icon
icon
article hero

12 Destinasi Wisata Hemat Ala Backpacker Tahun 2016

AvatarName

Ria  •  Apr 11, 2016

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Sabrina. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.]

Dalam urusan mencari destinasi wisata yang ramah kantong untuk dijadikan bucketlist, kami adalah ahlinya. So, berikut ini adalah 12 destinasi wisata terbaik versi #HHWT yang tidak akan membuat kantongmu bolong!

Kredit: giphy

1. Nepal – Pokhara
[caption id="attachment_5035" align="alignnone" width="900"]
pokhara-nepal-sunset-view
Kredit: Marina & Enrique[/caption] Sudah siap untuk kabur sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota dan merasakan perjalanan ala film Eat, Pray, Love? Inilah saatnya untuk berkemas ke Pokhara dan kamu akan disambut dengan pemandangan  sungai-sungai dan pegunungan yang sangat menakjubkan! Bahkan jika kamu tidak berpengalaman menjelajah alam, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti mengunjungi pemukiman Tibet serta kota tua Pokhara dan biarkanlah dirimu melebur  dalam budaya kota yang nyaman ini. Tips #HHWT: Tidak perlu khawatir mengenai transportasi karena kota ini tidak terlalu luas. Kamu bisa dengan mudah menyewa sepeda dengan tarif murah. Di daerah pinggir sungai, kalian bisa menemukan banyak guesthouse atau hostel dengan tarif dibawah Rp200.000 semalam!
2. Hungaria-Budapest
budapest-hungary-Uri-Utca
Kredit: Randy Connolly Khusus penyuka hal-hal berbau historis, Budapest harus menjadi salah satu destinasi wisata dalam bucket list kamu. Mengunjungi Budapest membutuhkan budget  yang relatif murah dibandingkan kota-kota Eropa lainnya. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak situs yang masuk daftar World Heritages. Hal yang terbaik dari semuanya adalah bahwa sebagian besar dari tempat wisata ini gratis! Kabar baik banget buat dompet kita kan. Selanjutnya biarlah foto-foto yang berbicara…. [caption id="attachment_5034" align="alignnone" width="900"]
Budapest-Synagogue
Dohany Synagogue[/caption] Kredit: geolocation [caption id="attachment_5037" align="alignnone" width="900"]
Fisherman’s Bastion
Fisherman’s Bastion[/caption] Kredit: thinkvisual Tips #HHWT: Cek kartu Budapest yang bisa kamu gunakan untuk menghemat tiket masuk tempat wisata dan juga naik kendaraan umum dengan gratis!
3. Malaysia – Ipoh
Ipoh Malaysia
Kredit: @raymond.yk Makanan halal yang lezat selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi Malaysia, yang mana merupakan perpaduan makanan khas Melayu, Cina, dan India. Pulau Pinang biasa menjadi pelabuhan pusat makanan enak, tetapi menurut kami kota Ipoh di Perak dapat dikatakan adalah pesaing yang cukup berat! Selain lebih murah dibandingkan kota terkenal tetangga utaranya, Ipoh mulai menanjak popularitasnya karena menawarkan banyak hotel butik yang terjangkau, berbagai pilihan makanan (murah!) enak (coba bayangin nasi kandar yang lezat, Chinese food halal, es kepal jadul dan juga kafe-kafe hipster) serta merupakan pusat tempat wisata yang bisa Perak tawarkan, mulai dari pemandian air panas Tambun hingga dataran tinggi Cameron yang berhawa sejuk. Tips #HHWT : Seperti Penang, Ipoh sekarang juga memiliki banyak seni mural dan kesenian jalanan yang menggambarkan Perak tempo dulu, budaya populer Malaysia hingga permainan klasik anak-anak. Berburu mural dan berfoto ria merupakan cara asyik tersendiri untuk menghabiskan hari di Ipoh, sebelum akhirnya ditutup dengan menikmati secangkir kopi di kafe-kafenya. 
4. Kamboja – Siem Reap
Siem Reap - Cambodia
Kredit: pandavacations Jika kamu adalah pencinta sejarah dan senang mengunjungi sisa-sisa situs kuno, Angkor Wat di Siem Reap wajib kamu kunjungi.  Siap-siap terpesona oleh keindahan bangunan dan relief menarik yang tergambarkan di candi-candi batunya. Banyak atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan seperti berburu barang murah (dengan tawar menawar) di pasar jalanan, mengunjungi desa terapung untuk menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan diatas sungai Tonle Sap.  Bagian terbaiknya yaitu ada banyak restoran halal dan akomodasi yang ramah Muslim di Siem Reap! Tips #HHWT: Bawalah uang dollar (USD) ketika berwisata di Kamboja –hampir sebagian besar tempat  wisata dan tempat makannya hanya menerima uang dollar. Selain itu, hal ini juga memudahkan ketika kamu ingin menukarkan kembali kelebihan uang saku ke mata uang asalmu! 
5. China - Xi’An
[caption id="attachment_4277" align="alignnone" width="900"]
Great Mosque
Masjid Xi'an[/caption] Mulai dari kekayaan historisnya hingga Chinese food halal yang lezat, kamu tidak akan kehabisan hal-hal yang bisa dieksplor dan dilakukan di Xi’an.  Yang paling mengejutkan adalah biaya untuk mengunjungi kota ini relatif cukup murah. Entah itu mampir makan ketika dalam perjalanan ke kawasan Muslimnya ataupun mengunjungi tempat wisata dengan kendaraan umum, keduanya sama-sama murah dan murah! [Baca juga: 5 alasan mengapa Xi’an harus masuk dalam bucket list wisata kamu] Tips #HHWT: Jika kamu berencana mengunjungi situs Pasukan Terakota, naiklah bus umum dari Stasiun Kereta Xi’an (bus no. 306) dengan tariff hanya sekitar Rp13.500 (1USD)! Harga ini jauuuuh lebih murah dibandingkan ikut tur wisata sehari. 
6. Thailand - Chiang Mai
Chiang Mai-Thailand
Kredit: golforient Chiang Mai sudah pernah kami kunjungi and we love it! Dengan makanan kaki lima lezat seperti ketan mangga (siapa yang bisa menolak godaan buah mangga segar?), pasar yang bisa kamu tawar sepuasnya, budaya yang sangat ingin kamu melebur didalamnya (desa payung Bo Sang merupakan favorit kami) hingga tempat perlindungan atau suaka bagi gajah-gajah yang disalahgunakan dan terluka yang bisa kamu kunjungi dan berkontribusi di dalamnya (kamu akan tahu mengapa kamu seharusnya TIDAK menunggangi gajah setelah mengunjungi suaka ini). Chiang Mai merupakan surga Thailand bagian selatan yang harus kamu jelajahi sekarang juga!
Elephant Chiang Mai
Kredit: saveelephant Tips #HHWT : Jika kamu tidak takut terhadap ketinggian (atau jika iya pun, inilah saatnya kamu untuk mengatasinya!), kamu harus cek zip lining di Chiang Mai. Banyak kegiatan seru di sana dan rasakan sensasi adrenalin ketika bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lain yang membuatmu merasa seperti Tarzan!   
 7. Kroasia
Dubrovnik-Croatia
Kredit: europeanfestival  Kamu mungkin akan dengan mudahnya melewatkan Kroasia jika sedang merencanakan perjalanan ke Eropa menuju negara tetangganya yang lebih populer seperti Italia dan Venesia di Austria, tapi kami disini mengingatkanmu bahwa Kroasia adalah negara yang layak untuk dikunjungi! Dengan nilai tukar mata uang yang wajar, sejarah serta budayanya yang kaya, pantai kerikilnya yang fantastis, jalur sepeda yang tersedia (terutama buat kamu yang suka menikmati pemandangan dengan bersepeda) serta surganya seafood, siapkan dirimu untuk mengeksplor semua hal yang ditawarkan Kroasia.
Rijeka Mosque Croatia
Kredit: islamicartsmagazine Tips #HHWT: Kroasia memiliki sejarah panjang dengan Islam, meskipun penduduknya dominan beragama Katolik. Bila kamu sedang berada di ibukota Kroasia, jangan lupa untuk mengunjungi masjid Zagreb yang indah atau masjid Rijeka yang mengagumkan. Merupakan pengalaman yang sangat berharga apabila kamu bisa menyempatkan untuk sholat di masjid Kroasia.
8. Vietnam – Hanoi
hanoi-streets
Kredit: gregorharih Ingin jalan-jalan murah tapi tetap tidak mau ketinggalan pengalaman apapun? Hanoi adalah destinasi yang harus kamu kunjungi karena kekhasan budayanya. Dengan situs indah dan cagar budaya yang tersebar, ada banyak hal yang bisa dikunjungi dengan anggaran terbatas. Yap, cukup dengan sekitar Rp270.000 (20USD) per hari untuk makan, tempat menginap, dan bertamasya. [Baca juga:  7 restoran halal di Hanoi yang harus kamu kunjungi ] Tips #HHWT: Naiklah ojek motor untuk benar-benar merasakan pengalaman layaknya penduduk setempat. Sepuluh menit berkendara akan dikenai tarif dibawah Rp13.500 (1USD) saja.
9. Indonesia – Lombok
Lombok - Indonesia
Kredit: trekkingrinjani Bali terlalu mainstream buatmu? Maka beralihlah ke Lombok, yang juga dikenal dengan sebutan pulau 1000 masjid. Tidak seperti di Bali, makanan halal tersedia dengan mudah di Lombok. Selain itu, di sini terkenal dengan pantai-pantai menakjubkannya, tempat-tempat penyelaman sekitar pulau Gili serta suasana asli yang tidak akan kamu dapatkan di Bali. Kamu juga bisa menikmati villa pribadi dengan harga terjangkau dan lepaskanlah penatmu dengan bersantai menikmati keindahan Lombok dan Gili. [caption id="attachment_5043" align="alignnone" width="1024"]
Lombok, tropical Nippah Beach
Pantai Nippah[/caption] Kredit: matthewwilliams-ellis Tips #HHWT: Jangan khawatir bila kamu bukan tipe orang yang senang bermain di pantai berpasir dan lebih menyukai aktivitas penuh tantangan. Lombok juga memiliki air terjun yang mengagumkan dan bahkan gunung berapi aktif yang bisa kamu daki (atau kamu nikmati dari atas helicopter…. Ehmm walaupun ini bukan pilihan untuk pelancong yang berhemat). Lombok menawarkan segalanya.
10. Perth, Australia bagian barat
Perth
Kredit: robdose Dengan suasana asik serta tata kota yang menakjubkan, Perth masuk dalam daftar liburan setiap orang yang berangan-angan mengunjungi negeri Kangguru. Jaraknya yang cukup dekat dari Singapura dan Malaysia, banyaknya penerbangan murah menuju ke sana serta nilai tukar mata uang dolar Australia yang menurun, adalah beberapa alasan yang tepat untuk mengunjungi Perth. Tidak hanya karena kota nyaman ini terkenal dengan sunset-nya, pantai-pantai indah, budaya serta alamnya, banyak hal juga yang bisa dilakukan jika kamu pergi menyusuri sepanjang pantai barat Australia via darat –pantai pasir terputih di Australia dapat kamu tempuh dengan 8 jam saja! Tips #HHWT: Mengelilingi Perth tidak akan menguras kantongmu karena kamu bisa menjelajah gratis dengan bus CAT (Central Asia Transit) yang akan mengelilingi tempat-tempat menarik kota ini. Jika kamu berencana mengunjungi Fremantle (yang tersohor dengan fish and chips-nya), kamu bisa menjelajah area tersebut dengan sepeda secara cuma-cuma!
11. Yunani – Crete/Lemnos
Lemnos Harbour, Greece
Ketika membahas Yunani, di benak kita pasti akan membayangkan Santorini dan liburan mewah. Meskipun Yunani tetap tidak semurah destinasi wisata lainnya dalam artikel ini, akan tetapi biaya liburan ke sana akan menjadi lebih murah disebabkan keadaan ekonomi saat ini. Jadi abaikan kota-kota destinasi yang sudah umum (yap, yang kami maksud adalah Santorini, Athena atau Mykonos) dan tanpa kamu sadari biaya liburanmu akan jauh lebih murah! Sebaliknya, coba kunjungi Crete atau Lemnos yang tidak akan penuh sesak oleh turis. Crete terkenal dengan makanan vegetarian sementara Lemnos terkenal dengan seafood , sehingga kamu bisa menikmati budayanya sembari berwisata kuliner khas daerahnya. Tips #HHWT: Jika kamu merencanakan liburan musim panas, ingatlah bahwa biayanya akan sedikit lebih mahal pada bulan Juli/ Agustus.
12. Filipina – Boracay
Boracay Boat Station Beach
Boracay berarti pantai-pantai pasir putih dan meskipun telah dikenal luas oleh para turis selama ini, Boracaƒy tetap menjadi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi! (tempat tujuan pelarian sementara yang sempurna bukan? 😝) Hal terbaiknya yaitu kamu bisa mencari tempat menginap yang murah di dekat pantai-pantai ternama dan berolah raga air sepuasnya hanya dengan Rp54.000 (4USD) (banana boat)! Masih kurang meyakinkan? Baca juga 6 alasan mengapa kamu wajib mengunjungi Boracay!