icon
icon
article hero

10 Tips Fotografi Untuk Jadi Suami Instagram Terbaik

AvatarName

Makna Sinatria  •  Oct 26, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Bayangkan berjalan melewati kafe hipster dan tiba-tiba, istrimu menoleh dan berkata, "Sayang, bisa ambilkan fotoku?” Dia benar; kafe itu memang terlihat bagus untuk Instagram. Kamu mengangguk, dia berpose, lalu kamu menunjukkan foto tersebut padanya. Istrimu merenung sejenak, tapi kamu paham dari kerutan dahinya bahwa foto itu tidak terlihat bagus. "Maaf sayang, bisa ambil sekali lagi?” 😉 Kami paham kalau ini sulit. Kamu bisa saja menikmati peran baru menjadi suami Instagram, atau bisa saja tidak. Tetapi kamu amat mencintainya, jadi kau turuti semua permintaannya karena itu bisa membuatnya bahagia. Dan melihatnya bahagia juga membuatmu tersenyum.
Kredit: GIPHY Menjadi Suami Instagram membutuhkan dedikasi dan kesabaran. Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan mata untuk fotografi dan hati untuk mengabadikan momen. Kalau kalian Suami Instagram yang bersemangat meningkatkan kemampuan, kami di sini untuk membantu! 😄 P.S. Jalan-jalan dengan kekasihmu? Malaysia Airlines memiliki Travelicious Deals dengan diskon hingga 35%. Pesan sekarang dan mulai rencanakan liburan kalian berikutnya!
1. Memilih latar belakang
Kredit: @gitasav di Instagram Kalian pernah baca ini sebelumnya, dan ini adalah aturan dasar untuk foto Instagram yang populer. Setting yang menjadi latar belakang obyek foto (istri cantik kalian😉) amatlah penting. Saat kalian menjelajah kota bersejarah, carilah latar belakang yang menarik perhatian. Kemungkinan ini tidak terbatas. Kalian bisa saja menemukan mural yang semarak penuh warna atau bangunan tua atau ruko tradisional.
Kredit: @ameliaelle di Instagram Kalau kalian menemukan latar belakang yang membuatmu ber-“oh!”, segera beri tahu istri kalian. Pasangan kalian akan senang hati berpose di depan kamera dan memamerkan blus yang baru kalian belikan untuknya. Saat dia bergerak dengan berbagai pose, cobalah untuk menangkapnya di tengah atau samping frame kamera dan memotret saat dia siap 📸
2. Temukan pencahayaan yang sempurna 
Kredit: @alfdns di Instagram Menangkap foto istri kalian dengan cahaya yang bagus adalah keharusan. Fotonya tidak akan mendapatkan banyak like di Instagram kalau terlihat suram atau terlalu terang. Kalau kalian berencana untuk melakukan pemotretan di luar ruangan pada siang hari, perhatikan juga sumber cahaya alami. Arahkan dia untuk duduk di dekat jendela atau menghadap langit terang. 
Kredit: @viratandia di Instagram Saat matahari terbit dan terbenam adalah waktu yang sempurna untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan lembut dan romantis 😌 Untuk memaksimalkannya, kalian bisa mengajaknya keluar untuk piknik atau sarapan pagi. Jadi kalian bisa merencanakan sesi #OOTD setelahnya.
3. Potret dengan gaya simetris
Kredit: @inayustian_ di Instagram Ah, kalian tidak akan bisa mengacaukan foto simetris. Bahkan, ini gampang dilakukankarena sebagian besar kamera ponsel dilengkapi garis kisi-kisi untuk mencegah garis miring. Ini sangat berguna saat kalian melakukan pemotretan mini di luar ruangan di mana sebagian besar latar belakangnya adalah bangunan, jalan, atau lanskap alam.
Kredit: @sorayaulfa15 di Instagram Cara terbaik untuk mempraktikkan seni simetri adalah dengan menempatkan subjek di tengah bingkai. Kemudian, gunakan latar belakang dan garis kisi-kisi ponsel kalian untuk menyesuaikan bingkai. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan pintu, lantai, atau tangga sebagai referensi untuk menyelaraskan gambar dengan sempurna. 😉
4. Perhatikan susuan spasial 
Kredit: @voguemvslim di Instagram Kalau kalian ingin mengambil foto yang terlihat simpel tapi cantik, buat dampak besar dengan menggunakan ruang yang mengelilingi subjek. Tetap berpegang pada ‘Aturan Ketiga’ saat mengambil gambar, condongkan obyek foto ke tepi atau sisi bingkai.
Kredit: @indahnadapuspita di Instagram Kiat ini sangat berguna kalau kalian memotret pasangan dengan latar belakang yang indah dan langit luas yang menggantung di atasnya. Trik ini tak hanya membantu kalian menggunakan latar belakang sebaik-baiknya, ruang kosong juga membantu menempatkan obyek foto kalian dalam sorotan.
5. Menangkap gerakan 
Kredit: @eduardoely di Instagram Menangkap foto saat istri kalian berjalan-jalan adalah cara yang romantis untuk menampilkan sisi petualangnya. Dari cara dia menikmati pemandangan dan suara dari negeri asing sampai bertukar senyum sopan pada oranglain, momen-momen seperti inilah saat dia terlihat paling alami dan cantik.😌
Credit: @saritiw on Instagram Ponsel-ponsel baru kini mampu memotret subjek bergerak, mulai dari hewan peliharaan yang sedang bermain hingga anak-anak petualang kalian. Kalau istri kalian lebih suka punya banyak pilihan untuk dipilih nantinya, gunakan fitur burst photo dan ambil beberapa foto sekaligus. Ingat untuk menstabilkan tangan supaya jepretan kalian tidak goyah atau buram.  Tip #HHWT: Jalan-jalan dengan kekasihmu? Malaysia Airlines memiliki Travelicious Deals dengan diskon hingga 35%. Pesan sekarang untuk perjalanan yang tak terlupakan sepanjang masa!
6. Bereksperimen dengan sudut
Kredit: @dindatalitha di Instagram Ada berbagai cara untuk menangkap momen #OOTD istri kalian yang sempurna, dan tidak harus selalu diambil dari sisi depan. Triknya adalah eksperimen, dan bermain dengan berbagai sudut. Foto akan semakin menarik ketika suatu sudut yang terpotret makin tidak bisa diprediksi. 
Kredit: @followmeto di Instagram Bagaimana hasilnya kalau istri kalian duduk di tangga dan kalian memotretnya dari atas? Apa yang terjadi ketika kalian memposisikan pasangan kalian di sisi bingkai? Karena kalian akan menjepret berkali-kali, ambil risiko dan bermainlah dengan sudut kamera. Bisa jadi kalian menemukan sisi cantik lain dari dirinya yang belum ditangkap selfie.
7. Potret senyumnya 
Kredit: @yunitameliani_ di Instagram Dapat menangkap momen saat istri kalian terlihat natural dan cantikadalah hal yang indah. Baik itu senyum manis yang dia berikan saat kalian membuatkan kopi atau pipinya yang memerah saat dia mencuri pandang padamu. Ini adalah saat-saat indah yang sempurna untuk kamera.😊
Kredit: @sorayaulfa15 di Instagram Buat lelucon atau pujian manis supaya pasangan kalian tersenyum. Tidak masalah kalau kalian menangkap momen tersebut secara kebetulan atau tidak. Ini semua tentang melestarikan momen bahagia bersama, dan menangkap senyum penuh kasih yang didedikasikan untuk Suami Instagram-nya: Kalian! 😄
8. Temukan detail menarik 
Kredit: @voguemvslim di Instagram Terkadang, detail yang paling tidak terduga dapat membuat perbedaan besar antara foto yang bagus dan yang biasa saja. Kalian bisa saja menemukannya secara kebetulan atau saat kalian sedang berkencan. Bisa jadi dari Hydrangea biru di taman, kursi rotan yang kosong, atau tangga batu bata kecil. Ada banyak detail yang dapat dipotret untuk konten Instagram di sekitar kalian, dan yang kalian butuhkan cuma perhatian
Kredit: @yunitameliani_ di Instagram Saat kalian akhirnya menemukan momen untuk konten Instagram, bersiaplah untuk menggunakan semua trik fotografi ini dan raih peluang ini secara instan! Ingatlah untuk memanfaatkan lingkungan sebaik-baiknya untuk memastikan jepretan foto yang kalian buat tetap menarik dan mudah diingat oleh pasangan kalian. ❤️
9. Bangun percakapan
Kredit: @followmeto di Instagram Mengambil foto Instagram bukan sekadar pengalamanpotret-sambil-lalu. Berbincang dengan istri kalian sambil berusaha mengambil foto yang bagus juga penting. Dengan berkomunikasi dengannya, kalian bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang gaya dan preferensi fotonya.
Kredit: @followmeto di Instagram Arahkan dia untuk berputar saat kalian sadar dia membelakangi cahaya. Beritahu dia kalau fotonya akan terlihat lebih bagus saat dia tersenyum. Kalau kalian menemukan sudut unik, cobalah mengambil sudut itu dengannya. Ini adalah hal-hal kecil yang bisa menghemat waktu dan mempercepat proses jepretan kalian. 
10. Ingat, kesabaran itu indah 
Kredit: @saritiw di Instagram Kesabaran adalah hal yang indah. Kami tahu kalau mengambil foto sepanjang hari amatlah melelahkan, tapi dia menghargai nilai dari gambar yang bagus. Kami tahu akan lebih tegang lagi saat istri kalian menemukan sudut pengambilan foto yang buruk atau dia terlihat jelek (padahal sebenarnya, dia terlihat luar biasa). Dengan sedikit kesabaran, kalian bisa mengubah pengalaman ini jadi momen untuk mendekatkan kalian berdua. 😍
Kredit: @diahestika di Instagram Bersenang-senang juga membuat pengalaman Instagram ini jauh lebih baik. Dengan mengubahnya menjadi momen yang membahagiakan, positif, dan mengesankan, foto yang kalian ambil juga pasti terlihat lebih baik. Pengalaman ini akan menjadi lebih menyenangkan kalau suami Instagram juga memutuskan untuk ikut bersenang-senang, alih-alih merasa buang-buang waktu dan melelahkan. 😄 Itu dia! Kami punya 10 trikfotografi mengagumkan yang bisa kalian pakai untuk meningkatkan kemampuan kalian. Pada akhirnya, kalian perlu memilih latar belakang yang menarik, menemukan pencahayaan yang sempurna, memahami komposisi, dan mengubahnya menjadi pengalaman hebat bagi kalian berdua. Suami Instagram, kalian tahu bahwa kalian punya kapasitas untuk mengabadikan momen terbaiknya! (P.S. kalau kalian memotret momen yang sempurna dan ingin membuatnya terlihat luar biasa, lihat beberapa aplikasi yang akan membuat foto perjalanan kalian benar-benar sesuai keinginan).  Tip #HHWT: Jalan-jalan dengan kekasihmu? Malaysia Airlines memiliki Travelicious Deals dengan diskon hingga 35%. Pesan perjalanan impianmu sekarang!