icon
icon
article hero

10 Masjid Terindah untuk Bucket List Kamu Selanjutnya di Singapura

AvatarName

Sastri  •  Nov 02, 2020

icon

Informasi yang tertera pada artikel ini sesuai dengan kondisi saat dipublikasikan. Artikel asli ditulis oleh Faruq Senin. Kamu bisa membaca artikel aslinya di sini.

Meski mungil, Singapura terkenal sebagai negara yang multikultural. Di Singapura kamu bisa menemukan tempat peribadatan dari berbagai agama, termasuk Islam.

Credit: giphy Jangan salah, masjid indah dan megah di Singapura bisa kamu temukan di beberapa tempat. Beberapa masjid bahkan berusia ratusan tahun, menjadi saksi bisu sejarah Singapura. Jangan lewatkan 10 masjid terindah di Singapura ini ketika kamu berkunjung ke sana nanti 🤗 Note: Jika kamu berkunjung lagi ke Singapura bersama keluarga, jangan lewatkan itinerary 4 hari 3 malam wisata keluarga di Singapura. Jika traveling bareng teman, coba intip 12 spot Instagramable di Singapura beserta tips fotonya!
1. Masjid Sultan
Masjid Sultan adalah salah satu masjid paling ikonik di Singapura. Masjid ini dibangun pada tahun 1824 dan memiliki peran penting dalam komunitas Muslim Singapura selama hampir 200 tahun! Tahukah Anda bahwa masjid ini awalnya dibangun untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama Singapura?

Credit: Masjid Sultan Singapore on Facebook

 Dekorasi Masjid Sultan mencerminkan perpaduan arsitektur tradisional India, Islam, dan Eropa. Masjid ini juga dikenal dengan kubah emasnya yang mungkin dapat Anda lihat dari jauh. Satu fakta menarik - jika melihat lebih dekat ke bawah kubah, Anda akan melihat ratusan botol kaca di bawahnya. Ini sebenarnya dikumpulkan dan disumbangkan oleh orang miskin sebagai sebuah kontribusi, menunjukkan bahwa tidak hanya orang kaya yang bisa berkontribusi. 

Credit: @niiindyaaa on Instagram

Alamat: 3 Muscat St, Singapore 198833 No telp: 6293 4405 Website | Facebook | Instagram

2. Masjid Abdul Gafoor
Dengan arsitekturnya yang menawan, Masjid Abdul Gafoor tak boleh dilewatkan jika Anda berada di kawasan Little India. Masjid ini memiliki arsitektur yang berbeda yang membedakannya dari masjid lain di Singapura dengan pengaruh Romawi, Moor, dan Barat.
Credit: National Heritage Board on Facebook Dinamai berdasarkan pendirinya Shaik Abdul Gafoor bin Shaik Hyder, masjid ini selesai dibangun pada tahun 1910 dan melayani Muslim Tamil dan migran Bawean di daerah Kampong Kapor. Dengan fasad yang begitu memukau, tak heran jika Masjid Abdul Gafoor dikukuhkan sebagai monumen nasional pada 1979!

Credit: @iam_anas_ahmed on Instagram

Alamat: 41 Dunlop St, Singapore 209369 Facebook

3. Masjid Al-Islah
Terletak di Punggol, Masjid Al-Islah adalah salah satu masjid "abad ke-21" di Singapura. Masjid ini memiliki nuansa yang sangat modern tetapi berhasil mempertahankan pengaruh Islam. Melangkah ke ruang shalat, mungkin Anda akan terkejut karena mihrab yang lebih minimalis dibandingkan dengan masjid lain, tetapi mungkin itulah keindahannya. 😍

Credit: @tummyzzy on Instagram

 Masjid ini juga dihiasi dengan pintu melengkung dan layar berkisi yang memungkinkan cahaya alami masuk dan memberikan rasa keterbukaan. Beberapa bagian masjid juga buka 24 jam jadi Anda selalu dipersilakan untuk masuk dan salat. 

🤗

Credit: @aldialfa on Instagram

Alamat: 30 Punggol Field, Singapore 828812 No telp: 6312 5174 Website | Facebook | Instagram

4. Masjid Assyafaah
Masjid lain dengan arsitektur modern adalah Masjid Assyafaah di Sembawang. Kebanyakan masjid di Singapura memiliki pengaruh Timur Tengah yang kuat, tetapi Assyafaah dibangun sebagai alternatif dari model tradisional. Dekorasi masjid juga memberikan nuansa yang sangat ramah dan dimaksudkan untuk mengajak non-Muslim untuk berkunjung dan memahami lebih jauh tentang Islam. 🤗

Credit: @7ul_ea7e1 on Instagram

Dengan dinding mihrab setinggi 4 lantai ditambah dengan cahaya alami dari atap transparan, kamu pasti akan terkagum-kagum di masjid ini. Terlebih lagi, dinding mihrab memiliki ukiran kaligrafi 99 nama Allah 😍

Credit: @kyesum on Instagram

Kamu juga dapat melihat pola geometris Islam di sekitar masjid dari panel aluminium hingga ubin lantai dan karpetnya. Pola-pola ini juga merupakan penghormatan kepada Allah dan mengingatkan kita akan kebesaran-Nya. Alamat: 1 Admiralty Lane, Singapore 757620 No telp: 6756 3008 Website | Facebook | Instagram
5. Masjid Hajjah Fatimah
 Hajjah Fatimah adalah seorang pengusaha wanita kaya. ini adalah salah satu dari sedikit masjid di Singapura yang dinamai menurut nama seorang wanita. Masjid ini dibangun pada tahun 1846 dan memiliki campuran pengaruh Eropa, Melayu, dan Cina. Jika mengamati arsitekturnya, kamu akan menemukan bahwa menara masjid sebenarnya menyerupai puncak menara gereja yang mencerminkan pengaruh Eropa. Tahukah kamu bahwa menara memiliki sedikit kemiringan dan disebut sebagai "menara miring" Singapura? 😱 

Credit: Islamic Religious Council of Singapore (MUIS) on Facebook

Fakta menarik lainnya dari masjid tersebut - pada awalnya merupakan lokasi di mana rumah Hajjah Fatimah berada. Tetapi setelah rumahnya dibobol dua kali dan dibakar, dia memutuskan untuk membangun masjid sebagai tanda terima kasih.

Credit: @hammudeh.sg on Instagram

Tenggelam dalam begitu banyak sejarah, masjid yang mempesona ini pasti harus ada di daftar tujuanmu. Masjid Hajjah Fatimah juga terletak tepat di samping Golden Mile Food Center sehingga kamu bisa mampir dan makan di sana! Alamat: 4001 Beach Rd, Singapore 199584 No telp: 6297 2774 Facebook
6. Masjid Omar Kampong Melaka
Mungkin kamu tidak mengetahui hal ini, tetapi Masjid Omar Kampong Melaka sebenarnya adalah masjid dan tempat ibadah pertama bagi umat Islam di Singapura. Dibuka pada tahun 1820 di daerah Clarke Quay, tempat ini telah bertahan dalam ujian waktu bahkan dengan banyak gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di atasnya.

Credit: Aar Bee on Facebook

 Masjid sederhana ini telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun - awalnya dibangun dengan papan kayu dan atap lipat dan kemudian diganti dengan bangunan batu bata. Sebuah menara baru ditambahkan 100 tahun kemudian pada tahun 1981. 

Credit: Hady Jay on Facebook

Dengan perkembangan di Singapura yang begitu pesat, sungguh melegakan melihat masjid semacam ini masih dilestarikan.

❤️

Alamat: 10 Keng Chow Street, Singapore 059607 No telp: Call 65326764 or Whatsapp 8484 4293 Instagram
7. Masjid Maarof
Meski elatif baru di wilayah Jurong West, Masjid Maarof sebenarnya dinamai dengan nama sebuah masjid di Beach Road yang dirobohkan untuk pembangunan pada tahun 1960. Kamu mungkin dapat melihat masjid dari jauh karena memiliki kubah bundar yang sangat khas. ☺️

Credit: @muddyknee on Instagram

Dengan berbagai corak islami yang menghiasi bagian luar masjid dan mushola, masuk ke masjid ini akan membuatmu serasa berada di museum seni Islam. Ada juga atap transparan yang membuat masjid semakin memukau.

Credit: @afikhart on Instagram

Alamat: 20 Jurong West Street 26, Singapore 648125 No telp: 6515 5033 Website | Facebook | Instagram 
8. Masjid Ar-Raudhah
Berlokasi di Bukit Batok, Masjid Ar-Raudhah telah dibuka sejak 1993. Yang mencolok dari masjid ini adalah desainnya yang zig-zag yang menonjol di bagian depan mushola.

Credit: @masjidarraudhah on Instagram

 Dekorasi minimalis dinding putih dan karpet biru mungkin terlihat sederhana, tetapi interiornya sangat cantik. Masjid Ar-Raudhah juga memiliki perpustakaan literatur Islam yang lengkap sehingga sangat cocok jika kamu tertarik untuk membaca lebih jauh tentang Islam.   

😊

Credit: @masjidarraudhah on Instagram

Alamat: 30 Bukit Batok East Ave 2, Singapore 659919 No telp: 6899 5840 Website | Facebook | Instagram
9. Masjid Al-Ansar
Pertama kali dibuka pada tahun 1981 dan kemudian dipugar pada tahun 2015, Masjid Al-Ansar telah melayani penduduk Bedok selama lebih dari 3 dekade. Masjid ini sekarang memiliki perpaduan arsitektur lama dan baru yang melengkapi secara sempurna untuk menciptakan interior yang megah.
Credit: @attaubah119 on Instagram Kamu pasti akan kagum dengan layar jala yang tumpang tindih dan struktur logam yang memiliki pola geometris Islami yang sangat rumit. Masjid yang baru direnovasi ini juga dapat menampung 4.500 jemaah.

Credit: @therizistance on Instagram

Alamat: 155 Bedok North Ave 1, Singapore 469751 No telp: 6449 7280 Website | Facebook | Instagram
10. Masjid Pertempatan Melayu Sembawang
Salah satu dari sedikit masjid kampung di Singapura yang masih hidup, Masjid Pertempatan Melayu Sembawang, berlokasi jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya mengunjungi masjid kampung di Singapura, inilah tempatnya karena Anda mungkin tidak dapat menemukan masjid kampung yang lebih otentik dibanding ini.

Credit: @jeronimoloco on Instagram

 Jadi, jika Anda menginginkan pengalaman berbeda untuk kunjungan berikutnya ke Singapura, mengapa tidak mengunjungi masjid pedesaan ini? Bagaimanapun, dengan perkembangan yang terjadi setiap saat, kita tidak akan tahu apakah masjid akan tetap berdiri 5 atau 10 tahun ke depan. 

😔

Address: 27B, Jalan Mempurong Singapore 759055 Contact No: 6257 7614