icon
icon
article hero

10 Destinasi Terbaik Untuk Bulan Madu Di Tahun 2020!

AvatarName

Maf Ismail  •  Jan 13, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Pasangan yang sudah menikah pasti setuju kalau merencanakan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, iming-iming liburan setelah resepsi menjadi pelepas stres saat mengurus pernikahan: horee, bulan madu! Perjalanan pertama kamu bersama suami/ istri sebagai pasangan baru untuk merayakan dimulainya kehidupan bersama kalian terdengar seru, kan? Kredit: Giphy Banyak dari kita yang memimpikan bulan madu ke destinasi yang keren, meskipun terkadang biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, terutama kalau kamu ingin menginap di hotel romantis nan jauh di luar negeri! Tapi jangan khawatir, bulan madu dan destinasi impian bisa diwujudkan dengan perencanaan dan mulai menabung dari sekarang! Untuk membantu kamu, berikut kami rekomendasikan 10 destinasi bulan madu terbaik di tahun 2020.
1. Maldives
Destinasi favorit yang pertama ada di daftar tentu saja Maldives! Keindahan negara yang terletak di tengah Samudera Hindia ini sangat terkenal di kalangan pasangan yang ingin berbulan madu. Terlebih lagi dengan resor-resor di Maldives yang indah, tidak heran negara ini sangat populer! Plus, karena populasinya yang mayoritas muslim, makanan halal pun berlimpah. Hal ini semakin menjadikan Maldives pilihan menarik bagi pasangan muslim.
 Maldives memang tidak dikenal sebagai destinasi yang murah, tapi kamu bisa dengan mudah memangkas biaya yang dikeluarkan. Perlu diketahui, peak season di Maldives adalah bulan Desember sampai Maret, yang bertepatan dengan musim kemarau (yaitu antara November sampai April). Meskipun begitu, di musim hujan pun (Oktober – Mei) banyak pengunjung mengatakan cuaca di sana cukup menyenangkan meski sesekali hujan. Jadi, tidak ada salahnya berkunjung ke Maldives selama di luar peak season. Itu bisa jadi salah satu cara untuk membuat perjalanan kamu lebih murah. Selain itu, maskapai berbiaya rendah seperti AirAsia dan Scoot punya rute dari Kuala Lumpur dan Singapura ke Male (ibu kota Maldives). Tips #HHWT: Maldives dipenuhi oleh resor-resor cantik yang tersebar mengelilingi pulau-pulau yang membentuk negara tersebut. Saat booking hotel, jangan lupa mengecek kalau ada biaya-biaya yang dibutuhkan dari bandara menuju hotel. Kadang-kadang biaya tersebut belum termasuk ke dalam bookingan hotel dan jumlahnya bisa cukup besar, jadi pastikan dulu sebelumnya ya! Kamu juga tidak perlu menghabiskan budget dengan memilih hotel yang paling mahal untuk liburan yang menyenangkan di Maldives. Meskipun resor-resor yang indah adalah alasan orang-orang ke sana, ingatlah ada banyak pilihan tersedia, mulai dari resor mewah hingga hotel dan guesthouse yang lebih murah.
2. Maroko
 Negara yang terletak di Afrika utara ini menjanjikan liburan yang penuh dengan pemandangan indah, souk (pasar tradisional) yang eksotis, budaya yang menarik, dan pemandangan yang menakjubkan. Letaknya yang di belahan bumi lain membuat penerbangan ke Maroko biasanya cukup mahal. Maroko punya beberapa bandara – penerbangan dari KL dan Singapura biasanya mendarat di Marrakesh atau Casablanca. Terdapat banyak penerbangan dengan maskapai Qatar Airways, Etihad, Turkish Airlines, dan lainnya. Harga tiketnya cukup fluktuatif, antara RM3.500 sampai RM6.000 dari KL (atau antara SGD1.800 sampai SGD2.800 dari Singapura). Jadi, gunakan aplikasi seperti Skyscanner atau Google Flights untuk mengecek dan mengikuti perkembangan harga tiket ya.  Kamu bisa melakukan banyak hal di Maroko (check panduan kami untuk ke Maroko pertama kali di sini). Kalau ada kesempatan, jangan lupa untuk mengunjungi Chefchaouen, kota biru yang ikonik, atau bertamasya di gurun! Manfaatkan juga kesempatan bulan madu kamu dengan tinggal di riad (yaitu rumah tradisional Maroko). Banyak hotel di Maroko berbentuk riad yang menawarkan design yang indah sehingga cocok sebagai tempat bulan madu yang romantis. Beberapa di antaranya yaitu Riad Yasmine dan Riad Kniza di Marrakesh.
3. Makkah & Madinah
 Waktu kami bertanya melalui Instagram tentang destinasi bulan madu favorit, ada banyak jawaban yang menyebutkan Makkah dan Madinah. Pastinya mengunjungi rumah Allah dan dua kota suci ini adalah awal yang luar biasa untuk memulai kehidupan pernikahan. Pernikahan adalah sebuah bentuk ibadah, dan betapa berkahnya kalau memulai pernikahan dengan umrah bersama pasangan untuk berdoa agar hubungan ini selalu dibimbing oleh Sang Pencipta 
Semakin banyak pasangan yang memilih umrah sebagai bulan madu mereka, termasuk kontributor kami, Jinghan, yang berbagi pengalamannya yang luar biasa di sini.
Yang pasti, dua kota ini patut kamu pertimbangkan sebagai destinasi bulan madu kamu! Kamu bisa berkonsultasi dengan agen travel yang biasa mengurusi umrah dan haji untuk mendapatkan paket yang sesuai. Biaya yang dikeluarkan bisa bervariasi tergantung paket perjalanan, transportasi, hotel, dll yang kamu pilih. Sebaiknya cek beberapa agen travel sebelum memutuskan mau memilih yang mana. Tips #HHWT: Jangan lupa, tersedia paket umrah sekaligus jalan-jalan kalau kamu ingin sekaligus mengunjungi negara-negara yang indah seperti Jordania, Maroko, Dubai, dan sebagainya!
4. Selandia Baru
Bayangkan ini: mengendarai keravan bersama orang tercinta melewati pemandangan alam yang indah yang belum pernah kamu lihat, atau bersama memandangi jutaan bintang di langit, atau mungkin bermain dengan hal-hal bertema the Lord of The Rings di Hobbiton, atau bahkan melakukan bungee-jumping bersama.  Contoh di atas hanya sebagian dari aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berbulan madu di Selandia Baru. Negara yang menakjubkan ini sangat seru untuk dijelajahi bersama. Kalau ini terdengar seperti bulan madu impian kamu, saatnya untuk menabung dan merencanakan perjalanan. Perlu diketahui, Selandia Baru terbagi menjadi dua, pulau utara dan selatan. Sebaiknya kamu mulai mencari aktivitas apa saja yang ingin kamu lakukan (misalnya, kalau kamu ingin mengunjungi Hobbiton, berarti kamu perlu ke pulau utara). Kamu perlu memutuskan, apakah kamu akan mengunjungi kedua pulau tersebut atau hanya menjelajahi satu pulau saja (yang ini lebih disarankan kalau kamu tidak ingin perjalanan yang terburu-buru!). Kalau kamu ingin melakukan olahraga ekstrim yang terkenal di Selandia Baru (mulai dari skydiving, sampai bungee jumping, paragliding, dan masih banyak lagi), kamu perlu menyisihkan budget lebih untuk itu. Terdapat beberapa penerbangan langsung dari KL dan Singapura ke Auckland (berlokasi di pulau utara) dari beberapa maskapai misalnya Malaysia Airlines, Singapore Airlines, dan Air New Zealand. SIA dan Air New Zealand juga terbang langsung dari Singapura ke Christchurch (berlokasi di pulau selatan). Sayangnya maskapai berbiaya murah seperti AirAsia tidak terbang lagi ke Auckland. Karena harga tiket pesawat bisa mengambil porsi yang banyak dari budget kamu (antara RM3.000  – 5.000, bergantung maskapai dan rute yang kamu ambil), sebaiknya mulailah menabung agar kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya! P.S., Makanan halal dan ramah muslim cukup mudah ditemukan di Selandia baru, jadi kamu sudah siap untuk liburan yang luar biasa. 
5. Thailand
Thailand mungkin cukup dekat dari Malaysia atau Singapura, tapi negara ini masih tetap populer menjadi pilihan destinasi bulan madu untuk para pasangan (termasuk saya!). Alasannya jelas – semakin dekat lokasi berarti harga tiket pesawat semakin murah, Thailand punya banyak pulau dan resor pantai yang ditujukan untuk bulan madu, dan makanannya enak-enak! Selain itu, Thailand punya populasi muslim yang menjamin makanan halal mudah tersedia, terutama di tempat-tempat seperti Krabi. Dengan begitu banyaknya pulau keren di Thailand, memilih destinasi pantai untuk bulan madu kamu tidaklah mudah. Coba cek panduan kami untuk membandingkan Phuket vs. Krabi dan pantai lainnya di Thailand!
Credit: Rayavadee Waktu paling ramai untuk mengunjungi pantai-pantai yang populer di Thailand biasanya sekitar bulan Desember sampai Februari. Jadi sebaiknya rencanakan perjalananmu dan beli tiket serta reservasi hotel lebih awal untuk menghindari peak season. Kalau kamu berhemat untuk biaya tiket pesawat, kamu bisa mengalokasikan biaya tersebut untuk menginap di hotel super keren seperti hotel Rayavadee di Krabi 😍
6. Afrika Selatan
 Afrika Selatan berada di Samudera Hindia dan menjadi destinasi yang kebanyakan dari kita jarang mengunjunginya (meskipun banyak dari kita yang bermimpi ke sana!). Negara ini punya pemandangan spektakuler dan objek-objek wisata yang sayang untuk dilewatkan; mulai dari pantai-pantai yang indah, kota-kota yang hidup, dan bahkan taman safari. Pastinya berlibur ke sana akan menjadi bulan madu terbaik!  Meskipun beberapa orang melihat Afrika Selatan sebagai tempat yang mahal untuk dikunjungi, nyatanya masih terjangkau. Satu hal yang perlu diketahui, negara ini cocok dikunjungi sepanjang tahun, dengan bulan-bulan tertentu yang lebih cocok untuk aktivitas tertentu (misalnya, Juli sampai November adalah bulan yang pas untuk menonton ikan paus, sementara cuaca bulan November sampai Februari paling hangat dan cocok untuk bepergian ke pantai). Karena turis biasanya ramai saat musim panas, kamu bisa pergi di bulan-bulan lainnya untuk menghemat biaya pesawat dan hotel. Terdapat beberapa maskapai seperti Qatar, Emirates, dan Ethiopian Airlines yang terbang ke Cape Town dengan harga bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai destinasi ini, kamu bisa cek artikel kami mengenai panduan ramah-muslim untuk mereka yang pertama kali ke Afrika Selatan.
7. Italia
  Italia adalah salah satu destinasi populer untuk bulan madu pilihan komunitas kami di Instagram. Meskipun beberapa orang secara spesifik menyebut kota Venice, kami benar-benar tidak bisa memilih karena Italia punya begitu banyak hal untuk ditawarkan ! Mulai dari bangunan bersejarah seperti Colosseum dan Trevi Fountain sampai kota di tepi pantai sepanjang Pantai Amalfi, dan tentu saja sungai Venice, Italia adalah tempat yang sangat menarik dan penuh inspirasi. Ditambah lagi negara ini memang terkenal dengan keromantisannya, cocok untuk tempat bulan madu.  Mengingat popularitas negara ini yang cukup tinggi, terdapat banyak penerbangan ke Italia, terutama ke Roma dan Milan dari KL, Singapura, dan Jakarta. Dari Roma dan Milan, kamu bisa merencanakan kunjungan ke Venice, Florence, dan Naples menggunakan kereta. Kalau arsitektur yang indah, budaya yang menarik, dan makanan yang enak (halo pizza dan gelato!) terdengar seperti bulan madu yang ideal untukmu, Italia adalah pilihan yang sempurna.
8. Turki
Istanbul telah lama menjadi destinasi populer untuk para pasangan yang berbulan madu ataupun pasangan biasa. Negara yang populer karena percampuran Asia dan Eropa ini mudah menarik turis dengan keindahan bangunannya seperti Blue Mosque dan Hagia Sophia, pemandangan kotanya, dan makanan khasnya yang enak (dan halal!). Kalau kamu butuh alasan lebih untuk meyakinkan bahwa negara ini memang sempurna untuk destinasi bulan madu, kami punya jawabannya.  Kalau kamu sudah merencanakan bulan madu ke Turki di awal pertengahan tahun 2020, bulan yang tepat untuk ke sana adalah April sampai Mei agar bisa merasakan musim semi yang indah. Tetapi, kalau kamu ingin mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah, Januari adalah waktu yang tepat karena bulan itu bukan peak season. Jangan lupa untuk membaca tips ramah budget saat mengunjungi Turki dan juga tips untuk kamu yang baru pertama ke negara ini. P.S. Cek itinerary 6 hari 2 malam dari kami untuk memulai!
9. Switzerland
Ada sesuatu yang menarik pada salju yang menutupi pegunungan Alpen di Swiss, lembahnya yang subur, dan kota-kota di Switzerland yang super cantik dan romantis. Apakah kamu mencari winter wonderland ataupun ingin mengunjungi negara tersebut saat musim panasnya yang cantik, Switzerland menjanjikan perjalanan yang luar biasa yang pasti akan membekas di memori kalian berdua. Switzerland biasanya dianggap destinasi yang mahal, tapi sebenarnya tidak selalu begitu ! Penerbangan ke Zurich atau Jenewa tersedia dengan maskapai seperti Emirates, Qatar Airways, Etihad, dan KLM, dengan harga dimulai dari RM2.400 atau SGD800. Selain itu, peak season di Switzerland biasanya saat musim panas, yaitu mulai bulan Juli hingga Agustus dan saat musim dingin, yaitu mulai bulan Desember sampai Februari. Bulan-bulan lain selain peak season, yaitu awal musim panas (April – Juni) dan awal musim gugur (September – October), yang suhunya di luar normal, biasanya lebih sedikit dikunjungi turis. Ini berita bagus kalau kamu ingin menghemat biaya perjalanan karena tiket pesawat dan hotel biasanya lebih mudah didapat dan harganya lebih murah! P.S., Jangan lupa untuk membaca itinerary 7 hari 6 malam di Switzerland dari kami dan juga cara mendapatkan makanan halal di sana.
10. Yunani
Santorini telah menjadi destinasi impian bagi banyak pasangan. Air birunya yang ikonik dan cahaya matahari yang menyinari bangunan-bangunan putih dari pulau di Yunani ini. Tapi, bukan itu saja yang bisa ditawarkan oleh Yunani – banyak tempat bersejarah yang bisa dijelajahi di Athena, makanan Mediterania yang lezat, dan bahkan banyak pantai cantik yang mengelilingi pesisir negara ini. Yunani juga kaya akan peninggalan Islam  – tahukah kamu saat kekaisaran Ottoman berkuasa, para muslim datang dan tinggal di Yunani selama lebih dari 500 tahun? Faktanya, kuil Parthenon di Athena dahulunya adalah sebuah masjid  Bisa disimpulkan kalau Yunani adalah tempat yang luar biasa untuk bulan madu kamu, dan biaya yang dibutuhkan tidak perlu semahal itu! Salah satu alternatif di antara maskapai yang ada adalah Scoot, yang menyediakan penerbangan langsung dari Singapura ke Athena. Cek intinerary 6 hari 5 malam di Yunani dari kami untuk tips lain merencanakan bulan madu kamu di Yunani! Sampai di sini daftar destinasi yang bisa jadi tempat bulan madu kamu di tahun 2020! Dengan menabung dan membuat perencanaan, kamu bisa bepergian ke tempat mana pun dalam daftar ini. Sudah saatnya mengajak pasangan kamu pergi dan mulai merencanakan bulan madu impian kamu  😍