icon
icon
article hero

10 Cara Untuk Mengobati Rasa Kangen Liburan Saat Kamu Tidak Bisa Bepergian!

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Apr 08, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Pandemi COVID-19 membuat beberapa minggu terakhir ini terasa begitu mencekam. Dari pemerintah Malaysia mulai membatasi ruang gerak, Singapura yang mengimbau penduduk untuk menunda semua rencana perjalanan, hingga beberapa negara yang memberlakukan pembatasan dan larangan bepergian mengakibatkan banyak orang harus menunda rencana berlibur mereka.
Kredit: Giphy Meskipun kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk pergi berlibur, kami yakin ini bukan menjadi alasan untuk berhenti berangan-angan tentangnya. Secara fisik boleh saja kamu berada di rumah, tetapi masih ada banyak cara untuk berlibur dan menjelajahi dunia tanpa harus meninggalkan sofa atau tempat tidurmu! Kami telah membuat daftar tentang hal-hal yang dapat dilakukan untuk terus memacu semangatmu dalam menjelajah dunia 😉 N.B. Sembari berangan-angan tentang liburan, jangan lupa tetap menjaga kesehatan dengan 8 tips meningkatkan kekebalan tubuh selama wabah virus corona.
1. Binge-watching program acara wisata
Jika kamu memilih untuk menghabiskan waktu dengan bersantai, mengapa tidak menjadikannya lebih bermanfaat dengan menonton program acara wisata yang tersedia ? 😁 Tengok platform online seperti Netflix dan YouTube di mana kamu dapat menemukan film, dokumenter, dan seri yang akan memberi inspirasi untuk liburanmu selanjutnya. Temukan ragam budaya dunia dengan berbagai acara seperti Ugly Delicious, Somebody Feed Phil, dan Anthony Bourdain: Parts Unknown. Simak keindahan negara Prancis melalui film A Good Year dan Amélie, serta rasakan petualangan berkeliling dunia dengan menonton film The Secret Life Of Walter Mitty (top rekomendasi kami). Beberapa aplikasi streaming film seperti Iflix dan GoPlay juga memberikan akses gratis sebagai dukungan kampanye #dirumahaja selama batas waktu tertentu. Dengan berbagai akses, inilah saatnya untuk mengambil camilan favoritmu dan nikmati tayangan favoritmu sembari melihat berbagai sisi dunia! N.B. Ingin aktivitas lainnya? Berikut 10 cara untuk memaksimalkan waktumu di rumah.
2. Kenang kembali momen liburan
Salah satu tempat yang paling aman untuk dikunjungi saat pandemi ini tidak lain adalah arsip perjalananmu sendiri. Ya, benar! Tengok album foto lama dari perjalanan favoritmu. Entah itu bersantai di pantai pasir Langkawi, mengenakan kimono di Okinawa, atau mengagumi Taman Quran di Dubai; dengan menelusuri foto-foto liburanmu di masa lalu pasti akan membuatmu semakin kangen liburan dan mungkin dapat memberimu inspirasi tentang tujuan berlibur selanjutnya 😄 N.B. Penulis kami, Faruq, membagikan salah satu momen perjalanan favoritnya: paralayang di Swiss!
3. Buat daftar rencana berlibur
 Biarpun sudah memasuki bulan ke-4, tetapi tidak ada kata terlambat untuk membuat daftar rencana berlibur! Situasi sekarang ini justru memberimu banyak waktu untuk merencanakan perjalanan selanjutnya saat pandemi ini berakhir. Mendambakan lanskap yang indah untuk dijelajahi? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk berlibur ke Swiss yang menunggumu dengan Pegunungan Alpennya atau berpetualang di bagian bawah dunia; Australia atau Selandia Baru.
Ingin liburanmu dipenuhi dengan makanan lezat? Masakan Bangkok yang kaya akan rasa atau jajanan ramah muslim Taiwan dapat dijadikan pilihan untuk destinasi wisata kulinermu. Jauh atau dekat, kamu bebas memasukkan destinasi impian manapun dalam daftarmu. Anggap saja langit adalah batasnya! N.B. Butuh inspirasi? Cek daftar kami tentang 14 destinasi ramah muslim terbaik yang perlu dikunjungi di tahun 2020.
4. Baca buku tentang wisata
Jika kurang suka menonton TV, kamu dapat membenamkan diri dalam bacaan yang akan mengantarkanmu ke berbagai tempat dengan sensasi yang sama dengan TV (bahkan lebih baik). Ambil posisi ternyaman di rumah dan biarkan pikiranmu melayang dengan buku-buku seperti Eat, Pray, Love, The Alchemist dan Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail. Sekadar membaca majalah panduan wisata juga dapat memacu semangatmu untuk menjelajah dengan melihat ilustrasi pemandangan indah, pasar yang penuh warna, dan senyum ramah penduduk setempat. N.B. Untuk inspirasi lebih lanjut, baca artikel kami lainnya di Have Halal, Will Travel 😊
5. Tonton live stream dan webcam
 Biarpun masih harus bekerja dari rumah, bukan berarti kamu tidak dapat menyempatkan diri untuk berangan-angan tentang liburan. Bagaimana caranya? Tonton live stream atau webcam! Meskipun terdengar tidak biasa, tetapi cara ini dapat mengobati rasa kangen liburan. Saksikan  pemandangan indah atau acara menarik secara langsung dari kamera di seluruh dunia untuk menciptakan ilusi seakan kamu tidak sedang berada di rumah. N.B. Rasakan sensasi berada di Jepang dari rumahmu dengan 7 live stream dan webcam rekomendasi kami.
6. Ikuti tur virtual
Berkat kemajuan teknologi, kamu dapat melakukan perjalanan ke berbagai tempat di seluruh dunia melalui tur virtual. Meskipun tidak dapat disamakan dengan kunjungan secara langsung, tetapi setidaknya kamu tidak perlu mengantri panjang atau berebutan dengan wisatawan lain untuk berfoto. Ditambah lagi, tur virtual ini gratis! (yay!) 😃 Jadi, cobalah berkunjung secara virtual ke ragam wisata yang saat ini hanya ada di angan-angan. Dari museum kelas dunia seperti British Museum di London dan Louvre di Paris hingga kebun binatang di seluruh Amerika Serikat dan bahkan Walt Disney World, waktumu di rumah akan terasa sama menariknya dengan momen liburan terakhirmu. Catatan: Pengalaman tur virtual pada tablet atau perangkat seluler dapat bervariasi.
7. Kunjungi akun wisata di media sosial
 Kondisi terjebak di rumah membuat kita perlahan merasa bosan dan akhirnya lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel. Menatap layar ponsel terlalu lama memang tidak baik, tetapi akan cukup sulit dilawan jika sudah kadung kecanduan. Sempatkan diri untuk berkunjung ke berbagai akun wisata di media sosial untuk membangkitkan minat berliburmu dan temukan konten wisata yang sesuai dengan selera visualmu. Jangan lupa untuk ikut mencoba fitur Instagram Story seperti kuis pada akun halaman HHWT, di mana kami melakukan survei mingguan untuk mengenal pembaca kami secara lebih dalam!
8. Perdalam ilmu fotografi wisata
Masa karantina ini dapat kamu manfaatkan untuk pengembangan diri dan salah satu caranya adalah dengan mempelajari teknik fotografi wisata. Ketahui berbagai teknik fotografi dan tingkatkan keterampilan mengedit foto melalui berbagai sumber yang bisa kamu temukan di internet. Mengingat kondisi saat ini agak susah untuk berlatih dan menerapkan apa yang telah dipelajari, tetapi dengan begitu kamu dapat terinspirasi untuk merencanakan perjalanan selanjutnya dan mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari begitu pandemi berakhir.
9. Buat vision board perjalanan
Bongkar koleksi arsip perjalananmu dan buatlah vision board perjalanan. Dengan adanya vision board, kamu dapat menyusun rencana liburan selanjutnya dengan lebih mudah dan terarah. Gunakan tiket penerbangan, brosur, suvenir kecil atau catatan tulisan tangan untuk ditambahkan ke vision board. Kreasikan vision board -mu sedemikian rupa dengan menempelkan beberapa ilustrasi dari majalah, gambar sendiri, atau kutipan perjalanan favoritmu. Kamu juga dapat membuat versi digital, lho! Apapun bentuk yang dipilih, menyusun rencana perjalanan akan membuatmu merasa termotivasi untuk meraih perjalanan impianmu selanjutnya. 
10. Dengarkan podcast tentang wisata
Podcast telah menjadi tren yang berkembang selama beberapa bulan terakhir. Bagi kamu yang belum pernah mendengarkan, bisa dicoba sekarang! Mendengarkan podcast tentang wisata sangatlah mudah. Kamu dapat memilih salah satu dari banyaknya podcast wisata (Flight of Fancy atau The Budget-Minded Traveler), pasang earphone dan dengarkan cerita pengalaman liburan dan diskusi tentang menabung untuk liburan sembari kamu membereskan rumah, merapikan data di komputer atau memasak. Dengan mencoba tips di atas ini dijamin akan membuatmu lebih termotivasi untuk merencanakan liburan selanjutnya. Boleh jadi kondisi saat ini membuat kita kurang semangat, tetapi tetaplah berpikir positif sampai tiba saatnya bepergian ke luar kembali aman. 😊