icon
article-hero

10 Restoran Halal Yang Sayang Dilewatkan Saat Kamu Berada di Chinatown Singapura

avatar-name

Vina Noviana •  Oct 02, 2019


[Artikel ini aslinya ditulis oleh Amira Rahmat. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.]

Kawasan ramai Chinatown Singapura dipenuhi dengan harta karun permata warisan, gang sempit, dan butik indie. Setelah seharian mengarungi kepadatan, kakimu yang lelah dan perutmu yang keroncongan akan sangat butuh istirahat.

Kredit: Giphy

Merasa lapar dan butuh tempat sesegera mungkin hanya untuk mengisi perut dan mengistirahatkan kakimu? Jangan khawatir! Inilah 10 restoran halal di Chinatown Singapura yang akan memberikan energi yang kamu butuhkan.

Catatan: Jika kamu mengunjungi Singapura untuk pertama kalinya, lihat 12 hal luar biasa yang bisa kamu lakukan untuk menjelajahi kota seperti warga lokal!

1. Tok Tok Indonesian Soup House

Kredit: Tok Tok Indonesian Soup House di Facebook

Mengidamkan masakan rumahan Indonesia? Kunjungilah sebuah restoran di Ann Siang Road! Tok Tok Indonesian Soup House membuka outlet pertamanya pada tahun 2016, dan kini sudah ada 3 outlet di seluruh pulau.

Kredit: Tok Tok Indonesian Soup House di Facebook

Banyak sekali hidangan yang bisa kamu pilih karena mereka khusus menjual aspek yang terlupakan dari masakannya: hidangan sup dan cemilan jalanan yang lezat! Cobalah kaldu kentalnya yang dimasak dengan potongan daging sapi empuk beserta Soto Madura, atau Sop Buntut favorit yang dimakan bersama sepiring nasi putih. Jika kamu menginginkan makanan tradisional, ada juga menu utama nasi seperti Nasi Campur Bali atau Nasi Kuning! Dan siapa yang tidak tahan untuk memesan sepiring Sate Ayam sebagai lauknya?

Catatan: Lengkapi pengalaman menikmati hidangan Indonesia yang autentik dengan makanan manis seperti Roti Bakar dan Es Cendol.

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: 18 Ann Siang Road #01-01 Singapore 069698

Jam Buka: 11.00-21.00, setiap hari

Nomor Kontak: +65 6221 1760

Website | Facebook | Instagram

2. Tongue Tip Lanzhou Beef Noodles

Kredit: @tonguetipbeefnoodles di Instagram

Kunjungi jamuan Lamian (mi tarik Tionghoa) halal ini yang telah tiba di daratan kami! Yang membuat mi Lanzhou Lamian berbeda adalah hidangan orisinalnya yang pertama dibuat oleh Muslim Tionghoa Hui, dijual di kedai menggunakan resep dari Dinasti Tang. Tidak lupa juga gaya unik adonan yang ditarik tanpa terlilit!

Kredit: @flavoursandfaith di Instagram

Menunya sederhana, dan jika kamu ingin mencoba hidangan lain di restoran ini, cobalah Signature Beef Nooodles mereka. Bahan supnya terbuat dari 15 bumbu dan dimasak dengan telaten setidaknya selama 10 jam per hari! Apa kami sudah menyebutkan bahwa mereka juga tidak menggunakan MSG? Makanan pedas favorit lainnya untuk para pecinta pedas adalah Mala Spicy Beef Noodles! Terdengar seperti makanan yang sempurna untuk dilahap saat hujan. Pasangkan dengan secangkir Herbal Tea rumahan untuk membersihkan minyak makanan!

Status Halal: Outlet Tongue Top di Chinatown Point masih dalam tahap mendapat sertifikat halal, sementara outlet lainnya di Tiong Bahru Plaza dan Jurong Point sudah bersertifikat halal. Kami sarankan untuk membelinya sesuai kebijakanmu.

Alamat: 133, #01-43 New Bridge Rd, Chinatown Point, Singapore 059413

Jam Buka: 11.00-22.00, setiap hari

Nomor Kontak: +65 9118 3282

Facebook| Instagram

3. Ichikokudo Hokkaido Ramen

Kredit: Ichikokudo Hokkaido Ramen di Facebook

Jika kamu adalah pecinta makanan Jepang dan sedang berada di Chinatown, jangan khawatir, karena ada restoran ramen Hokkaido halal Singapura di dekatnya! Rahasia ramen pengecap bibir ini tentu adalah kaldunya!

Kredit: @ichikokudosg di Instagram

Seruputlah ramen kecap autentik rasa original mereka, yang harganya hanya $9.90! Supnya terbuat dari tulang ayam yang direbus selama berjam-jam dengan 100 persen rumput laut Hokkaido. Kamu tahu bahwa ini sangatlah autentik. Untuk sensasi ekstra, pesanlah Hokkai Jigoku yang terbuat dari sup merah kental dengan campuran miso pedas dan kaldu khas mereka!

Catatan: Suka makanan Jepang? Lihatlah panduan kami tentang restoran top Jepang yang halal di Singapura!

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: #01-02 & K1, 181 South Bridge Rd, China Square Central, 058743

Jam Buka: 11.00-22.00, setiap hari (pesanan terakhir pukul 21.00)

Nomor Kontak: email [email protected]

Website | Facebook | Instagram

4. Segar Restaurant

Kredit: @syahrick di Instagram

Hidangan Zi Char yang terjangkau dan halal? Ya. Porsi besar? Ya. Jika kamu berada di sekitar Chinatown dan mengidamkan hidangan ala Zi Char, kunjungi tempat ini saja! Akan lebih menyenangkan jika kamu ke sana beramai-ramai!

Kredit: Segar Restaurant di Facebook

Dari kari kepala ikan sampai Sambal Kangkong, serta udang telur asin dan pilihan beragam makanan laut, Segar memiliki segalanya yang kamu butuhkan untuk memuaskan keinginanmu akan masakan Zi Char Tionghoa lokal dan masakan Thailand.

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: 133 New Bridge Road, Chinatown Point, #B2-39/40/41, Singapore 059413

Jam Buka: 11.30-21.30, setiap hari

Nomor Kontak: +65 6444 1778

Website | Facebook

5. Subway

Kredit: @greatworldcitysg di Instagram

Kamu tahu kamu selalu bisa mengandalkan Subway jika ingin memakan sandwich. Restoran ini jelas favorit banyak orang dengan lebih dari 44.000 lokasi di seluruh dunia! Dengan menu favorit seperti Subway Melt dan Italian B.M.T., kamu siap untuk menyantap sebuah makanan yang mengenyangkan!

Sandwich dibuat sesuai pesanan dan kamu bisa menyesuaikannya dengan memilih sendiri roti, rasa, keju, dan sayurannya. Bagian terbaik berikutnya adalah kukis Subway! Jika kamu memakan sandwich sebagai menu utama, kamu bisa memasangkannya dengan kukis atau kentang, bersama sebuah minuman bersoda.

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: 133 New Bridge Rd, Chinatown Point #B1-37, Singapore 059413

Jam Buka: 111.00-22.00, setiap hari

Nomor Kontak: +65 6636 2833

Website | Facebook | Instagram

6. Aspirasi Chicken Rice @ Maxwell Food Centre

Kredit: @tigerkiller di Instagram

Rumah bagi banyak jajanan terbaik di negeri ini, Maxwell Food Centre memiliki segalanya! Jajanan pokok yang kamu cari – mulai dari manisan Singapura yang tak lekang oleh waktu sampai penjaja generasi baru ada di sini. Tempat ini tidak hanya menyambut para turis, tapi juga para karyawan yang bekerja di sekitar CBD, dan itu yang membuatnya unik. Para pecinta Nasi Ayam pasti senang mengetahui bahwa Chicken Rice Aspirasi (#01-63) bisa ditemukan di sini! Daripada ayam panggang atau kukus, cobalah sensasi khas mereka: ayam goreng renyah!

Kredit: @nommynomms di Instagram

Para pecinta pedas juga bisa menikmati Sambal Nasi Ayam mereka, dengan ayam goreng dicelup sambal merah pedas yang akan membakar mulutmu!

#Tips HHWT: Tetap perhatikan kedai berpemilik Muslim lainnya di Maxwell Food Centre. Ingatlah untuk memastikan kepada pemilik kedai sebelum membelinya.

Status Halal: Berpemilik Muslim

Alamat: 1 Kadayanallur Street, Maxwell Food Centre #01-63, Singapore 069184

Jam Buka: 10.00-19.00 (Senin-Sabtu), tutup tiap Minggu

Website | Facebook

7. Amoy St Food Centre

Surga makanan lokal mutlak ini adalah rumah bagi jajanan-jajanan klasik favorit, yang juga merupakan tambahan baru bagi kancah makanan lokal. Tidak jauh dari stasiun MRT Tanjong Pagar dan sekitar 15 menit berjalan kaki dari Chinatown, permata ini selalu dipenuhi pengunjung saat jam makan siang. Jika kamu mencari makanan sehat, jangan khawatir karena pusat makanan ini memiliki pilihan yang lengkap dan bernutrisi!

Kredit: @bigbowlsproj di Instagram

Nikmatilah hidangan lezat dari semangkuk nasi salmon di Big Bowls Project (#02-90). Menunya sederhana, namun memuaskan, dan ini juga tempat ramai favorit bagi para pekerja dan turis! Jika kamu baru pertama kalinya ke sini, cobalah Mentaiko Salmon-nya. Protein lezat dan mentaiko (telur ikan) dibakar perlahan, sempurna untuk makanan sehat kapan saja!

Kredit: @una.222 di Instagram

Atau, kamu juga bisa mencoba menu favorit Muslim India yang halal seperti Prata, Maggi Goreng, atau Briyani Rice yang melimpah, dari Bismillah Muslim Food Stall (#01-63), atau Rafee’s Corner (#02-85). Makanan ini kabar baik untuk dompet dan perut kamu loh!

Status Halal: Big Bowls Project, Bismillah dan Rafee's Corner berpemilik Muslim.

Alamat: 7 Maxwell Rd, Amoy Street Food Centre, Singapore 069111

Jam Buka: Bervariasi tergantung masing-masing kedai

8. Royz Et Vous

Kredit: @royzetvous di Instagram

Jika kamu mencari sebuah kafe halal yang nyaman untuk bersantai dan makan setelah berbelanja di Chinatown, mungkin inilah tempat yang harus kamu kunjungi! Royz Et Vous menawarkan hidangan menggiurkan seperti burger sapi wagyu, salmon berlapis herba, dan iga pendek sapi. Jika kamu datang bersama sekelompok teman atau keluarga, pastikan kamu memesan kentang sapi cabai mereka juga! Apakah kamu tahu kalau iga mereka direbus selama 9 jam sebelum dibumbui dengan resep mereka? Makanan ini jelas akan meleleh di mulutmu.

Kredit: Royz et Vous di Facebook

Akhiri makanmu dengan Tropical Summer – campuran dari potongan mangga dan jus jeruk beserta ekstrak stroberi untuk melengkapi makanmu! Jika kamu mengidamkan sesuatu yang manis, mereka juga memiliki beragam kue, namun jangan sampai kamu melewati kue Gula Melaka mereka, ya.

Catatan: Harap diingat bahwa tempat ini tutup antara pukul 16.00-17.00 setiap hari.

Status Halal: Berpemilik Muslim

Alamat: 137 Telok Ayer St, #01-01, 068602

Jam Buka: 11.00-22.00 (Senin-Kamis), 11.00-23.00 (Jumat), 12.00-23.00 (Sabtu), 12.00-22.00 (Minggu)

Nomor Kontak: +65 6293 0270

Website | Facebook | Instagram

9. A Poke Theory

Kredit: @poketheorysg di Instagram

Makanan sehat tidak harus terasa hambar, membosankan, ataupun tawar. Faktanya, kami membayangkan makanan yang tampak enak, terasa lezat, dan nikmat, yaitu Poke Bowl! Berasal dari Hawaii, mangkuk super cantik ini menyajikan nasi yang diselimuti potongan ikan mentah dan dibumbui sesuai pilihan, dengan toping sayuran segar dan disiram dengan berbagai jenis saus.

Kredit: @poketheorysg di Instagram

Buatlah makanan dan minuman menjadi sehat dengan pemacu kesehatan alami mereka – jus dingin! Dengan harga dimulai dari $5.40, kamu akan mendapatkan sebuah makanan yang lezat dan lengkap! Jika kamu lebih suka minumanmu dalam mangkuk, mereka juga menyediakan mangkuk smoothie Superfood luar biasa, yang berisi buah beku dan susu kedelai!

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: 27 Boon Tat St, Singapore 069623

Jam Buka: 11.00-20.00 (Senin-Jumat), 11.00-16.00 (Sabtu), tutup tiap Minggu dan hari Libur Bersama

Nomor Kontak: +65 6904 8189

Website | Facebook | Instagram

10. Tiffany Cafe & Restaurant - Furama City Centre

Kredit: @xjodee_ di Instagram

Tidak jauh dari Furama City Centre di Chinatown, Tiffany Cafe & Restaurant memiliki menu prasmanan internasional yang lengkap untuk makan siang dan makan malam. Kamu bisa mencoba berbagai makanan mulai dari makanan laut segar sampai favorit lokal seperti Hainanse Chicken Rice, Oyster Omelette, sushi, sashimi, dan lainnya. Belum lagi dessert menggugah seleranya – kue berwarna-warni, panekuk yang dapat diambil sendiri, dan Durian Pengat khas mereka yang terbuat dari durian D24! Dengan layanan dan set makanan luar biasa di sebuah restoran yang berdekorasi rona biru elegan, kami yakin kamu tidak akan kecewa berada di sini. Jika kamu datang ke kawasan Chinatown untuk sebuah pertemuan, kafe ini juga sempurna untuk sekelompok teman dan keluarga!

Kredit: Tiffany Cafe & Restaurant di Facebook

Kamu juga mungkin tidak tahu kalau Tiffany Cafe merupakan permata tersembunyi untuk high tea halalnya. Jika kamu sedang ingin mengemil selagi berada di sekitar sini, tidak ada salahnya kamu pergi ke sana untuk kembali mengisi tenaga dan beristirahat. Pilihan high tea jelas merupakan pilihan yang terjangkau. Kamu bisa mencoba kombinasi makanan Inggris dan Asia, dan tentu saja dilengkapi dengan dessert! Mulai dari sandwich mini sampai Siew Mai (siomai), juga kepiting lada hitam sampai Malay Kueh dan keik, kamu pasti akan menikmati sore yang menyenangkan di sini di Chinatown.

Catatan: Jika kamu menyukai prasmanan (siapa yang tidak suka?), inilah 12 prasmanan halal terbaik di sekitar Singapura – harga dibawah SGD30!

Status Halal: Dapur Tiffany Cafe bersertifikat halal.

Alamat: Furama City Centre, 60 Eu Tong Sen Street, Singapore 059804

Jam Buka:

Senin-Minggu: 06.00-10.30 (Sarapan), 12.00-14.30 (Makan Siang), 18.00-22.30 (Makan Malam)

Sabtu dan Minggu: 15.00-17.30 (High Tea Akhir Pekan)

Nomor Kontak: +65 6531 5366

Website

Dengan banyak sekali pilihan makanan halal untuk mengisi kembali energimu selama bepergian di Chinatown, kamu akan tenang karena perutmu tetap kenyang. Saatnya menjelajahi gang kecil dan pemandangan bersejarah dari tempat wisata ini di Singapura!