icon
icon
article hero

10 Tips Anti Gagal untuk Memotret ala Profesional (Hanya Pakai Smartphone!)

AvatarName

Tiara  •  Jul 24, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Bayangkan kamu dan teman-teman sedang jalan-jalan ke sebuah daerah yang Instagramable, lalu kamu berinisiatif untuk memotret mereka. Oke, 2 atau 3 foto berhasil kamu ambil dengan sempurna. Lalu, kamu pun minta mereka untuk mengambil fotomu. Senyum, ganti pose, berputar sedikit, selesai deh! Kamu pun bergegas untuk melihat hasilnya. Namun sayang, foto yang diambil tidak sebagus hasil jepretanmu. Siapa yang sering mengalami ini? Permasalahan utama fotografer amatir seperti kita adalah kita sendiri jarang memiliki foto yang bagus. Nah, untuk meminimalisir hal ini, tim HHWT telah merangkum 10 tips foto anti gagal untuk diterapkan kapanpun kamu memotret atau dipotret oleh orang lain. Jangan khawatir, tips ini tidak melibatkan alat canggih atau keahlian rumit lainnya, cukup dengan smartphone saja!
1. Memilih latar belakang
Tanpa diragukan lagi, latar belakang yang tepat adalah resep anti gagal untuk foto Instagram yang populer. Latar belakang memainkan peranan penting dalam sebuah foto. Misalnya saat kamu menjelajahi sebuah kota, carilah latar belakang yang menarik perhatian. Plihannya pun tidak terbatas. Kalian bisa saja menemukan mural yang penuh warna, bangunan tua, atau mungkin sebuah bangunan tradisional.
2. Temukan pencahayaan yang sempurna 
 Ada yang bilang fotografi adalah seni melukis dengan cahaya. Karenanya, penting untuk menemukan sudut cahaya yang tepat dalam memotret. Kalau kamu berencana mengambil foto di luar ruangan pada siang hari, cara terbaik adalah dengan mengandalkan sumber cahaya alami. Pastikan kamu untuk duduk di dekat jendela atau menghadap sumber cahaya saat berfoto. Beberapa objek yang membentuk bayangan juga bisa jadi aksen menarik untuk fotomu! Saat matahari terbit dan terbenam adalah waktu yang sempurna untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan lembut dan hangat. 😌
3. Terapkan komposisi yang simetris
Foto simetris bukan hanya enak dilihat, tapi juga mudah untuk dihasilkan karena sebagian besar kamera ponsel sudah dilengkapi garis panduan pada layarnya. Cara terbaik untuk mempraktikkan seni simetri ini adalah dengan menempatkan subjek di tengah bingkai. Kemudian, gunakan latar belakang dan garis panduan di ponsel kalian untuk menyesuaikan bingkai. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan pintu, lantai, atau tangga sebagai panduan untuk meluruskan gambar dengan sempurna. 😉
4. Perhatikan penempatan objek pada layar
Kalau kalian ingin mengambil foto yang terlihat simpel tapi cantik, jadikan objek foto menonjol dengan memberikan ruang kosong di sekelilingnya alias negative space. Jangan lupa terapkan rule of third, yaitu menempatkan objek foto pada area sepertiga layar. Bertolak belakang dengan aturan simetris yang seimbang di kanan dan kirinya, rule of third  membuat objek foto berada di sisi layar, baik di atas maupun di bawah. Cara ini juga bisa membuat latar belakang yang cantik lebih menonjol. 
5. Memotret saat objek bergerak 
Smartphone zaman sekarang mampu memotret dengan kecepatan tinggi sehingga hasil foto tidak buram meski objek bergerak. Manfaatkan teknologi ini dengan menangkap gerakan dari objek foto. Dengan meminta model bergerak, kamu bisa menangkap pergerakan rambut atau pakaiannya sehingga foto terlihat lebih alami. Gunakan fitur burst photo dan ambil beberapa foto sekaligus. Ingat untuk menstabilkan tangan supaya jepretan kalian tidak goyah atau buram. 
6. Bereksperimen dengan angle foto
Foto yang sempurna tidak harus selalu diambil dari sisi depan dan sejajar. Jangan ragu untuk bereksperimen dan bermain dengan berbagai sudut. Misalnya kamu berfoto di tangga, jangan hanya mengambil angle sejajar dengan model. Coba juga angle rendah untuk menimbulkan kesan ruangan yang tinggi. Jangan lupa untuk mengambil alternatif angle dari sisi lain serta komposisi berbeda sebagai variasi foto.
7. Tersenyum, atau bahkan tertawalah sungguhan 
Alih-alih meminta objek foto berpose, ajaklah mereka untuk memikirkan hal yang menyenangkan, buat lelucon atau beri pujian supaya objek foto tersenyum dan tertawa. Memang tawanya tidak akan terdengar di foto atau sedikit berisik saat proses pengambilan gambar, namun tawa dan senyum tulus ini akan terlihat di hasil fotonya. Selain itu, cara ini juga akan membuat suasana lebih rileks dan menyenangkan.
8. Temukan detail menarik 
 Terkadang, detail yang paling tidak terduga dapat membuat perbedaan besar antara foto yang bagus dan yang biasa saja. Jangan ragu untuk berhenti sejenak ketika melihat detail menarik di setiap tempat yang kamu kunjungi. Meski mungkin spot itu bukanlah daya tarik utama, kamu bisa membuat foto yang menarik dan berbeda dengan memanfaatkan spot tersebut.  Misalnya ketika kamu sedang pergi ke Marina Bay Sands, pemandangan yang bisa kamu foto bukan hanya patung Merlion atau hotelnya saja. Kalau kamu jeli, pemandangan tropis dengan pohon palem yang menjulang pun bisa jadi lokasi yang Instagramable!
9. Komunikasi adalah kunci
Mengambil foto Instagram bukan sekadar memotret sambil lalu. Komunikasi juga penting dalam mengambil foto supaya hasilnya memuaskan. Dengan berkomunikasi, kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang gaya dan preferensi fotonya. Lebih baik lagi kalau kamu pun sudah punya contoh foto bagus dari lokasi yang sama. Jangan lupa arahkan model untuk mendapatkan cahaya yang tepat dan beritahu gaya apa yang sesuai. Ingat, buat model tersenyum dengan mengahaknya bercanda atau beri pujian. Kalau hasilnya kurang bagus, jangan langsung menyerah. Cobalah 2 atau 3 angle berbeda sebagai pilihan. Ini adalah hal-hal kecil yang bisa menghemat waktu dan mempercepat proses pemotretan kamu. 
10. Sabar
 Mengulang beberapa foto di lokasi dan pose yang sama memang bisa melelahkan, apalagi jika tidak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, jadikan proses ini sebagai hal yang menyenangkan dan hadapi dengan sabar. Kesabaran ini akan manis buahnya. Sang model akan mendapatkan foto diri yang bagus, sementara yang memotret semakin mahir dalam mengambil gambar. Jika dilakukan dengan sabar, proses pemotretan ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Itulah dia 10 trik fotografi yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan kemampuan memotret. Pada akhirnya, kamu hanya perlu memilih latar belakang yang menarik, menemukan pencahayaan yang sempurna, memahami komposisi, dan mengubahnya menjadi sebuah potret yang mengesankan. Tips ini pun bisa diterapkan untuk semua jenis foto, baik luar maupun di dalam ruangan. Tidak perlu kamera profesional, dengan tips dan teknik yang tepat, kamera smartphone kamu juga sudah cukup untuk menghasilkan sebuah foto yang mengagumkan! Simak beberapa tempat Instagramable di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk mempraktekkan tips ini dalam artikel berikut: