Catatan: Menginap? Cek akomodasi terbaik di Osaka ini (dekat makanan halal lezat!)]
10. Tonton perwayangan tradisional Jepang di National Bunraku Theater
[caption id="attachment_12438" align="alignnone" width="900"]
osaka_attractions32
Kredit: jade0jenkins[/caption] National Bunraku Theater di Osaka merupakan tempat paling penting bagi negara untuk Bunraku – sebuah perwayangan tradisional Jepang yang pertama kali menjadi populer pada Zaman Edo.
Kredit: Tim Buktu di Facebook  Pertunjukan diadakan tiap bulan Januari, April, Juni sampai Agustus, dan November, jadi jangan sampai kamu melewatkan bentuk seni yang menarik ini. Teater yang dirancang dengan baik ini dilengkapi dengan akustik berkualitas terbaik dan menyediakan headset dengan terjemahan Inggris untuk pengunjung asing. Jam buka Cek situs web mereka untuk jadwal pertunjukan  Alamat:1 Chome-12-10 Nipponbashi, Distrik Chuo, Osaka, 542-0073, Jepang Website
11. Menaiki Tempozan Ferris Wheel
Kredit: Jed Scattergood di Flickr Langit merupakan batas dari segala aktivitas yang bisa dilakukan di Osaka, dan menaiki Tempozan Ferris Wheel adalah contohnya. Hanya berjalan sedikit dari Stasiun Subway Osakako, dikatakan bahwa Tempozan Ferris Wheel merupakan salah satu kincir ria terbesar di dunia. Jika kamu tidak takut ketinggian, kamu jelas harus mencoba menaikinya!
Kredit: Miki Yoshihito di Flickr Satu putaran penuh pada kincir ria Ferris ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Saat kamu akhirnya berada di bagian paling atas kincir, nikmatilah pemandangan membentang Osaka dengan kilasan Gunung Ikoma, pegunungan Rokko, dan Jembatan Akashi Kaikyo. Pemandangannya sungguh berbeda daripada yang lain. Jam buka: Buka setiap hari; pukul 10.00-21.30 Alamat: 1 Chome-1-10 Kaigandori, Distrik Minato, Osaka, 552-0022, Jepang
12. Berjalan mengitari Osaka Museum of Housing and Living
Kredit: @zumoh di Instagram Jika kamu mencari museum yang berbeda dari lainnya, Osaka Museum of Housing and Living akan membuatmu tertarik dengan berbagai cara, karena museum ini menawarkan kilasan rumah dan gaya hidup tradisional di Osaka selama akhir Zaman Edo.
Kredit: @kyooonjung di Instagram  Asyik rasanya mengagumi desain dan pemandangan rumah-rumah di Zaman Meiji, Taisho, dan Showa. Perhatikan berbagai pameran interaktif yang menawarkan sentuhan pengalaman autentik Jepang. Jika kamu ingin memakai kostum, kamu juga bisa menyewa sebuah kimono sambil menjelajahi kota seperti saat dahulu.  Jam buka: Rabu-Senin; pukul 10.00-16.30 (Tutup hari Selasa) Alamat: 530-0041 Osaka Municipal Housing Information Center, 6-4-20 Tenjinbashi, Kita-ku, Osaka [Catatan: Menghabiskan waktu berhari-hari di Jepang? Kamu akan butuh itinerary 10D9N ini untuk menjelajahi Tokyo, Kyoto, dan Osaka (dan berbagai kota menawan di sekitarnya)!]
13. Berfoto di toko buku TSUTAYA yang Instagrammable
Kredit: @jwang815 di Instagram Sangat cocok bagi para pecinta buku, sempatkanlah dirimu untuk mampir ke toko buku TSUTAYA untuk mendapatkan sudut yang Instagrammable dari surga buku ini. Terletak di Hiraka T-Site, gambar ini diambil di lantai lima toko buku, tempat kamu akan menemukan rak yang tingginya mencapai langit-langit, dipenuhi dengan bacaan Jepang yang luar biasa.
Kredit: Alin Ajel di Facebook Kamu mungkin akan terpikat oleh setembok buku pada pandangan pertama, tapi pencahayaannya yang natural dan tata ruangnya yang luas akan membuatmu lebih memuji toko buku ini. Dengan sebuah buku bagus di genggaman, ini akan menjadi tempat bersantai yang sempurna setelah seharian berjalan-jalan. Jika kamu perlu lebih diyakinkan, inilah beberapa alasan kenapa toko buku Instagram-worthy di Osaka ini pantas masuk ke daftar yang wajib dikunjungi olehmu! Jam buka: Buka setiap hari; pukul 07.00-23.00 Alamat : 1 2-2, Okahigashicho, Hirakata, Osaka 573-0032, Jepang (di seberang Stasiun Hirakatashi) 
14. Berbelanja mainan baru di Pokemon Centre
Ada banyak hal di dunia yang akan membuat seseorang begitu gembira, dan salah satunya adalah Pokemon Centre di Osaka. Terletak di lantai 13 Toserba Daimaru Umeda, ini merupakan tempat sempurna bagi anak-anak dan mereka yang berjiwa muda untuk mengelilingi diri dengan karakter favorit Pokemon.
Popularitas Pikachu yang tak tergoyahkan terus berlanjut sampai saat ini, dan kamu bisa mengetahuinya dengan melihat banyaknya boneka Pikachu di rak. Tapi bukan berarti kamu tidak akan menemukan boneka Bulbasaur, Snorlax, dan Charmander menggemaskan yang menunggu untuk dipeluk. Kamu juga akan menemukan merchandise Pokemon lainnya seperti figur karakter, ransel, gantungan kunci, dan buku catatan untuk dibeli. Jam buka: Buka setiap hari; pukul 10.00-22.00 Alamat: 3 Chome-1-1 Umeda, Distrik Kita, Osaka, 530-0001, Jepang
BONUS: Makanan halal dan tempat salat!
Kredit: Halal Restaurant Naritaya Osaka di Facebook Bagi wisatawan Muslim, kemudahan dalam mencari makanan halal dan tempat salat di Osaka adalah faktor pendorong besar. Untungnya, kota Jepang yang terkenal ini memiliki keduanya. Jika kamu lapar, cek makanan halal lezat di Osaka yang akan membuatmu mengucapkan ‘oishii’! Kami juga menemukan bahwa rangkaian okonomiyaki Osaka yang terkenal ini memiliki outlet halal! Memeriksa bahan makanan di Jepang mungkin akan menantang, dan berikut ini  berbagai kalimat dan kata berguna yang perlu diketahui oleh wisatawan Muslim .
Kami tahu betapa pentingnya untuk tetap menunaikan salat setiap hari, terutama di kawasan turis Osaka. Jangan khawatir, kota ini memiliki beberapa tempat salat yang berada di pusat transportasi dan kawasan belanja yang besar. Lengkap dengan tempat salat dan wudu yang terpisah, kunjungilah tempat-tempat salat di Osaka ini untuk menunaikan salatmu. Dengan banyak aktivitas dan pemandangan untuk dijelajahi di Osaka, kamu tahu kamu akan menikmati waktumu di kota yang luar biasa ini. Baik kamu merencanakan petualangan taman hiburan di Universal Studios Japan, ataupun berjalan-jalan di Minoh Park yang indah, tempat-tempat wisata di Osaka ini jelas layak dikunjungi!