icon
icon
article hero

10 Tips Memasak dengan Cepat dan Mudah di Bulan Ramadan

AvatarName

Muhammad Thommi Ilman  •  May 15, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Banyak dari kita harus memasak makanan di rumah, terutama di bulan Ramadan tahun 2020! Namun, mengingat ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan dan berbagai kesibukan lainnya, ada kalanya memasak makanan untuk berbuka puasa terasa berat 😅 Kredit: Giphy Oleh karena itu, kami merangkum tips memasak ini untuk membantumu menyiapkan makanan dengan cepat dan mudah di bulan Ramadan!  P.S. Kamu masih mencari resep makanan untuk stok di rumah? Lihat saja daftar resep makanan ini!
1. Beli bahan-bahan siap masak atau siapkan bahan makanan dari jauh-jauh hari
Ketika memasak, menyiapkan bahan-bahan makanan, seperti mengupas bawang putih, membersihkan sayur, atau memotong daging, sering kali menghabiskan banyak waktu. Setelah bekerja seharian, kita mungkin tidak ingin melakukan ini semua menjelang waktu berbuka puasa 😅 Untungnya, ada beberapa cara untuk mempersiapkan bahan makanan dari jauh-jauh hari!
 Salah satu caranya adalah membeli bahan-bahan siap masak yang dijual di supermarket. Sebagai contoh, jika membeli paket bahan untuk sayur asam, kamu mungkin akan mendapatkan jagung, kacang panjang, labu siam, cabai merah, dan biji melinjo muda. Paket bahan ini bisa membantumu membeli dan menyiapkan makanan dengan lebih cepat. Kamu juga bisa membeli bahan-bahan makanan yang sudah dikupas, seperti bawang putih, kacang merah, dan lain-lain.  Kalau lebih suka menyiapkannya sendiri, kamu bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Luangkan waktu di akhir minggu untuk menyiapkan bahan-bahan makanan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa dipakai selama seminggu. Kamu bisa mengupas bawang putih atau membuat bumbu dengan blender bersama bahan-bahan lain. Bumbu ini bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di lemari es. Alhasil, ketika memasak, tinggal memakai bawang yang telah dikupas atau bumbu yang telah disiapkan.😃 Untuk bahan lain seperti bawang bombai, kamu bisa mengupas kulitnya dan menyimpannya di dalam lemari es (jika disimpan di dalam lemari es, bawang bombai tahan hingga 10 - 14 hari). Selain itu, kamu juga dapat memotongnya dan memasukkannya ke dalam wadah tertutup untuk disimpan di dalam lemari es selama satu minggu.
2. Beli bumbu instan dan bumbu siap masak
 Bagi sebagian orang, memasak mungkin adalah aktivitas yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Untungnya, ada banyak bumbu instan dan bumbu siap masak yang bisa dipakai untuk memasak makanan Indonesia dengan cepat dan mudah! Misalnya bumbu nasi goreng, soto ayam, sop, dan rendang. Biasanya bumbu-bumbu ini bisa ditemukan di supermarket di rak tepung dan bumbu. Dengan memakai bumbu instan dan bumbu siap masak, kamu hanya perlu mencampurnya dengan bahan-bahan lain yang telah disiapkan, seperti nasi, daging ayam, dan lain-lain. 
3. Sediakan makanan kering, beku, dan kalengan sebagai bahan tambahan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu tidak perlu menyiapkan dan membuat sendiri semua bahan makanan. Terkadang, memasak protein, karbohidrat, dan sayuran tidaklah mudah, terutama ketika waktu berbuka puasa sudah dekat. Oleh karena itu, alih-alih menyiapkan dan memasak semua bahan, kamu bisa menggantinya dengan makanan kaleng, beku, atau kering.  Sebagai contoh, jika ingin memasak nasi goreng, tetapi tidak punya waktu yang cukup untuk menyiapkan daging ayam, kamu bisa memakai tuna kaleng atau kornet sebagai penggantinya. Selain itu, apabila kamu memasak sop atau sup krim, sayuran beku (biasanya berisi kacang polong, buncis, dan wortel) dapat ditambahkan ke dalamnya.
4. Buat stok makanan dari jauh-jauh hari
Selain menyiapkan bahan-bahan siap dimasak, menyiapkan stok makanan dari jauh-jauh hari akan sangat membantumu membuat hidangan berbuka puasa. Hal ini menjadi pilihan populer bagi orang-orang yang tidak bisa meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk memasak. Dengan menyediakan waktu di akhir minggu untuk memasak, kamu bisa membuat makanan dalam jumlah yang banyak hingga cukup sampai seminggu. Setelah membuatnya, makanan dapat disimpan di dalam lemari es atau freezer agar tahan lama (pastikan makanan disimpan dengan baik di dalam wadah yang tertutup ya). Selain itu, kamu juga bisa menyimpan makanan yang tidak habis di dalam lemari es. Makanan yang disimpan bisa kamu keluarkan dan hangatkan kapan pun kamu mau 😉
5. Buat daftar resep makanan yang tidak membutuhkan banyak bahan
Ada kalanya hal yang paling melelahkan ketika memasak bukanlah proses memasak itu sendiri, melainkan menentukan makanan yang ingin dimasak. 😅 Memilih makanan yang ingin dibuat untuk berbuka puasa memang tidak mudah, terutama jika kamu memasak untuk keluarga yang memiliki selera masing-masing. Hal ini bisa dihindari dengan memuat daftar resep makanan yang gampang dibuat. Sebaiknya resep-resep ini tidak membutuhkan banyak bahan, dapat dibuat dengan alat masak yang ada di rumah, dan tentunya lezat!
Kamu tidak perlu mencari resep yang rumit untuk membuat masakan yang lezat; pasta yang dicampur dengan saus instan atau nasi goreng yang dimasak dengan bahan-bahan yang ada juga tetap enak kok. Yang terpenting, resep-resep ini bisa diandalkan untuk membuat makanan yang enak dan bergizi untuk berbuka puasa saat kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. P.S. Butuh resep-resep yang gampang dibuat? Lihat daftar resep rice cooker ini!
6. Buat masakan one-pot atau one-pan 
One-pot meal dan one-pan meal adalah hidangan yang dimasak dengan menaruh semua bahan di satu panci atau wajan. Dengan demikian, kamu bisa membuat hidangan tanpa harus memasak bahan-bahan secara terpisah. Masakan ini bisa membantumu membuat hidangan untuk berbuka puasa dengan cepat, dan kamu juga tidak perlu mencuci banyak alat masak. Berbagai resep makanan one-pot meal dan one-pan meal bisa ditemukan di internet, jadi carilah resep yang kamu suka. Salah satu contoh resep yang bisa kamu coba adalah resep ayam dan kentang panggang yang dibuat oleh As Easy As Apple Pie.
7. Siapkan bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis makanan
Apabila kamu tidak mau menyantap makanan yang sama selama satu minggu (keluhan yang sering muncul ketika memasak 😅) tetapi ingin menyiapkan makanan dari jauh-jauh hari, salah satu tips yang bisa dicoba adalah menyiapkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan. Salah satu bahan makanan yang sering dipakai untuk memasak beraneka macam hidangan adalah ayam panggang (kamu bisa membelinya jika tidak memiliki oven untuk memasaknya). Ayam panggang bisa disuwir, diiris, atau dipotong menjadi dadu untuk memasak berbagai makanan, seperti sup, nasi goreng, atau roti lapis. Kalau ingin memanfaatkan semua bagian ayam, kamu bisa memakai tulang-tulangnya untuk membuat kaldu ayam yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat makanan berkuah lainnya.  Selain ayam panggang, bahan makanan lain yang serba guna ialah telur rebus. Telur rebus dapat disimpan selama satu minggu di dalam lemari es dan dipakai untuk memasak berbagai jenis makanan - dari roti lapis(cocok untuk sahur!), telur balado, hingga gulai. Memasak telur rebus juga sangat gampang sehingga kamu bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat. 
8. Rencanakan menu buka puasa dan sahur
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menentukan makanan yang ingin dimasak setiap harinya bisa membuatmu bingung. Selain memiliki daftar resep makanan yang mudah dibuat, merencanakan menu buka puasa dan sahur dapat menjadi pilihan alternatif bagi orang-orang yang suka memasak dari jauh-jauh hari. Selain itu, dengan merencanakan menu makanan untuk satu minggu ke depan, kamu bisa menentukan jenis dan jumlah bahan yang diperlukan. Dengan demikian, kamu dapat membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak selama beberapa minggu. Alhasil, kamu pun dapat mengurangi bepergian keluar.  Mengingat kita tengah menjalankan ibadah puasa, jumlah makanan yang diperlukan pun berkurang. Apabila sebelumnya kamu tidak pernah membuat menu makanan, bayangkan menu yang biasa kamu lihat ketika bersantap di tempat makan. Pada dasarnya, kamu membuat daftar hidangan yang akan dimakan selama satu minggu ke depan. Dengan membuat menu makanan, kamu bisa menyesuaikan jenis masakan yang akan disantap dengan jadwal sehari-harimu. Sebagai contoh, kalau memiliki deadline di hari tertentu, kamu bisa memasak makanan yang gampang dibuat untuk hari tersebut atau membuat hidangan dalam jumlah yang lebih banyak pada hari sebelumnya.  Beberapa orang mungkin tidak ingin terkekang dengan rencana dan lebih memilih untuk memasak sesuka hati mereka. Kalau kamu adalah orang yang seperti itu, cari inspirasi untuk makanan berbuka puasa dan sahur di media sosial, video YouTube, dan lain-lain. Hal ini dapat mendorongmu untuk membuat makanan lezat yang bervariasi yang akan membuatmu semakin semangat untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.
9. Modifikasi makanan siap saji ketika kamu sedang malas memasak
Terkadang ada waktu tertentu ketika kamu malas sekali memasak. 😂 Namun, itu adalah hal yang wajar! Ketika hal itu terjadi, kamu bisa memesan makanan dari luar. Namun jika hal ini tidak bisa dilakukan, sebaiknya kamu menyiapkan makanan siap santap dan makanan instan yang bisa dibuat dengan cepat dan mudah. Baik mi instan, kornet, ataupun sarden kaleng, makanan ini dapat menjadi penolong ketika kamu tidak bersemangat untuk memasak. Walaupun sebaiknya jangan terlalu sering makan makanan instan, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain agar makanan ini menjadi lebih bergizi! Misalnya, apabila kamu memasak mi rebus instan, tambahkan sayuran (seperti pakcoy atau sawi) ke dalam kuah bersama telur, daging ayam, atau bahan lainnya.
10.  Pakai alat masak yang mudah dipakai dan mempersingkat waktu memasak
 Alat masak adalah kunci untuk membuat makanan dengan efisien. Tidak peduli seberapa tinggi kualitas bahan-bahan makanan, jika alat masak yang dipakai tidak sesuai atau kamu tidak bisa memakainya dengan benar, maka masakan yang dibuat pun tidak akan sesuai harapan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan mengenai alat masak.  Pertama, jika memungkinkan, beli alat-alat masak yang bisa menyiapkan makanan dengan lebih cepat, seperti blender, air fryer, atau food processor. Kedua, selain alat masak elektronik, memiliki alat-alat masak seperti pisau, parutan, atau panci yang berkualitas tinggi bisa membuatmu memasak dengan lebih cepat. Terakhir, gunakan alat masak yang ada sebaik mungkin! Apakah kamu tahu kalau rice cooker bisa dipakai tidak hanya untuk menanak nasi, tetapi juga memasak pasta, pancake, dan lebih banyak lagi? Intinya, alat-alat masak yang kamu punya memiliki berbagai kegunaan, jadi pastikan kamu tahu cara memakainya dengan baik. Memasak sendiri makanan untuk berbuka puasa di bulan Ramadan adalah hal yang sangat baik, terutama ketika kita harus berdiam diri di rumah mengingat situasi yang terjadi di sekeliling kita. Semoga tips ini bisa membantumu memasak dengan lebih efisien, jadi kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk beribadah dan melakukan aktivitas lain.😊 Selamat memasak!