icon
icon
article hero

10 Cara Memaksimalkan Waktumu Di Rumah

AvatarName

Vina Noviana  •  Mar 26, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.]
Saat ini, Indonesia belum melakukan lockdown secara resmi atau pembatasan pergerakan warga (tidak seperti negara tetangganya, Malaysia). Namun, banyak orang sudah mulai tetap di rumah atau bekerja dari rumah, untuk karantina diri dan pembatasan sosial.
Kredit: Giphy Yang manapun itu, perubahan kegiatan rutin bisa menyulitkan bagi sebagian orang. Jadi, kami membuat daftar hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan waktumu di rumah, dan kami berharap dapat meningkatkan semangatmu selama masa sulit ini 😊
1. Membaca Al-Quran
Membaca Al-Quran merupakan cara terbaik untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Kegiatan ini bukan hanya menjadikan waktumu lebih bermakna, namun juga membantu menenangkan pikiran dan hatimu. Karena situasi COVID-19 semakin berkembang dengan cepat, kamu pasti akan jadi mudah stres dan panik. Membaca ayat Al-Quran dapat membantu meredakan ketakutan dan kecemasan akibat situasi dunia saat ini. 😊 Catatan: Untuk membantumu memulainya, berikut ini 5 doa yang dibutuhkan setiap Muslim untuk perlindungan dan kesehatan.
2. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga
Walaupun ada situasi virus korona dan berita buruk mengenai pandemi ini, seperti pelarangan bepergian, lockdown (karantina wilayah), dan pembatasan pergerakan, berada di rumah berarti dapat menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga ❤️ Jika kamu selama ini sibuk dengan bekerja atau sekolah, jadikanlah waktu berkurung di rumah ini untuk mengakrabkan diri dengan ibu, ayah, dan saudara/i kamu selama dua minggu kedepan. Tidak ada yang dapat menandingi asyiknya waktu bersama keluarga dan kamu pasti akan menghargai dukungan dan kebersamaan terutama di masa sulit ini. 
3. Mencoba sebuah resep baru
Lepaskan jati diri chef-mu dengan mencoba sebuah resep baru! Jelajahi berbagai resep online dan pilihlah resep yang sudah lama ingin kamu coba namun belum sempat melakukannya. Kamu bisa memulai dengan resep sederhana, seperti sup ABC, makaroni goreng, atau satu nampan ayam panggang. Cobalah juga memanggang kue-kue seperti kukis cokelat cip, brownies, dan kue mangkuk karena kamu tahu kata mereka: Pencuci mulut selalu ide yang bagus 😊 Catatan: Cobalah 10 makanan ringan yang bisa kamu siapkan untuk keluargamu di rumah.
4. Menghubungi orang-orang tersayang jarak jauh
 Baik itu teman yang sedang kuliah di luar negeri atau salah satu keluarga yang tinggal di luar negeri, perjalanan dini harimu atau pulang larut malam dari bekerja kini tidak lagi membatasimu untuk menghubungi orang-orang tersayangmu yang tinggal di zona waktu berbeda. Memiliki jadwal menelepon pasti sulit dan terkadang kamu akhirnya hanya berkirim pesan. Manfaatkan waktu ini untuk panggilan video teman-teman dan keluargamu yang tinggal jauh dan tanyakan kabar mereka terutama jika mereka berada di area terinfeksi virus. 
5. Mempelajari keahlian baru
Terinspirasi dari Rapunzel di film “Tangled” (2010) yang memaksimalkan waktunya saat terjebak di menara dengan mempelajari berbagai keahlian berbeda. Bermain gitar, membuat lilin, menjahit baju, berbicara tanpa menggerakkan bibir, Rapunzel mencoba semuanya. Bukan berarti kamu harus menguasai sebuah keahlian dalam dua minggu, namun langkah pertama memang harus dimulai. Dan kini kamu terjebak di rumah, manfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari atau meningkatkan sebuah keahlian, atau lakukan hobimu! Menarikan koreografi dari grup Kpop favoritmu, atau melukis sebuah gambar dengan panduan dari Bob Ross, kamu akan merasakan bahwa mencoba hal baru bisa sangat menyenangkan dan membuat waktu berlalu dengan lebih cepat.
6. Centang daftar kegiatanmu yang lewat tenggat
Jika kamu punya daftar kegiatan yang terabaikan di rumah dan belum dicentang sama sekali, kinilah saatnya kesempatan sempurna untuk mewujudkannya. Kamu mungkin kewalahan memikirkan mengatur ulang fail di komputermu atau merapikan lemari pakaianmu, namun kamu akan merasa jauh lebih baik jika sudah membereskannya. Dengan banyak waktu yang kamu punya, melakukan pekerjaan kasar sebenarnya dapat membantu kamu mengalihkan pikiran dari cemas berlebihan mengenai situasi virus dan siapa tahu begitu selesai, kamu jadi semangat mencari pekerjaan lainnya di rumah.
7. Mengingat kembali kenangan bepergianmu
 Melihat bagaimana kini bepergian untuk sementara dilarang, tempat teraman yang dapat kamu kunjungi adalah arsip bepergianmu. Tenggelamlah dalam perjalananmu yang lalu dan buat sebuah jurnal kenangan bepergianmu menggunakan foto, tiket penerbangan, dan brosur yang kamu simpan. Selain melakukan sesuatu dengan tanganmu, hal ini juga dapat membantu memenuhi keinginan jalan-jalanmu dan tetap menghidupkan impian bepergianmu. Catatan: Butuh inspirasi bepergian? Mulailah dengan panduan terbaik kami ke Aurora Borealis Islandia (dan tempat terbaik untuk melihatnya).
8. Berolahragalah sedikit
Angkat tanganmu jika kamu bersalah karena mengatakan, “Mulai besok saja” untuk berolahraga 🙋‍♀️ Benar, ini salah satu kegiatan yang sering kita tunda. Walaupun ide meringkuk di kasur sangat menggoda, kamu harus tetap aktif bagaimanapun caranya, terutama saat tetap di rumah untuk waktu lama. Push up, sit up, jumping jacks, dan yoga merupakan beberapa olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap sehat. Catatan: Apakah kamu tahu bahwa olahraga ringan merupakan salah satu dari 8 hal untuk membantu meningkatkan sistem imunmu?
9. Tulis daftar tujuanmu tahun ini
Kita mungkin sudah di bulan ketiga tahun 2020, namun tidak pernah terlambat untuk mulai menulis daftar tujuanmu untuk tahun ini. Bahkan jika kamu sudah punya daftarnya, kamu selalu bisa menambahkan atau mengubah lini waktunya sesuai dengan isu saat ini. Kamu bisa bebas mengatur tujuan pribadimu, jadi jangan takut untuk menuliskannya di kertas – sekecil atau sebesar apa pun tujuanmu 😊  Catatan: Biarkan 12 resolusi bepergian tahun 2020 ini menginsipirasimu untuk melihat dunia!
10. Mengikuti acara TV
Cara apa yang lebih baik untuk melewati waktu selain kabur ke layar TV dan istirahat sejenak dari kenyataan? 😁 Dengan ribuan acara TV bagus yang tersedia di online atau platform lain, mulailah menonton semua film, serial, dan dokumenter yang telah kamu lewatkan karena jadwal sibukmu. Menonton sebuah film bersama keluarga saat malam hari, atau mainkan beberapa episode selagi kamu melakukan pekerjaan rumah. Bagaimanapun, terhanyut dalam dunia film akan membantu menghabiskan waktu dan membuang segala rasa stresmu.